Cara Membuat Nasi Beriani Ala Timur Tengah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Cara Membuat Nasi Beriani Ala Timur Tengah
Daftar Topik

Cara Membuat Nasi Beriani Ala Timur Tengah

Sebagian masyarakat Indonesia mungkin sudah tidak asing lagi dengan nasi beriani. Pengertian dari nasi beriani sendiri adalah makanan yang berupa nasi yang diolah bersama rempah-rempah. Nasi ini biasanya dibuat dari beras basmati yang kemudian diberi penambahan sayur-sayur tertentu atau segala jenis daging.

Makanan ini jarang ditemui di Indonesia karena memang berasal dari Timur Tengah, terutama negara India dan Pakistan. Namun saat ini makanan ini juga sudah mulai dikenal di kalangan masyarakat dan bahkan beberapa diantaranya mungkin penasaran dan ingin mencoba membuat olahan makanan ini.

Hal ini dikarenakan selain unik, nasi beriani juga memiliki rasa nikmat dengan adanya rempah-rempah yang ditambahkan di dalamnya. Sebenarnya membuat nasi beriani sangatlah mudah dan bahan-bahan yang digunakan juga mudah untuk dijumpai di tanah air. Jika ingin membuat nasi beriani ala Timur Tengah, kamu dapat melihat serta mengikuti langkah-langkah pada ulasan di bawah ini.

Bahan-Bahan Yang Dibutuhkan


Indonesia sebagai negara yang kaya akan rempah-rempah membuat kamu bisa mendapatkan semua bahan-bahan dengan mudah di daerah kamu. Adapun bahan pertama yang dibutuhkan adalah daging yang sudah dibersihkan sebanyak 200 gram. Kamu dapat menggunakan daging kambing, sapi, atau ayam. Namun umumnya daging yang dipilih adalah daging kambing. Selanjutnya bahan-bahan lain yang diperlukan yaitu terdiri dari sebagai berikut ini.

  1. Kenari 30 gram.
  2. Kurma yang sudah dipotong-potong sebanyak 65 gram.
  3. Cabe hijau besar yang sudah diiris sebanyak tiga buah.
  4. Yoghurt plain cair sebanyak 400 ml.
  5. Susu sapi segar sebanyak 450 ml.
  6. Air jeruk nipis sebanyak satu sendok teh.
  7. Beras sebanyak 500 gram yang direndam dan dicuci bersih.
  8. Minyak goreng secukupnya untuk menumis.

Rempah-Rempah Yang Dihaluskan


Selain bahan-bahan diatas juga terdapat rempah-rempah yang dibutuhkan dalam membuat nasi beriani. Rempah-rempah tersebut harus dihaluskan terlebih dahulu agar mudah dicampurkan. Selain itu juga agar lebih meresap sehingga benar-benar memberikan cita rasa khasnya. Rempah-rempah yang diperlukan dalam hal ini terdiri dari sebagai berikut.

  1. Jinten sebanyak setengah sendok teh.
  2. Bawang merah sebanyak enam butir.
  3. Jahe bubuk sebanyak satu sendok teh.
  4. Bawang putih sebanyak tiga siung.
  5. Garam secukupnya (sesuai selera).

Cara Memasak Nasi Beriani Kambing


Karena pada umumnya daging yang digunakan adalah daging kambing maka cara memasak dalam hal ini juga menyesuaikan hal tersebut. Selain itu, dengan menggunakan daging kambing maka cita rasa ala Timur Tengah juga akan semakin didapatkan pada nasi beriani nantinya. Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan dalam membuat nasi beriani ala Timur Tengah adalah terdiri dari sebagai berikut ini.

  1. Potonglah daging kambing yang sudah disediakan menjadi potongan dadu kecil.
  2. Kemudian tambahkan sedikit minyak dalam wajan dan panaskan.
  3. Selanjutnya masukkan semua rempah-rempah yang telah dihaluskan seperti pada daftar diatas ke dalam wajan.
  4. Setelah itu aduk-aduk hingga tercium aroma rempah-rempah tersebut.
  5. Langkah selanjutnya masukkan beras yang sudah direndam dan dicuci sebelumnya ke dalam bumbu tumis.
  6. Selanjutnya masukkan potongan daging ke dalam campuran tersebut.
  7. Aduk-aduk kembali campuran tersebut hingga merata.
  8. Jika dirasa sudah merata maka tuang susu sapi segar lalu tambahkan potongan kurma dan langsung dilanjutkan dengan kenari.
  9. Setelah itu aduk-aduk kembali secara terus menerus hingga sampai benar-benar matang. Kematangan tersebut ditandai dengan terlihatnya seperti nasi liwet.
  10. Selanjutnya masukkan cabe hijau serta air jeruk nipis dengan sedikit mengaduknya lalu tutup sebentar saja.
  11. Langkah terakhir adalah matikan kompornya dan angkat wajan tersebut.
  12. Kemudian kamu bisa langsung menghidangkan nasi beriani ala Timur Tengah tersebut ke dalam piring.

Perlu diketahui sebelum memutuskan untuk membuat nasi beriani melalui resep diatas. Pastikan untuk benar-benar menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Hal ini dikarenakan bahan-bahan tersebut merupakan resep asli dari nasi beriani Timur Tengah.

Baca juga: Wajib Dicoba! Makanan Khas India yang Paling Terkenal di Dunia

Apabila kamu melewatkan satu atau beberapa diantaranya maka rasa yang dihasilkan akan sangat berbeda dan tidak selezat aslinya. Selain itu, hal lain yang harus diperhatikan adalah pada proses pembuatannya. Terutama pada saat mengaroni nasi, kamu harus benar-benar memastikan bumbu dan juga nasi tercampur dengan merata. Jika tidak dilakukan demikian maka kamu akan mendapatkan rasa yang hambar nantinya.

Nah, itulah resep dan langkah-langkah dalam membuat nasi beriani yang dapat kamu terapkan. Melalui resep dan cara seperti diatas kamu dapat membuat nasi beriani ala Timur Tengah sendiri di rumah.

William
William
Seorang penulis dan pemain kartu Tarot. Suka hilang di antara lamunan dan keanehan yang jamak.
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA