Cara Membuat Makalah yang Benar dan Mudah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
cara-membuat-makalah
Daftar Topik

Cara Membuat Makalah yang Benar – Sebagai seorang mahasiswa, maka tugas makalah adalah hal yang biasa diberikan oleh setiap dosen. Namun, apakah kamu masih bingung bagaimana cara membuat makalah dengan struktur yang benar? Nah, jika kamu tidak ingin mendapatkan revisi makalah dari dosen kamu kamu harus memperhatikan beberapa aturan dan juga stukturnya dengan baik. Yuk simak ulasan lengkapnya di artikel Blog elevenia yang satu ini.

Struktur Makalah yang Perlu Diketahui

struktur-makalah

Dalam pembuatan karya tulis ilmiah seperti makalah memang tidak boleh sembarangan dan harus mengikuti aturannya. Dalam pembuatan makalah sendiri ada strukturnya yang harus kamu lakukan supaya makalah kamu benar dan tidak mendapatkan revisi dari dosen kamu. Bagaimana strukturnya?

1. Cover

Struktur dalam pembuatan makalah yang benar pertama yaitu cover makalah. Cover makalah ini merupakan sampul dari suatu makalah yang mana di dalamnya terdiri dari beberapa elemen, yaitu judul, logo, identitas penulis dan juga instansi serta tahun terbit. Dalam pembuatan cover makalah ini, maka aturannya dan sebaiknya kamu memakai aturan rata tengah atau “center” supaya tulisan yang kamu buat tersebut terlihat lebih rapi.

2. Kata Pengantar

Struktur dalam pembuatan makalah yang selanjutnya yaitu kata pengantar. Kata pengantar ini menjadi bagian yang juga harus ada di dalam suatu makalah. Sebagaimana namanya, maka fungsi dari kata pengantar ini yaitu sebagai kata-kata pengantar dari penulis kepada pembaca supaya punya pandangan umum terhadap makalah yang telah kamu buat tersebut.

3. Daftar isi

Struktur dalam pembuatan makalah yang berikutnya ialah daftar isi. Nah, daftar isi ini adalah sebuah halaman yang terdapat di dalam makalah yang isinya berupa informasi dari halaman konten di dalam makalah yang dibuat. Nah, jadi supaya para pembaca lebih mudah dalam menemukan informasi tertentu di dalam makalah, maka kamu perlu untuk mencantumkan keterangan halaman pada tiap-tiap bab maupun sub bab pada makalah yang kamu buat tersebut.

4. Pendahuluan

Struktur berikutnya dalam pembuatan makalah yaitu pendahuluan. Nah, di bagian pendahuluan ini biasanya akan termuat 3 sub bab. Mulai dari sub bab latar belakang, sub bab rumusan masalah serta sub bab tujuan.

  • Latar Belakang

Latar belakang ini berisikan terkait jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang arahnya ke pembuatan makalah itu sendiri. Latar belakang tersebut haruslah berupa tulisan yang jelas serta mudah untuk dimengerti. Misalnya seperti:

  • Mengapa kamu membahas tentang fokus topik tersebut?
  • Untuk apa kamu membuat makalah dan melakukan penelitian tersebut?
  • Apa yang membuat kamu menyelesaikan masalah tersebut?

Di dalam latar belakang tersebut bukan hanya memuat jawaban dari semua pertanyaan, melainkan juga di latar belakang harus memuat terkait data-data maupun fakta-fakta yang bisa dijadikan pendukung.

  • Rumusan Masalah

Di dalam sub bab rumusan masalah ini akan berisikan tentang pertanyaan-pertanyaan yang kemudian akan kamu jawab dan jelaskan juga pada bagian bab pembahasan nanti. Pertanyaan-pertanyaan tersebut tak harus banyak, kamu cukup mengisikan 2 hingga 3 pertanyaan yang jelas dan pertanyaannya itu hasil dari pengerucutan dari latar belakang yang sebelumnya sudah kamu tulis.

  • Tujuan

Sebagaimana namanya, maka di dalam tujuan ini kamu bisa mengisikan apa tujuan dari makalah yang kamu buat. Biasanya kamu menuliskan tujuan ini secara singkat serta bisa menggambarkan secara jelas terkait apa saja manfaat yang diambil dari pembuatan makalah tersebut.

5. Pembahasan/Isi

Struktur dalam pembuatan makalah yang berikutnya yaitu pembahasan atau isi dari makalah tersebut. Nah, dalam bab pembahasan ini merupakan suatu struktur yang paling penting dari pembuatan suatu makalah. Pada bagian inilah akan diuraikan pokok-pokok dari permasalahan yang sedang dan akan kamu bahas dalam makalah ini.

Secara otomatis, pembahasan atau isi ini berisikan uraian yang sesuai dengan latar belakang, rumusan masalah dan juga tujuan yang sebelumnya sudah kamu buat. Pembahasan atau isi ini biasanya tercakup terkait landasan teori, ulasan teori dan juga solusi atau sebuah penyelesaian dari masalah yang di dalam makalah tersebut.

