Home Editor's Choice Home & Garden Cara Membuat Lampion dari Botol Bekas untuk Dekorasi Imlek

Cara Membuat Lampion dari Botol Bekas untuk Dekorasi Imlek

0
Cara Membuat Lampion dari Botol Bekas untuk Dekorasi Imlek

Lampion mulai banyak terlihat di negara Indonesia pada saat telah memasuki era reformasi sebagai salah satu simbol dekorasi imlek. Jika pada masa orde baru masyarakat di negara Indonesia dari etnis Tionghoa selalu merayakan hari raya secara tertutup namun pada saat ini perayaan dari etnis Tionghoa sudah terbuka.

Tentunya hal tersebut tidak akan lepas dari peran dari presiden republik Indonesia yang keempat yakni bapak kyai haji Abdurrahman Wahid yang dikenal sebagai Gus Dur. Di mana beliaulah yang meresmikan tahun baru Imlek menjadi hari libur nasional.

Sebetulnya lampion sendiri memang telah identik di beberapa perayaan ataupun peristiwa bahagia di mana lampion terbuat dari bahan kertas ataupun kain. Sedangkan dengan era yang semakin maju rupanya lampion telah banyak digunakan menjadi cenderamata yang pastinya sangat lengket jika dijadikan hadiah. seperti halnya membuat lampion dari botol bekas yang pastinya akan membuat kamu lebih banyak membuat kerajinan.

Cara Membuat Lampion yang Sederhana


Ketika dulu membuat lampion harus menggunakan kerangka bambu yang pada saat ini kamu bisa menggunakan lampion dari barang barang bekas seperti botol bekas.

Untuk alat-alat yang dikumpulkan sebagai penunjang pembuatan lampion botol bekas adalah pisau atau cutter yang tajam, baterai kawat dengan ukuran yang pendek, botol minuman bekas dan juga lampu LED dengan budaya baterai dengan bentuk sesuai keinginan.

Langkah-langkah pembuatan:

  • Langkah yang pertama kamu harus membersihkan botol terlebih dahulu serta melepas label botol tersebut.
  • Berikutnya kamu harus memotong bagian bawah botol sehingga bisa membentuk celah dengan panjang kurang lebih 1 ½ inci.
  • Selanjutnya kamu harus meratakan botol sehingga potongan tersebut jauh lebih halus.
  • Kamu juga bisa memotong pada kedua sisi garis, potonglah sedikit saja sehingga potongan tersebut tidak terlihat. Apabila kamu memotong semuanya maka bus tersebut nantinya akan berlubang serta tidak akan menarik.
  • Lubangi pada tutup botol yang mana berfungsi si untuk memasukkan kawat.
  • Ketika kawat telah dimasukkan ke lubang tutup botol tersebut maka kawat bagian atas harus dibengkokkan dengan menggunakan tang. Kemudian rapatkan tutup botol sehingga lampion pun tidak akan tergelincir.
  • Selanjutnya lampu LED diletakkan di dalam botol dan pastikan Jika lampu halide tersebut telah diisi dengan baterai.
  • Kemudian nyalakan lampu LED serta tari kembali tangan kamu udah dalam botol tersebut dan lampion dari botol bekas siap untuk digantung di mana saja.

Cara Membuat Lampion Botol Selai


Untuk kamu yang memiliki botol selaibekas maka kamu bisa mengubahnya menjadi lampion yang cantik dan unik. Dalam pembuatannya pun cukup mudah di mana kamu hanya perlu menyiapkan beberapa botol selai yang kamu miliki, menyiapkan pisau yang tajam, menyiapkan lampu LED, menyiapkan kertas berwarna dan yang terakhir adalah kertas hitam polos.

Langkah yang harus anda lakukan adalah melubangi tutup botol pada bagian tengah, dan semua botol bagian tepinya harus dilubangi. Dimana lubang tersebut akan menjadi jalan dari kabel yang menghubungkan lampu lampu LED tersebut.

Berikutnya adalah kamu harus melapisi bagian luar botol dengan kertas yang berwarna. Serta kamu bisa menempelkan berbagai macam tempelan yang bisa membentuk wajah. Setelah lampu LED dimasukkan maka kamu pun bisa menyalakan lampu tersebut. Dan kamu pun bisa memajangnya di kamarmu.

Membuat Lampion Botol Bekas dan Kertas Kado


Lampu hias juga dapat kamu buat dengan menggunakan toples bekas yang kamu miliki di rumah serta menggunakan kertas kado yang bergambar lucu. Caranya ialah kamu harus membuat pola tertentu pada kertas kado tersebut kemudian kamu harus melubangi dengan menggunakan cutter.

Selanjutnya kamu bisa menempelkan kertas kado yang berpola tersebut di bagian luar toples. Setelah lampu LED kamu masukkan ke dalam toples dan dinyalakan maka suasana di dalam kamar mu akan menjadi lebih redup dan juga tenang.

Lampion Unik dari Botol Plastik Bekas


Ketika kamu sering mengkonsumsi air minum dalam kemasan botol maka botol bekas tersebut tidak perlu dibuang karena bisa kamu manfaatkan sebagai bahan utama dalam pembuatan lampion yang unik.

  • Untuk bahan-bahan yang harus kamu sediakan adalah botol plastik bekas, kemudian gunting, siapkan spidol, cat semprot atau cat biasa dan yang terakhir adalah cutter.
  • Hal pertama yang harus kamu lakukan ialah membersihkan botol terlebih dahulu dari label merek minuman. Untuk membersihkannya kamu juga bisa menggunakan.
  • Selanjutnya kamu bisa membuat gambar dengan menggunakan spidol sesuai keinginanmu. Kita juga kamu menggambar tokoh kartun, menggambar hewan, bunga dan lain sebagainya.
  • Berikutnya kamu harus melubangi botol dengan menggunakan cutter dan juga gunting. lubang tersebut nantinya akan digunakan sebagai pola dari gambar yang telah dibuat sebelumnya.
  • Kemudian botol akan disemprot dengan menggunakan cat yang sudah disiapkan dan botol plastik tersebut sudah siap dipakai menjadi lampion.
  • Untuk pemilihan dari lampunya kamu bisa memilih lampu LED yang pastinya akan mempercantik kamar dengan hiasan tersebut.

Itulah sekilas info yang bisa diberikan kepada kamu mengenai cara pembuatan lampion dengan menggunakan botol bekas. Semoga saja dengan adanya penjelasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk kamu.

BACA JUGA! INILAH WARNA LAMPU TIDUR YANG BAIK UNTUK KESEHATAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here