Cara Membuat Lem Kanji yang Hemat dan Mudah

0

Kerajinan dapat kita buat dari berbagai bahan dan salah satunya dari kertas. Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk membuat kerajinan berbahan dasar kertas. Untuk menjadikan kertas menjadi sebuah benda yang memiliki nilai estetika, kamu membutuhkan alat dan bahan lain seperti lem. Salah satu lem yang banyak digunakan oleh para seniman yaitu lem kanji atau lem tapioka.

Penggunaan lem kanji dipilih karena harganya yang relatif lebih murah dibandingkan lem yang tersedia di toko. Selain murah, cara pembuatannya pun terbilang cukup mudah. Bagi kamu yang ingin mencoba membuat lem kanji, di bawah ini akan diuraikan sedikit penjelasan mengenai cara membuat lem kanji yang hemat dan mudah.

Cara Membuat Lem Kanji yang Mudah


Kanji atau biasa kita menyebutnya dengan tepung tapioka merupakan salah satu bahan dapur yang dapat dengan mudah kita temukan di pasaran. Tepung kanji memiliki banyak kegunaan dan salah satunya sebagai bahan dasar dalam pembuatan lem. Tidak ada yang tidak mungkin jika kita mau belajar dan berusaha, begitu juga dalam membuat lem kanji ini.

Pembuatan lem kanji terbilang cukup mudah untuk dilakukan, terlebih lagi jika kamu telah tahu alat dan bahan apa saja yang dibutuhkan, bagaimana prosesnya serta seberapa banyak takarannya. Mari simak uraian di bawah ini untuk lebih jelasnya!

Alat dan Bahan untuk Membuat Lem Kanji


Untuk membuat lem kanji, kamu membutuhkan beberapa alat dan bahan, antara lain:

  1. 4 Sendok Makan Tepung Kanji atau Tepung Tapioka

Terdapat berbagai jenis tepung yang dapat kamu beli dengan mudah di pasaran. Untuk pembuatan lem kanji ini, kamu memerlukan jenis tepung tapioka atau tepung kanji. Orang Sunda lebih mengenal tepung kanji dengan nama tepung aci. Tepung kanji terbuat dari singkong, jadi kamu jangan sampai salah membeli.

  1. 250 ml air (1 gelas aqua kecil)

Jika kamu ingin membuat lem kanji lebih banyak, maka kamu dapat menambah jumlah takarannya sesuai dengan perbandingan. Artinya, untuk setiap 250 ml air, kamu membutuhkan 4 sendok makan tepung kanji. Jadi untuk 500 ml air maka kamu membutuhkan 8 sendok makan tepung kanji, begitu seterusnya.

  1. 2 buah panci

Satu panci khusus untuk mencampur dan panci yang satunya khusus untuk memasak.

  1. Kompor gas
  2. Pengaduk

Proses Pembuatan Lem Kanji yang Benar


  1. Proses Pencampuran
  2. Campurkan tepung kanji dengan air dan aduk hingga mendekati encer pada panci pertama. Usahakan larutan tidak terlalu kental.
  3. Larutan air dan tepung yang telah jadi jangan langsung dimasak di atas kompor karena akan menggumpal. Untuk itu tunggu hingga panci yang kedua dimasak.
  4. Proses Pemasakan
  5. Masukkan sisa air pada panci kedua kemudian masak di atas kompor gas hingga air mendidih
  6. Proses Pengadukan
  7. Setelah air mendidih, masukkan larutan tepung pada panci pertama ke dalam panci kedua, kemudian aduk terus selama di atas kompor
  8. Pada proses ini, campuran akan mengeluarkan banyak buih dan naik ke permukaan akibat pemanasan, aduklah terus karena dengan pengadukan yang kontinyu akan mencegah terjadinya penggumpalan dan cairan muntab keluar panci
  9. Jangan sekali-kali menambahkan tepung kanji ke dalam panci pada proses ini agar lem tidak menggumpal
  10. Ketika campuran kanji telah halus dan mengental, segera matikan kompor
  11. Gunakan selagi lem masih hangat namun saat lem telah dingin pun masih tetap dapat digunakan hanya saja ketika lem masih hangat adalah saat terbaik untuk menggunakannya

Kelebihan Lem Kanji


Lem kanji memiliki banyak kelebihan dibandingkan jenis lem yang lainnya sehingga lem kanji banyak diminati oleh masyarakat. Kelebihan-kelebihan tersebut antara lain :

  • Bersifat ekonomis artinya dengan biaya yang kecil dapat memproduksi banyak
  • Tidak bernoda sehingga mudah dibersihkan
  • Ketika kamu salah dalam melakukan penempelan maka akan mudah untuk dilepas kembali

Kekurangan Lem Kanji


Lem kanji memiliki beberapa kelemahan, antara lain :

  • Tidak dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama

Lem kanji terbuat dari bahan alami dan tanpa pengawet, sehingga tidak dapat digunakan untuk waktu yang lama. Lem ini hanya bertahan sekitar 2 hingga 3 hari saja, kemudian akan berbau. Untuk memperpanjang masa pemakaian, kamu dapat memasukkannya ke dalam kulkas. Sebelumnya, masukkan dulu lem ke dalam wadah yang tertutup rapat.

  • Lem kanji hanya cocok digunakan sebagai perekat bahan-bahan ringan seperti kertas, label, poster, kemasan plastik, dan lain sebagainya.

Untuk bahan berat, sebaiknya kamu menggunakan jenis lem yang lainnya.

Itulah sekilas penjelasan mengenai cara membuat lem kanji yang hemat dan mudah. Kamu dapat mencoba membuat lem kanji sendiri untuk perekat kerajinanmu. Namun, sesuaikan apakah kerajinanmu cocok menggunakan lem kanji atau tidak.

BACA JUGA! 5 MERK LEM TEMBAK BAGUS BERKUALITAS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here