6. Penutup

Berikutnya yaitu penutup yang pada umumnya terdiri dari sub bab kesimpulan serta saran.

  • Kesimpulan

Di dalam kesimpulan ini berisikan terkait ringkasan atau summary terkait dengan hasil pembahasan di dalam makalah tersebut. Sedangkan untuk menuliskan kesimpulan ini, maka kamu bisa menganalisisnya terlebih dahulu apa saja poin-poin penting yang terdapat di bagian-bagian yang sebelumnya supaya bisa menghasilkan suatu kesimpulan dari pembahasan masalah yang dibahas.

  • Saran

Saran adalah suatu bagian yang akan ditujukan kepada pembaca makalah. Isi dari saran ini bisa berupa harapan dari penulis supaya makalah yang dibuatnya bisa bermanfaat bagi orang-orang serta bisa diterapkan oleh para pembaca.

7. Daftar Pustaka

Struktur pembuatan makalah yang terakhir yaitu daftar pustaka yang berisikan seluruh referensi yang telah penulis pakai dalam menulis makalah tersebut. Referensi tersebut bisa kamu dapatkan dari buku, jurnal maupun internet.

Baca Juga: Cara Membuat Ukuran Margin Skripsi 4 4 3 3

Cara Membuat Makalah yang Benar dan Mudah

cara-membuat-makalah

Setelah mengenal daftar struktur makalah, waktunya kita mengenal cara membuat makalah yang benar dan mudah. Untuk melakukannya, kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

1. Tentukan tema

Hal yang pertama ialah menentukan tema makalah yang akan kamu buat. Pastikan tema yang kamu buat sesuai dengan arahan yang diberikan. Selain itu, sebaiknya kamu meneliti lebih lanjut tema yang dipilih agar tidak terlalu luas dan juga tidak terlalu sempit. Pastikan juga tema yang kamu pilih adalah tema yang benar-benar kamu kuasai.

2. Tentukan judul

Setelah menentukan tema, kamu sudah bisa melakukan langkah selanjutnya, yaitu menentukan judul. Dalam membuatnya, pastikan judul yang kamu buat sesuai dengan tema. Tips lainnya ialah kamu dapat membuat judul makalahmu lebih menarik, spesifik, jelas serta mencakup topik utama yang dibicarakan.

3. Kumpulkan beragam referensi

Jika judul sudah dibuat, kamu pun bisa mengumpulkan beragam referensi di berbagai sumber, seperti buku, jurnal dan artikel. Ada dua jenis sumber referensi yang bisa kamu gunakan. Yaitu sumber offline dan juga online. Untuk sumber offline, kamu bisa berkunjung ke berbagai perpustakaan terdekat. Sumber online lebih mudah, kamu bisa mengaksesnya lewat internet. Salah satu sumber online yang terkenal ialah Google Scholar. Oh iya, jangan lupa juga untuk memastikan bahwa referensi yang kamu ambil sesuai dengan topik makalahmu, ya.

4. Baca makalah lain dengan tema yang serupa

Agar kamu lebih paham tentang aturan membuat makalah, ada baiknya kamu juga membaca makalah lain dengan tema serupa. Dengan begitu kamu bisa meniru struktur dan juga mendapatkan inspirasi yang lebih beragam dari makalah tersebut.

5. Menulis makalah sesuai dengan struktur

Setelah berhasil mengumpulkan referensi dan juga membaca makalah lain, waktunya untuk mulai menulis makalah sesuai struktur. Dalam melakukannya, akan lebih mudah jika kamu membuat kerangka makalah terlebih dahulu. Kamu bisa mulai dengan menulis bagian-bagian makalah di tiap halaman yang ada di aplikasi pengolah kata. Setelah itu, lanjutkan dengan menulis isinya secara perlahan.

6. Menambah kutipan makalah dari berbagai sumber

Sambil menulis makalah, amu juga dapat menambah kutipan dari referensi yang kamu gunakan. Mengingat hal ini penting untuk menentukan kredibilitas topik atau bahasan yang kamu gunakan. Kamu dapat mengutip kata-kata dari berbagai sumber secara langsung maupun tidak langsung. Dalam melakukannya, pastikan kamu melakukan parafrase agar karyamu tidak terhitung sebagai karya plagiat.

7. Mengedit makalah dengan teliti

Langkah terakhir ialah mengedit makalah dengan teliti. Saat melakukannya, pastikan makalah yang kamu tulis sudah sesuai dengan aturan dan topiknya, ya. Mulai dari struktur, tanda baca, salah ketik, hingga daftar isi. Selain itu, sebaiknya kamu meneliti makalahmu berkali-kali untuk hasil yang lebih maksimal. Jika semua sudah sesuai dan lengkap, makalahmu pun sudah siap untuk digunakan sesuai dengan keperluan.

Nah, jadi itulah tadi struktur serta cara membuat makalah yang benar dan mudah. Dengan mengetahui struktur dalam pembuatan makalah ini, maka diharapkan kamu bisa menuliskan makalah sesuai aturan. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP