Cara Membuat Nama Korea Berdasarkan Nama Asli

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
2420-korea selatan
Daftar Topik

Demam Korea dewasa ini semakin merambah kemana-mana. Bisa dibilang Negeri Ginseng (sebutan untuk negara Korea) beberapa tahun terakhir begitu menguasai segala sendi kehidupan di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Segala yang berbau Korea semisal K-Pop, K-Drama, dan “K-K” yang lain sangat digandrungi khalayak, khususnya jiwa-jiwa muda. Hal kecil seperti bahasa dan tulisan Korea juga banyak dilirik serta menarik untuk dipelajari. Bahkan beberapa ada yang ingin tahu cara membuat nama Korea dengan Hangul.

Sedikit informasi tentang Hangul. Hangul atau Hangeul adalah semacam huruf abjadnya Negeri Korea. Jika di Korea Utara ini disebut Joseon-geul atau Chosǒn’gŭl. Hangul adalah abjad fonetik atau alfabet Korea yang terdiri dari 24 huruf, yakni 10 huruf vokal dan 14 huruf konsonan.

Membuat Nama Korea


Tulisan kali ini akan membahas tentang tulisan Korea. Pasti di antara kamu cukup penasaran, bagaimana bentuk nama kamu jika ditulis dengan huruf Korea? Maka dari itu tulisan ini akan mengupas tentang cara menulis dan membuat nama Korea berdasarkan nama asli kamu. Akan dibahas juga langkah-langkah untuk membuat nama korea beserta dengan artinya. Dengan demikian, maka kamu juga akan tahu makna yang terdapat dalam nama tersebut. Kemudian bagaimana sih cara untuk membuat nama korea yang berdasarkan dengan tanggal lahir kamu sendiri? Semuanya akan kami ulas di sini.

Cara Membuat Nama Korea Berdasarkan Nama Asli


Perlu diketahui bahwa nama orang dalam bahasa Korea terdiri dari tiga bagian, yakni surname untuk nama keluarga (Marga), middle name yaitu nama tengah, dan name untuk nama panggilan. Hal tersebut masih terkait dengan waktu kelahiran seseorang yang juga ada tiga bagian yaitu hari, bulan dan tahun. Misalnya:

  • Surname (diambil dari nomor terakhir tahun kelahiran)

0: Park

1: Kim 

2: Shin

3: Choi 

4: Song

5: Kang

6: Han

7: Lee

8: Sung

9: Junq

  • Middle Name (diambil dari bulan kelahiran kamu)

1: Yong 

2: Ji 

3: Je 

4: Hye 

5: Dong 

6: Sang 

7: Ha  

8: Hyo  

9: Soo  

10: Eun  

11: Hyun  

12: Rae

  • Name (nama panggilan diambil dari tanggal kelahiran)

1 (Hwa), 2 (Woo), 3 (Joon), 4 (Hee), 5 (Kyo), 6 (Kyung), 7 (Wook), 8 (Jin), 9 (Jae), 10 (Hoon), 11  (Ra), 12 (Bin), 13 (Sun), 14 (Ri), 1 5 (Soo), 1 6 (Rim), 17 (Ah), 18 (Ae), 19 (Neul), 20 (Mun), 21 (In), 22 (Mi), 23 (Ki), 24 (Sang), 25 (Byung), 26 (Seok), 27 (Gun), 28 (Yoo), 29 (Sup), 30 (Won), dan 31 (Sub).

Kita ambil satu contoh. Seseorang yang lahir pada tanggal 2 Mei 1991 maka jika mencocokkan dengan tabel di atas maka, rinciannya sebagai berikut:

  • Tahun kelahiran yakni 1991, maka digit terakhirnya adalah 1 = Kim
  • Bulan kelahiran adalah Mei = DDon
  • Tanggal kelahiran yaitu 2 = Woo
  • Maka nama Korea orang tersebut adalah Kim Dong Woo

Cara Membuat Nama Korea Berdasarkan Nama Asli


Selain  cara membuat  nama korea dengan tanggal lahir seperti di atas, kami juga akan membagi tips cara membuat nama korea berdasarkan nama asli yang diubah memakai aksara korea).

Ada hal yang harus kamu tahu bahwasanya untuk membuat nama Korea dengan memakai nama asli kamu sendiri dan akan diubah ke dalam bentuk aksara korea, maka nantinya nama kamu itu belum tentu sesuai. Hal tersebut dikarenakan saat mengubah nama asli kamu memang harus diperlukan pelafalan (tata cara pengucapan kata). 

Misalnya untuk nama Andi, maka pelafalannya dalam Korea menjadi aendi. Nah, kata andi tersebut akan diubah karena aksara Korea punya keterbatasan, sehingga tidak bisa selalu sesuai untuk menggunakan kata tersebut. Sedangkan nama andi sendiri harus diubah dengan menggunakan pelafalan yang ada aksara koreannya. Dengan demikian, maka  meskipun tidak terlalu sama namun masih tetap ada mirip dan agak sama dalam pengucapannya.

Jadi, daripada kamu harus repot dan sibuk untuk mempelajari aksara korea mulai awal hingga benar-benar paham, toh nantinya juga nama kamu belum tentu cocok dengan pelafalan dalam aksara korea atau hangul, maka kami rekomendasikan saja untuk menggunakan google translate. Meskipun ujung-ujungnya juga nama kamu tersebut terdapat kandungan makna dalam bahasa Korea, namun banyak juga yang tidak memiliki arti dalam Korea. Sebagai contoh seperti di bawah ini :

  • Adam: 아담
  • Amanda: 아만다
  • Ayu: 아유
  • Bella: 벨라

Contoh nama di atas diubah dari google terjemahan menjadi aksara Korea. Sangat menarik bukan? Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu untuk menjadikan nama kamu menjadi nama Korea. Selain untuk have fun, nama Korea yang kamu bikin tersebut bisa kamu pakai loh. Selamat mencoba.

BACA JUGA!

Inilah Cara Membuat Visa Korea bagi WNI

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA