Cara Membuat Oatmeal untuk Diet yang Sehat

0
23920 Oatmeal

Siapa sih yang tidak tahu makanan yang baik untuk diet yaitu oatmeal? Oat ini adalah makanan dari bahan dasar gandum yang sangat kaya akan karbohidrat kompleks. Maka dari itu, oat sangat cocok untuk Anda yang sedang diet atau untuk penderita diabetes. Selain itu Kornel juga sangat baik untuk kesehatan jantung dan hati karena mampu menurunkan kadar kolesterol.

Namun meskipun demikian, tak bisa dipungkiri bahwasanya lidah orang Indonesia masih belum familiar dengan rasa oatmeal tersebut. Jadi meskipun pengolahannya mudah dan banyak sekali manfaatnya, masih saja banyak orang yang tidak mau mengkonsumsinya. Hal tersebut dikarenakan rasa dari oatmeal itu sendiri yang hambar sehingga banyak orang yang tidak suka. Apakah Anda adalah salah satunya? Kini Anda tak perlu khawatir lagi karena kami ada solusinya.

Berikut Cara Membuat Oatmeal untuk Diet yang Sehat

1. Telur Orak-arik Oat


23920 Oatmeal Hobby Farms
Source: Hobby Farms

Cara membuat oatmeal untuk diet yang sehat dengan rasa yang lezat yang pertama yaitu membuatnya menjadi telur orak-arik oat. Biasanya telur orak-arik adalah kegemaran bagi kebanyakan orang dan sering dimakan saat pagi hari sebagai menu sarapan. Cara membuatnya juga cukup simpel yaitu dimulai dengan mengocok telur di dalam satu wadah dan dicampur dengan garam dan merica 1 sdm dan oat sebanyak 45 gram.  Bisa juga dengan diberi tambahan potongan daun bawang dan seledri atau ditambah dengan tahu halus.

Setelah semuanya tercampur rata, kemudian goreng sembari diaduk-aduk. Tidak terlalu lama memasaknya karena telur orak-arik matangnya cepat. Sajikan telur orak-arik oat selagi masih hangat dan Anda bisa makan makanan ini dengan kandungan gizi yang tercukupi.

2. Bubur Ayam Quaker Oat


23920 Bubur Ayam Quaker Oat Resep Koki
Source: Resep Koki

Pada umumnya, bubur ayam dibuat dari beras dan sering dipilih masyarakat Indonesia sebagai menu sarapan. Nah, kali ini Anda bisa membuat menu sarapan dari oatmeal sebagai menu diet sehat dengan menggunakan quaker oat sebagai ganti bahan utama. Cara membuatnya dimulai dengan ayam yang sudah direbus disuwir-suwir.

Setelah itu, siapkan juga bahan pelengkapnya yaitu daun bawang, bayam, jagung manis dan wortel. Kemudian panaskan air sampai mendidih dan masukkan ayam serta bahan pelengkapnya. Lalu tambahkan juga merica dan garam secukupnya atau bisa disesuaikan dengan selera. Langkah terakhir yakni masukkan oatmeal sesuai porsi makan dan diaduk rata sampai menjadi kental.

3. Tim Oat Ayam


23920 Tim Oat Ayam Resep Koki
Source: Resep Koki

Olahan makanan dari oat yang satu ini akan membuat oat menjadi padat kemudian dijadikan sebagai tim berisi ayam. Untuk membuat isian ayam yaitu tumis bawang bombay cincang, bawang putih dan bawang merah sampai harum. Selanjutnya tambahkan juga jamur, dada ayam, saus tiram, garam, kecap manis dan merica secukupnya. Lalu dimasak sampai matang dan tiriskan.

Setelah itu, ambillah cetakan di bagian pinggirnya dilapisi dengan oat. Sedangkan di bagian tengahnya bisa diisi dengan tumisan ayam yang sudah dibuat sebelumnya. Selanjutnya adonan tim direbus sekitar 1 jam lamanya. Nah, jika Anda suka dengan sayuran bisa juga menambahkan sayuran sebagai isiannya.

4. Oat Corn Creamy Soup


23920 Oat Corn Creamy Soup
Source: Resep Koki

Sup memang sangat cocok dihidangkan saat udara dingin atau saat malam hari. Nah, kali ini Anda bisa membuat olahan oatmeal menjadi sup. Caranya yaitu tumis bawang bombay dalam minyak zaitun sampai layu selanjutnya tambahkan jagung manis, daun bawang, daun salam dan diaduk sebentar.

Setelah itu, susu dan kaldu dituangkan ke dalamnya dan dimasak sampai mendidih. Setelah itu barulah tambahkan oatmealnya dan dimasak sampai oat matang sempurna. Selanjutnya buang daun salamnya dan sup yang sudah matang bisa diblender agar teksturnya lebih lembut. Nah, oar corn creamy soup sudah siap disantap sebagai menu diet hari ini.

5. Oatmeal Strawberry dengan Saus Karamel


23920 Oatmeal Strawberry Dengan Saus Karamel Resep Koki
Source: Resep Koki

Olahan oatmeal sering dibuat menjadi olahan dengan rasa gurih saja. Akan tetapi, oatmeal juga bisa diolah menjadi makanan yang rasanya manis. Kali ini olahan oatmeal dengan rasa manis bisa membuat oatmeal strawberry dengan saus karamel. Caranya juga mudah yaitu dimulai dari menyiapkan oatmeal sebanyak 70 gram, gula palem, air dan biah strawberry yang sudah dicincang kasar.

Sedangkan untuk membuat saus karamel caranya adalah dengan mencairkan gula palem ke dalam air sebanyak 25 ml. Selanjutnya strawberry yang sudah dicincang kasar dimasukkan dan masak sampai menjadi lunak. Setelah itu lanjutkan dengan merebus oatmeal sampai teksturnya menjadi lunak. Jika sudah matang, kemudian oatmeal tersebut dituangkan ke dalam mangkuk dan tuangkan juga saus karamel dan strawberry di atasnya.

Nah bagaimana? Mudah bukan membuat olahan makanan yang lezat dari oatmeal untuk diet sehat. Bukan hanya akan mendapatkan manfaat dari oatmeal saja, melainkan Anda juga bisa menikmatinya dengan lezat karena sudah diolah menjadi makanan. Kini makan oatmeal sudah tidak hambar lagi dan akan mempercepat proses diet Anda.

BACA JUGA!

Kumpulan Resep Oatmeal untuk Diet Sehat