Mau Belajar Microsoft Office?

Jelajahi tutorial office terkini

Tutorial Lengkap Cara Membuat Kurva S di Microsoft Excel

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
kurva s 5
Daftar Topik

Cara Membuat Kurva S. Pada zaman sekarang ini, salah satu kemampuan yang wajib dimiliki oleh fresh graduate maupun para pekerja profesional adalah skill lain yang mampu mendukung pekerjaan mereka. Skill lain yang bisa kamu miliki bisa berupa hard skill maupun soft skill. Salah satu skill yang bisa kamu latih dari sekarang adalah mengoperasikan Microsoft Excel atau Excel.  Saat ini Excel merupakan salah satu software atau perangkat lunak yang standar atau umum digunakan hampir di seluruh industri, tidak hanya terbatas pada bidang-bidang yang berhubungan keuangan dan pemasaran aja. Mulai dari industri pendidikan hingga minyak dan gas bumi membutuhkan Excel untuk memudahkan mereka dalam menyelesaikan pekerjaan mereka, karena hanya dengan ‘sekali’ klik, Excel mampu mengolah data sesuai dengan apa yang kita inginkan. 

Cara Membuat Kurva S - 1

Kalau kamu sudah mahir atau tahu bagaimana memaksimalkan penggunaan Excel, kamu akan merasa dimudahkan dalam mengolah hingga menyajikan data. Hal ini dikarenakan Excel memiliki fungsi dan rumus yang mampu memudahkan kamu dalam menghitung, proyeksi, hingga menyajikan data dengan cepat. Salah satu industri yang memanfaatkan kemudahan Excel adalah industri konstruksi. Industri konstruksi memanfaatkan Excel untuk pembuatan jadwal hingga pemetaan produktivitas suatu kegiatan konstruksi. Penjadwalan dan perencanaan merupakan hal terpenting dalam industri konstruksi, mengingat aspek biaya, waktu, dan mutu, merupakan aspek vital, jika berjalan sesuai dengan rencana maka proyek konstruksi baru dapat dikatakan berhasil. 

Fitur Kurva S Pengendalian merupakan fitur yang paling sering digunakan oleh industri konstruksi untuk membuat penjadwalan dan melihat ketiga aspek vital proyek konstruksi. Bagi kamu yang tertarik untuk bekerja di industri konstruksi atau sedang bekerja di industri konstruksi, artikel ini akan mengajak kamu untuk memahami cara membuat kurva S pengendalian beserta fungsinya. 

Definisi Kurva S

Menurut Tirumala dan Vaidya, Kurva S pada Excel digunakan untuk memvisualisasikan hubungan dua variabel yang berbeda, bagaimana satu variabel mempengaruhi variabel lainnya dan bagaimana nilai kedua variabel berubah karena dampak ini. Kurva S Pengendalian kemudian disebut Kurva S karena visualisasi dari kurva tersebut berbentuk S. Kurva S Pengendalian sendiri dapat digunakan dalam dua jenis grafik, yaitu line chart dan scattered chart

Cara Membuat Kurva S - 2

Lalu, kenapa Kurva S bisa berperan penting dalam sebuah proyek? Kurva S Pengendalian memiliki penting dalam sebuah proyek karena kurva S Pengendalian dapat mengetahui kemajuan harian serta melacak catatan sebelumnya tentang apa yang telah terjadi. Dengan adanya Kurva S Pengendalian, maka seseorang dapat melihat kesimpulan lengkap mulai dari berapa banyak keuntungan, berapa banyak penjualan dalam periode tertentu, hingga kemajuan dari tahun ke tahun dengan membandingkannya dengan tahun sebelumnya. 

Dalam membuat Kurva S, satu hal yang perlu kamu ingat adalah waktu. Kurva S harus memiliki periode waktu dalam satu axis atau sumbu sehingga sesuatu dapat dibandingkan selama periode waktu dengan sangat mudah. 

Cara Membuat Kurva S

Dalam membuat Kurva S Pengendalian, kamu perlu menyiapkan beberapa data yaitu Time Schedule dan Bar Chart. Time Schedule adalah rencana pengalokasian waktu dari masing-masing kegiatan konstruksi. Sedangkan Bar Chart adalah diagram pelaksanaan proyek untuk menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam menyelesaikan kegiatan konstruksi pada satu proyek konstruksi. Jika kedua data tersebut sudah siap, kamu bisa melangkah ke tahap selanjutnya, seperti di bawah ini. 

Kurva S - 3

  1. Buka Microsoft Excel. Pada Sheet baru, isikan waktu (dapat berupa tahun, bulan, dan lain sebagainya) dan angka atau besaran yang ingin kamu lihat perkembangannya pada sisi kanan kolom waktu. 
  2. Kemudian, blok atau select kolom waktu dan angka dan klik menu “Insert” dan pilih “line graph” atau “scatter graph” sesuai dengan keinginan kalian. 
  3. Kurva S akan muncul pada Sheet. 

Dalam pembuatan Kurva S, proses pembuatannya dapat lebih rumit atau lebih sederhana dari yang telah dijelaskan, karena menyesuaikan dengan data yang ingin diproses. 

Cara Membuat Kurva 4

Penggunaan Kurva S pada Excel

Mudah bukan membuat Kurva S? Penggunaan Kurva S dapat membantu kita untuk menyajikan data menjadi lebih mudah dimengerti dengan proses yang lebih cepat. Selain itu, Kurva S juga memiliki kegunaan lainnya, antara lain:

  1. Kurva S dapat menjadi alat manajemen proyek yang penting dan dapat digunakan oleh siapa saja karena tersedia pada Microsoft Excel.
  2. Kurva S dapat digunakan terutama pada data yang berkaitan dengan erat dengan waktu. Kurva S dapat membantu usernya untuk menganalisis data pada rentang periode tertentu. 
  3. Pada pemodelan data keuangan dan arus kas, Kurva S juga dapat digunakan secara luas untuk melihat progress keuangan, pemetaan akun keuangan, hingga perbandingan anggaran.
    kurva s 5
  4. Kurva S dapat digunakan dalam pembangunan proyek dan memproyeksi sebuah model.
  5. Kurva S dapat digunakan tidak hanya untuk nilai kuantitatif, namun juga kualitatif. 
  6. Bagi kamu yang ingin mengelaborasi dua data, Kurva S dapat digunakan sebagai kurva sumbu ganda, yakni kurva yang dapat dikombinasikan dengan kombinasi grafik lainnya.
  7. Dengan scatter graph dan line graph, Kurva S dapat berguna untuk berbagai macam tujuan. 

Jika kamu memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, kamu bisa menghitung Kurva S secara manual. Namun, Excel telah mempermudah hal itu sehingga kamu bisa tahu cara membuat Kurva S hanya dengan satu kali klik. Bagi kamu yang ingin tahu cara manualnya, kamu perlu mengambil titik sumbu X dan sumbu Y dari plot. Selamat mencoba ya!

Baca juga:

Cara Merubah Huruf Kapital di Excel dengan Mudah

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP