Cara Membuat Manisan Kolang Kaling yang Mudah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
31320-kolang kaling2
Daftar Topik

Kolang kaling memanglah salah satu bahan yang cocok untuk dimasak apa saja. Misalnya saja minuman, makanan dan manisan sekalipun. Kolang kaling seringkali dibuat sebagai manisan maupun sebagai tambahan untuk membuat minuman segar.

Manisan kolang kaling merupakan makanan khas betawi. Cara membuat manisan kolang kaling sangatlah mudah, anda hanya memerlukan kolang kaling sebagai bahan utamanya, sedangkan bahan lainnya sangat mudah didapatkan. Resep ini akan kita bahas lebih lanjut. Manisan yang satu ini juga biasa dicampur dengan sirup untuk memberikan warna yang cantik.

Manisan kolang kaling memiliki cita  rasa lembut dan manis. Bagaimana tidak, bahannya sendiri merupakan biji buah aren yang sudah difermentsikan. Seperti yang dikatahui, buah aren adalah bahan utama pembuatan gula aren. Anda bisa loh membuat manisan kolang kaling di rumah. Hal tersebut tidaklah  mustahil untuk dilakukan, karena kami akan memberikan Anda cara membuat kolang kaling yang mudah.

Sebelum kita membahas mengenai cara membuat kolang kaling menjadi manisan. Mari kita ketahui lebih dulu tentang bagaimana sih tips memilih kolang kaling yang tepat?

Tips Memilih Kolang Kaling


Anda tentunya tidak mungkin membuat kolang kaling sendiri bukan, karena hal itu tidak akan efisien. Tenang saja, kini kolang kaling juga sudah banyak dijual di pasaran. Tidak semua kolang kaling anda beli dengan sembarangan, karena ada tips memilih kolang kaling berikut ini:

1. Beraroma khas

Untuk tips yang pertama pilihlah kolang kaling yang memiliki aroma khas. Kolang kaling merupakan hasil fermentasi dari biji gula aren, proses tersebut akan membuat kolang kaling beraroma asam. Indicator inilah yang menjadi patokan kolang kaling boleh dikonsumsi. Justru waspadalah dengan kolang kaling yang tidak menguarkan aroma asam, karena bisa jadi telah dicampur dengan bahan yang tidak bagus.

2. Warna putih kusam

Kolang kaling memiliki warna putih yang sedikit kusam, bukan putih bening apalagi putih bersih. Meski kolang kaling dengan warna putih bersih atau bening terlihat menggiurkan, namun bisa jadi penjual menggunakan pemutih pada bahan tersebut.

3. Di hinggapi lalat

Lalat merupakan hewan yang pemilih meski memang dianggap hewan yang identik dengan kotoran. Apabila pada saat Anda membeli kolang kaling tersebut ada lalat yang memutarinya atau hinggap. Hal itu merupakan indikasi bahwa bahan tersebut tidak menggunakan bahan kimia

4. Tekstur kenyal

Salah satu karakteristik kolang kaling adalah memiliki tekstur yang kenyal. Namun ingat, kenyal disini bukanlah kenyal yang keterlaluan. Anda bisa menekan kolang kaling dengan kuku jari tangan Anda untuk mengindikasi bahan tersebut bagus atau tidak. Apabila ketika ditekan dengan kuku kolang kaling tidak dapat hancur, maka hati-hati ada penggunaan bahan kimia disitu.

Cara Membuat Kolang Kaling


Setelah berhasil menemukan kolang kaling yang pas untuk dibuat manisan. Kini saatnya kita pergi ke dapur untuk mengolahnya. Jangan lupa untuk menyiapkan bahan-bahan di bawah ini.

Bahan yang dibutuhkan :

  • Kolang kaling 1 kg
  • Air bekas cucian beras 1 L
  • Daun jeruk 2 lbr
  • Daun pandan 1 lbr
  • ¼ kg gula pasir
  • Pewarna makanan merah (bisa disesuaikan dengan keinginan Anda)

Cara membuat :

  1. Ambil 1 kg kolang kaling yang telah disiapkan dengan bekas air cucian beras sebanyak 1 liter. Jangan lupa untuk mencuci kolang kaling agar kotorannya hilang dan bersih, serta sampai aroma asam tidak terlalu kuat.
  2. Setelah digosok sesekali, biarkan kolang kaling dalam rendaman air tersebut hingga satu jam. Setelah itu buang airnya dan cuci kolang kaling menggunakan air bersih, sisihkan
  3. Ambil panci dan nyalakan kompor, rebus kolang kaling yang teah dibersihkan bersama dengan daun pandan dan 1 lembar daun jeruk sampai mendidih
  4. Agar kolang kaling tampak lebih cantik, maka tambahkan pewarna merah makanan dalam keadaan kompor masih menyala
  5. Ketika kolang kaling sudah mulai memiliki tekstur empuk dan warna sudah meresap. Tambahkan gula pasir
  6. Aduk rebusan kolang kaling tersebut sampai air berkurang agar gula meresap pada kolang kaling
  7. Manisan kolang kaling telah siap untuk disajikan

Setelah kolang kaling tersebut matang, Anda bisa memasukkannya ke dalam lemari pendingin dengan wadah tertutup. Maka manisan kolang kaling tersebut tidak akan basi bahkan sampai dua bulan. Anda bisa menjadikan manisan kolang kaling tersebut sebagai menu buka puasa untuk keluarga, atau dijadikan sebagai cemilan di rumah, dimasukkan ke dalam minuman dan sebagainya.

BACA JUGA!

7 Cara Membuat Es Buah Segar Untuk Takjil Buka Puasa

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA