Cara Membuat Lilin untuk Mengusir Nyamuk

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
1612-lilin
Daftar Topik

Kamu ingin merasakan tidur yang lebih rileks setelah lelah karena seharian beraktivitas? dan untuk kamu yang menginginkan ruangan menjadi jauh lebih cantik cerah dan juga memiliki aroma yang segar tanpa perlu repot mendekorasi ulang maka kamu bisa menggunakan lilin aromaterapi.

Namun apakah kamu tahu jika ternyata membuat lilin aromaterapi pun tidak sulit. di mana kamu dapat menentukan warna serta aroma untuk lilinmu dengan sesuai selera. Untuk kamu yang ingin mengusir nyamuk maka kamu juga dapat menambahkan beberapa bahan yang dapat mengusir nyamuk.

Cara Pembuatan Lilin Aromaterapi Pengusir Nyamuk


Ketika pembuatan lilin aromaterapi bahan utama yang harus disiapkan adalah parafin dimana parafin ini bisa kamu dapatkan di toko kimia terdekat. Parafin merupakan bahan yang paling tepat digunakan dikarenakan bahan ini tergolong cukup murah, cepat mencair, dan juga bisa diwarnai serta diberikan wewangian.

Kemudian ada pula bahan beeswax di mana bahan ini adalah beeswax alami sehingga mempunyai kemampuan untuk menjernihkan udara. Akan tetapi apabila menurut kamu memakai parafin ataupun beeswax ini dinilai terlalu ribet bahkan bisa menambah biaya maka kamu pun juga bisa menggantinya dengan menggunakan potongan lilin putih biasa yang seringkali dipakai pada saat mati lampu.

  • Untuk langkah yang pertama kamu harus mendidihkan air di dalam panci.
  • Langkah yang kedua ialah kamu harus melelehkan parafin dengan cara memasukkan kaleng bekas yang berisi paragraf tersebut ke dalam panci air dan pastikan jika air tidak masuk ke dalam parafin tersebut.
  • Berikutnya kamu harus menyiapkan gelas yang menjadi cetakan sehingga benang kasur yang digunakan sebagai simbol ini pun tetap tegak serta berada di bagian tengah. Lalu pastikan Jika kamu mengikat di batang lidi serta memposisikannya di bagian tengah gelas.
  • Ketika parafin sudah dicairkan maka kamu bisa memasukkan pewarna serta minyak esensial sekitar 10 tetes lalu angkatlah kaleng dari panci tersebut.
  • Kemudian Jika kamu ingin membuat aromaterapi yang dapat mengusir nyamuk maka kamu bisa mengganti minyak esensial tersebut dengan parutan kulit jeruk ataupun sereh.
  • Selanjutnya kamu harus memasukkan bahan tersebut ke dalam cetakan gelas transparan dan tunggulah lilin tersebut mengering.

Pembuatan Lilin Pengusir Nyamuk Menggunakan Citronella


Sejak tahun 1948 citronella yang juga menjadi minyak serai merupakan salah satu tumbuhan herbal yang sudah digunakan menjadi penolak serangga di negara Amerika serikat. Rupanya citronella ini memiliki kandungan pestisida dengan tingkat yang rendah sehingga tidak akan berbahaya bagi manusia. namun bau yang ditimbulkan oleh citronella ini akan mengganggu para nyamuk sehingga kamu bisa menggunakannya menjadi lilin aromaterapi yang dapat mengusir nyamuk.

Lalu bagaimana caranya? Simak penjelasannya di bawah ini:

  • Cara pembuatan tergolong cukup mudah di mana kamu harus menyiapkan sumbu lilin serta menyesuaikan panjangnya dengan stoples yang telah disiapkan namun yang pasti panjang dari sumbu lilin lebih dipanjangkan sekitar 3 cm.
  • Kemudian berilah sedikit lem silikon pada bagian ujung tali kemudian jepit tali pada bagian atas dengan jepit baju sehingga sumbu pun mampu berdiri dengan tegak. Selanjutnya kamu harus menggunakan jepitan jemuran dengan potongan kayu yang diletakkan secara melintang pada bibir toples.
  • Selanjutnya kamu harus memotong lilin putih serta haluskan kemudian memasukkannya ke dalam panci sampai lilin tersebut mencair.
  • Jika kamu menginginkan lilin yang berwarna warni maka kamu bisa menghaluskan crayon serta campuran dengan lilin yang ada di dalam panci. Ketika kamu memberikan raya dengan jumlah yang banyak maka warna yang dihasilkan pun akan semakin bagus.
  • Berikutnya kamu bisa menambahkan 5 sampai 10 tetes minyak citronella ke dalam panci tersebut kemudian aduk secara merata.
  • Lalu tuangkan adonan lilin ke dalam stoples, lalu diamkan lilin sampai lilin tersebut mengeras.
  • Ketika lilin sudah mengeras maka guntinglah sedikit bagian ujung sumbu dan lilin pengusir nyamuk pun sudah siap digunakan.

Cara Membuat Lilin Sereh Pengusir Nyamuk


Pertama-tama hal yang perlu kamu lakukan ialah menuangkan lilin ke dalam panci apapun kaleng kosong untuk mencairkan lilin tersebut. Kamu nantinya akan memerlukan serpihan lilin dua kali lebih banyak dibandingkan dengan volume kaleng atau pintu plastisin. Contohnya ialah kamu menggunakan kaleng dengan ukuran 4 ons maka kamu memerlukan lilin sebanyak 8 ons.

Selanjutnya kamu harus mengambil panci yang jauh lebih besar yang telah diisi dengan air kemudian air tersebut direbus. Setelah air sudah mendidih maka pastikan jika lilin yang ada di dalam kaleng tersebut telah meleleh. selanjutnya kamu perlu memakai tusuk sate bambu yang digunakan untuk untuk mengaduk lilin sehingga pencairan jauh lebih cepat.

Ketika lilin telah meleleh maka pastikan lilin tersebut dingin bahasan atau kemudian kamu bisa memberikan sekitar 40 tetes minyak serai ke dalam lilin kemudian aduk sampai merata.

Itulah sekilas info yang bisa diberikan kepada kamu mengenai cara membuat lilin yang ampuh dalam mengusir nyamuk sehingga kamu bisa tenang ketika beristirahat di malam hari. Semoga saja dengan adanya informasi di atas bisa berguna dan yang pasti menambah wawasan untuk kamu.

BACA JUGA! 5 PILIHAN LILIN AROMATERAPI

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA