Home Editor's Choice Home & Garden Cara Membuat Lampu Lava dengan Langkah Paling Mudah

Cara Membuat Lampu Lava dengan Langkah Paling Mudah

0
Cara Membuat Lampu Lava dengan Langkah Paling Mudah

Apakah Kamu pernah merasa begitu tertarik dengan lampu lava? Ketika menggerakkannya secara perlahan, cairan yang ada di dalam lampu akan bergerak-gerak. Kemudian memisah dengan warna serta bentuk yang berbeda. Setelah itu, pada saat melihat harganya, Kamu meletakkannya kembali karena harganya terlalu mahal. Untuk mengehemat pengeluaran, Kamu bisa membuat lampu lava sendiri dengan langkah yang paling mudah di rumah.

Cara Membuat Lampu Lava Sementara


Membuat lampu lava sementara bisa dilakukan dengan mudah, caranya:

  • Bersihkan botol bekas minuman

Pilihlah botol bekas minuman yang bisa menampung cairan minimal 500 mili liter supaya nantinya bisa melihat tampilannya secara jelas.

  • Tambahkan minyak, air serta pewarna makanan

Isilah ¾ botol dengan minyak sayur. Lalu masukkan air dan pewarna makanan sekitar 10 tetes atau bisa juga secukupnya sampai membuat larutan sedikit gelap.

  • Tambahkan garam atau tablet Alka-Seltzer ke dalam air

Jika memakai garam, maka taburkan selama waktu sekitar lima detik. Untuk lampu lava yang berbeda, masukkan satu butir tablet Alka-Seltzer. Tablet tersebut dipotong menjadi beberapa bagian. Kemudian masukkan semuanya. Tablet jenis lainnya yang bisa dipakai yaitu berlabel effervescent.

  • Pasang kembali tutupnya, kemudian bolak-balikkan botol tersebut (opsional)

Langkah yang satu ini akan membuat butiran-butiran kecil air berwarna menjadi bergerak-gerak di dalam minyak dan menyatu. Jadi, gumpalan semburan lava bentuknya menjadi lebih besar. Tambahkan garam maupun tablet effervescent lagi jika ingin ditambah lagi.

  • Letakkan lampu senter maupun lampu sorot di bawah botol yang kuat

Hal ini akan membuat terang gelembung-gelembung dengan efek maksimal. Namun, jangan tinggalkan botol di atas permukaan yang panas karena bisa membuat botol meleleh dan minyak menjadi tumpah ke mana-mana.

  • Pahami apa yang terjadi

Minyak jika digabung bersama air tidak akan bisa menyatu. Namun, hanya terpecah menjadi gumpalan-gumpalan aneh yang saling melewati. Menambahkan jenis bahan yang terakhir benar-benar bisa mengaduk semuanya.

Cara Membuat Lampu Lava Permanen


Membuat lampu lava permanen bisa dilakukan dengan mudah. Namun harus dibuat dengan pengawasan orang dewasa karena bahan-bahannya yang sedikit berbahaya, caranya:

  • Gunakan wadah kaca

Gunakan wadah kaca yang bisa ditutup dengan erat dan bening, kemudian kocok. Kaca bisa menahan panas lebih baik jika dibandingkan dengan plastik.

  • Tuangkan minyak mineral atau baby oil secangkir kecil

Bahan ini akan menjadi lava yang naik dan turun di dalam lampu. Tuangkanlah secukupnya. Minyak biasa juga bisa dipakai. Tambahkan cat minyak terlebih dahulu jika ingin bentuk lava yang berwarna. Berhati-hatilah pada tahap ini.

  • Campurkan alkohol gosok 70% dengan alkohol isopropil 90%

Campurkan alkohol 90% serta alkohol 70% dengan perbandingan 6:13. Tuangkanlah campuran kedua alkohol ini ke dalam tabung. Kemudian tunggu sampai timbul endapan. Minyak nantinya akan ada di bagian dasar, tetapi sedikit menggembung di bagian yang tengah. Jika nampak rata, maka Kamu bisa menuangkan lagi sedikit alkohol 70%.

  • Letakkan wadah di atas objek yang berongga serta kokoh

Tutuplah tabung dengan erat sebelum mulai untuk menggerakkannya. Peletakan tabung aman terhadap panas dan di atas permukaan yang stabil. Misalnya seperti sebuah pot bunga yang ukurannya besar dan peletakannya dibalik. Pada bagian bawahnya terdapat cukup tempat untuk meletakkan lampu kecil.

  • Tambahkan sumber panas

Tambahkanlah panas dari bagian bawah lampu sesudah minyak serta alkohol memiliki kepadatan yang hampir sama.Panas akan mengakibatkan bahan-bahan menjadi memuai.Pemuaian minyak sedikit lebih cepat, lalu akan mengapung ke atas. Lalu mendingin serta menciut, hingga akhirnya kembali tenggelam.

Pakai lampu 15 watt untuk tabung yang memiliki kapasitas 350 ml atau lebih kecil. Lampu 30 watt atau 40 watt untuk wadah yang lebih besar. Jangan memakai lampu dengan watt yang lebih tinggi karena bisa menghancurkan kaca.

Letakkanlah lampu pijar ke dalam lampu directional kecil yaitu di bagian bawah tabung. Menghadapnya ke arah atas. Pasang saklar pada lampu untuk kontrol yang maksimal terhadap cahaya serta panas.

  • Biarkan lampu menghangat dulu

Untuk menjadi cukup hangat beberapa lampu lava memerlukan waktu selama beberapa jam. Namun, biasanya bisa mulai bergerak dengan waktu kurang dari itu jika menggunakan minyak rumahan. Balutlah tangan menggunakan kain, lalu setiap 15 menit sentuh tabung. Segera matikan lampu jika sudah terlalu panas. Kemudian ganti watt yang besarnya lebih rendah.

  • Atasi masalah jika perlu

Jika sesudah beberapa jam minyaknya masih menempel di bagian dasar, maka segera matikan. Biarkan sampai benar-benar dingin sebelum Kamu semakin merusaknya. Sesudah mencapai suhu ruangan, atasi masalah jika perlu.

Pada saat membuat lampu lava sementara, anak bisa melakukannya sendiri. Namun, pada saat membuat lampu lava permanen harus ada dampingan dari orang dewasa. Perhatikan dengan baik mengenai hal ini.

BACA JUGA! INILAH PERBANDINGAN LAMPU LED HANNOCHS VS PHILIPS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here