Home Editor's Choice Hobby Cara Membuat Origami Bunga yang Mudah

Cara Membuat Origami Bunga yang Mudah

0
Cara Membuat Origami Bunga yang Mudah

Origami merupakan salah satu kesenian melipat kertas dari Jepang yang sudah ada ada sejak ratusan tahun lalu. Hingga saat ini origami masih tetap eksis untuk digunakan dalam membuat kreasi melipat kertas. Hal tersebut dikarenakan origami mampu dibuat dengan desain beragam mulai dari bentuk sederhana hingga bentuk yang rumit.

Salah satu bentuk sederhana yang dapat dicoba untuk membuat kreasi melipat adalah origami bunga. Kamu dapat membuat kreasi melipat origami bunga bersama anak-anak. Adapun langkah mudah yang dapat kamu lakukan untuk membuat origami bunga dapat dipahami melalui penjelasan berikut ini.

Origami Bunga Bakung dengan Tangkai


Source: Piqsels
  1. Langkah pertama yang dilakukan untuk membuat origami bunga bakung dengan tangkai adalah menyiapkan peralatannya. Dalam hal ini peralatan yang dibutuhkan adalah kertas origami berbentuk persegi dengan ukuran 6 x 6 dan selotip.
  2. Kamu dapat memilih dua warna dari kertas origami yang berbeda. Berdasarkan hal tersebut kamu harus memilih 1 warna bunga dan 1 warna untuk tangkai. Misalkan saja untuk kertas yang digunakan sebagai bunga berwarna hijau sedangkan untuk kertas sebagai tangkai berwarna coklat. Setelah itu baringkan kertas origami di meja dengan bagian yang berwarna menghadap ke bawah.
  3. Kemudian lipat kertas menjadi dua bagian sehingga membentuk dua segitiga yang sama besar. Selanjutnya adalah melipat bagian kiri bawah ke sudut kanan bawah sehingga membentuk segitiga dengan ukuran lebih kecil.
  4. Langkah selanjutnya adalah mengambil sudut kiri dari segitiga kemudian melipatnya ke arah atas dari lipatan tengah. Kemudian lakukan hal yang sama pada sisi bagian kanan dan pastikan untuk membuatnya dengan bentuk yang simetris.
  5. Dengan demikian antara sisi kiri dan kanan memiliki bentuk yang sama dan terlihat rapi. Langkah selanjutnya beralih ke kertas yang digunakan untuk tangkai dengan membaringkannya di meja sama seperti arti yang dilakukan pada kertas bunga. Lipat kertas untuk tangkai menjadi dua bagian secara diagonal dan lanjutkan dengan membuka lipatan.
  6. Kemudian posisikan kertas sehingga terlihat seperti wajik persegi dan lanjutkan dengan menarik ujung kanan dari kertas menuju lipatan pada bagian tengah dengan mencocokkan sisi kanan sama seperti lipatan pada bagian kanan. Dalam hal ini pastikan ujung bawah lurus dan lakukan hal yang sama pada sudut kiri.
  7. Dengan demikian hasil yang diperoleh akan terlihat seperti layang-layang. Langkah selanjutnya lipat kedua sisi menuju ke bagian tengah, pastikan ujung bawahnya tepat dan tajam sehingga lapisan tengahnya rapat. Kemudian ujung kanan dilipat dari atas ke bawah menuju ke lipatan di tengah.
  8. Lakukan hal yang sama pada ujung kiri dan lapisan diantara kedua sayap harus rapat. Langkah selanjutnya adalah melipat bagian atas menuju ke bawah sehingga membentuk lipatan yang terletak di atas 2/ 3 bagian bawah. Berdasarkan hal tersebut akan terbentuk segitiga yang lebih pendek dan gemuk menyerupai daun.
  9. Kemudian putar tangkai sehingga ujungnya menghadap ke atas lalu ambil daun dan tarik secara lembut keluar dari tangkai. Langkah terakhir adalah memasang bunga dengan memotong sedikit kertas dari bagian bawah bunga. Setelah itu masukkan ujung tangkai dalam lubang tersebut, kamu dapat menambahkan selotip antara bunga dan tangkai sehingga membuatnya lebih kuat.

Origami Bunga Sederhana


Source: TheMoonDoggies

Selain cara diatas kamu juga dapat membuat kertas lipat origami bunga sederhana dengan menggunakan kertas origami yang sama.

  1. Pilih warna dari kertas origami sesuai selera dan letakkan di meja dengan corak menghadap ke atas. Sama seperti cara sebelumnya yaitu lipat kertas secara diagonal dalam dua arah.
  2. Agar hasilnya rapi pastikan untuk dapat melipatnya dengan meluruskan sudut dan menyamakan lipatan secara tajam. Dalam hal ini lipatan yang kamu bentuk akan membentuk tanda silang. Selanjutnya balikkan kertas dan lipat dari kiri ke kanan lalu buka kembali. Setelah itu buat lipatan lagi dari atas turun ke bawah sehingga kertas membentuk persegi panjang.
  3. Selanjutnya dengan sayap yang terbuka di dasar buat dorongan secara lembut pada ujung kiri atas sekaligus kanan atas. Kemudian pada lipatan tengah kertas akan terangkat dan keempat sudut akan bertemu di dasar. Berdasarkan hal tersebut kamu akan mendapati bentuk wajik persegi pada kertas.
  4. Setelah itu bentuklah satu sayap atas pada sisi kiri serta satu sayap atas pada sisi kanan dengan meratakan bentuk wajik. Kemudian kamu dapat memutar wajik hingga membentuk sudut 180 derajat dengan demikian sayap akan terbuka di atas. Selanjutnya lipat bagian kiri bawah dan kanan bawah dari wajik menuju ke lipatan tengah sehingga membentuk lipatan yang terlihat seperti layang-layang.
  5. Setelah itu balikkan wajik ke sisi belakang dan ulangi kembali lipatan yang kamu buat pada sisi depan. Kemudian buka daun bunga dan pegang ujung atas dari layang-layang. Lalu tarik dan lipat ke bawah sekitar 3/4 dari bagian bawah layang-layang. Tekan pada bagian tengah dari bunga untuk membentuk lipatan kuat.
  6. Langkah selanjutnya adalah menyelesaikan daun bunga yang lainnya. Hal tersebut dilakukan dengan mengatur daun bunga sampai pada posisi yang diinginkan.
  7. Setelah itu gunakan gunting untuk membuat bentuk yang bergerigi pada pinggir bunga sehingga membentuk bunga anyelir. Kamu juga dapat membentuk bunga pansy dengan menggunting pinggiran dalam jam bentuk bulat.

Itulah cara untuk membuat kertas lipat origami bunga yang dapat dikreasikan bersama anak-anak.

BACA JUGA! TIPS DALAM MENGHIAS KAMAR DENGAN KERTAS ORIGAMI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here