Mau Belajar Microsoft Office?

Jelajahi tutorial office terkini

Cara Membuat Label Undangan 121

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
22620-Label Undangan 121 1
Daftar Topik

Biasanya kartu undangan selalu disertai nama dan juga alamat di bagian depannya. Nah, pada umumnya untuk membuat tulisan nama dan alamat di undangan yang lebih praktis maka menggunakan kertas label. Kertas label sendiri merupakan kertas khusus yang bisa langsung ditempel pada kartu undangan seperti kertas stiker tanpa harus menggunakan lem.

Kemudian supaya hasil yang didapatkan menjadi lebih rapi, maka tulisan yang ditulis pada kertas label tersebut biasanya harus di print. Akan tetapi untuk nama dan alamat di atas kertas label polos perlu keahlian khusus. Hal tersebut bertujuan supaya tulisan nama dan juga alamat bisa tepat dengan kertas labelnya saat diprint. Sebab ini akan berbeda seperti print di kertas HVS pada umumnya.

Pada umumnya kertas label undangan yang paling banyak digunakan adalah label undangan 121. Nah, agar pengerjaan mencetak tulisan nama dan alamat di kertas label undangan menjadi lebih mudah, maka Anda bisa menggunakan program Microsoft office word supaya hasilnya tepat. Dengan begitu, pencetakan dan pengerjaan membuat label undangan akan lebih memuaskan dan tentunya lebih cepat.

Langkah-langkah Pembuatan


Sebagaimana yang telah disebutkan di atas, bahwa label undangan nomor 121 adalah yang paling banyak digunakan. Akan tetapi, tak sedikit pula yang menggunakan label undangan nomor 103. Nah, di dalam 1 lembar kertas label tersebut pada umumnya akan berisikan 12 label. Jadi bisa dikatakan dalam 1 lembar label undangan bisa untuk ditempelkan pada 12 undangan.

Untuk membuat label undangan sendiri bukan hanya bisa dikerjakan pada Microsoft word saja, akan tetapi juga bisa dibuat menggunakan Microsoft Excel. Sedangkan Microsoft word yang bisa digunakan dalam membuat label undangan ini adalah Microsoft word 2007 sampai dengan Microsoft word 2016.

Nah, berikut ini adalah cara membuat label undangan 121 siap di print via MS word menggunakan office word 2007:

  1. Pertama-tama silakan Anda aktifkan Microsoft office word 2007 di komputer Anda
  2. Selanjutnya klik ribbon mailings, lalu klik labels dan klik options
  3. Apabila jendela label options telah aktif, maka lakukan langkah selanjutnya yaitu klik new label

Misalnya membuat pengaturan manual pada label type 121 karena paling sering digunakan dalam pembuatan label undangan. Nah, di dalam pengaturan label type 121 tersebut akan ditemukan kolom berisi beberapa pilihan. Berikut ini penjelasan dari setiap istilah di dalam setiap kolom:

  • Label Name: isilah dengan menggunakan nama label yang Anda pilih. Misalnya Anda menggunakan label type 121 untuk membuatnya, maka isilah “Label Type 121” lalu klik Ok. Setelah klik OK kemudian akan kembali ke tampilan yang mana kolom “label” sudah otomatis menjadi “Other atau Custom label 121 Custom Laser”. Hal ini menunjukkan pengaturan yang Anda buat sebelumnya sudah tersimpan. Kemudian klik “NEW DOCUMENT”.
  • Top margin: batas jarak dari sebelah pinggir atas kertas sampai dengan sebelah pinggir label bagian atas
  • Side margin: batas jarak dari sebelah pinggir kertas sampai dengan sebelah pinggir label di bagian samping juga
  • Vertical pitch: ukuran dari pada tinggi label ditambah dengan jarak vertikal antara label ke satu dengan label ke dua.
  • Horizontal pitch: ukuran lebar dari pada label yang ditambah juga dengan jarak horizontal antara label ke satu dengan label ke dua
  • Label height: ukuran tinggi dari setiap masing-masing label
  • Label width: ukuran lebar dari setiap masing-masing label
  • Number across: jumlah kolom label
  • Number down: jumlah baris label
  • Page size: di kolom ini bisa Anda pilih custom saja
  • Page width: ukuran lebar secara keseluruhan pada kertas label
  • Page height: ukuran tinggi secara keseluruhan pada kertas label
  1. Seluruh kolom yang tersedia harus Anda isi secara lengkap yang telah disesuaikan dengan ukuran nyata dari kertas label undangan yang akan Anda print. Setelah itu klik Ok
  2. Langkah selanjutnya ialah klik Ok pada jendela label options
  3. Selanjutnya click new document di jendela envelopes and labels

Sebelum dicetak, coba cetak satu halaman dulu di kertas biasa, lalu cocokkan dengan label stiker. Kalau sudah pas, baru sudah semua. Bisa juga cetak per halaman satu per satu. Jika jumlah label yang ingin dicetak ganjil atau tidak seusai urutan (misal ada label di urutan tertentu yang sudah terlanjur dilepas / dipakai), pindahkan saja teks yang ingin ditambahkan ke sel yang sesuai.

Kalau cetak pakai printer inkjet atau deskjet (yang punya rol penariknya di pinggir), tempel kertas stiker (yang ada kertas warna kuning) di kertas A4 (rata atas, horizontal tengah ) pakai double-tape , lalu cetak seperti biasa.

Nah, cukup mudah bukan cara membuat label undangan 121 yang siap print via MS Word? Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan sebagai jawaban atas pencarian Anda.

BACA JUGA!

Cara Membuat Undangan Melalui Ms. Word

 

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP