Cara Membuat Kaldu Ayam yang Mudah

0

Kata siapa membuat kaldu ayam itu sulit? Justru membuat kaldu ayam di rumah itu lebih praktis dan sehat dari pada harus membeli yang tentunya kita tidak tahu bahan apa saja yang digunakan. Bunda di rumah pasti tahu dong, anak yang masih kecil sangat suka sekali dengan makanan berkuah. Bahkan ada loh bunda orang yang tidak bisa makan jika tidak ada kuahnya. Nah, oleh sebab itu bagi anda yang ingin menyajikan masakan dengan kuah ayam yang lezat. Kami punya beberapa cara membuat kaldu ayam yang mudah dan pastinya enak..

Perlu diketahui, bahan untuk membuat kaldu ayam memang tidak sulit untuk dicari. Namun membuat kaldu ayam memiliki beberapa trik tersendiri agar kuah yang dibuat tidak terkesan butek. Perlu Anda ketahui bahwa kaldu bubuk yang biasa dijual dipasaran banyak mengandung MSG yang tidak baik untuk kesehatan loh.

Melihat fenomena tersebut, maka alangkah baiknya Anda membuat kaldu ayam sendiri dengan menyimak cara membuat kaldu ayam yang mudah berikut ini.

Cara Membuat Kaldu Ayam yang Mudah, Praktis dan Lezat


1. Siapkan daging ayam beserta tulang

Ingat, daging yang digunakan disini bukan merupakan daging fillet, namun daging yang masih melekat pada tulangnya. Karena jika dibuat kaldu akan terasa lebih mantap. Salah satu bagian ayam yang mengandung banyak kaldu adalah paha bagian atas. Untuk itu Anda dianjurkan memilih bagian paha atas dari pada paha bawah. Karena bawah memiliki kandungan lemak yang cukup banyak.

2. Air mendidih

Untuk Anda yang menginginkan kaldu dengan warna bening dan tidak keruh, pastikan air mendidih dengan sempurna. Setelah itu, baru masukkan daging yang sudah disiapkan tersebut ke dalam air mendidih. Hal ini dikarenakan ayam akan cepat matang jika dimasukkan ketika air dalam keadaan mendidih, sehingga sisa darah yang ada dalam daging tidak sempat keluar.

Masak daging tersebut hingga matang. Setelah itu, kecilkan apinya dan kaldu akan keluar setelahnya. Anda bisa menambahkan garam sebagai bumbu pelengkap. Jangan memasukkan daging ayam yang masih dalam keadaan beku ya.

3. Rempah lain

Agar kaldu ayam lebih lezat lagi Anda bisa menambahkan rempah seperti irisan jahe atau daun bawang. Nah, kaldu ayam yang lezat sudah bisa digunakan untuk memasak masakan yang berkuah seperti sup ayam atau sebagai penyedap untuk membuat saus.

Tips Agar Kaldu Ayam Tahan Lama


Kaldu yang Anda buat ternyata bisa tahan lama loh. Anda tentunya tidak ingin kaldu ayam tersebut terbuang sia-sia karena tidak digunakan bukan? Oleh karena itu, ini dia beberapa tips menyimpan kaldu ayam agar lebih tahan lama

1. Tuang kaldu dalam cetakan

Kaldu ayam yang telah dingin kemudian dituang dalam cetakan kecil-kecil, Anda bisa menggunakan cetakan es batu ataupun cup es krim sebagai pilihan. Hal ini memungkinkan Anda mendapatkan kaldu dalam porsi sedikit misalnya Anda butuh untuk membuat saus atau lainnya. Dengan meletakkannya pada cetakan kecil tentu akan lebih praktis kan?

2. Pindah dalam plastik

Kaldu ayam yang sudah membeku bisa Anda masukkan ke dalam plastik loh. Selain lebih praktis, memasukkan kaldu beku ke dalam plastik tidak akan membuat Anda bersusah payah untuk mengambilnya jika sedang terburu-buru. Selain itu, jangan lupa untuk menuliskan tanggal pembuatan kaldu agar tidak melebihi batas penggunaan atau kadaluarsa.

Simpan kaldu yang sudah membeku tersebut pada -12’ selsius, untuk ketahanannya, kaldu yang sudah beku bisa awet hingga 1-3 bulan. Namun untuk Anda yang tidak memiliki freezer, kaldu juga bisa disimpan dalam lemari pendingin, meski memang hanya bisa bertahan 4 hari.

Sebelum mengambil kaldu yang sudah beku untuk bahan masakan, pastikan anda mencicipinya terlebih dahulu. Takutnya ada hal tertentu yang menyebabkan rasa kaldu itu berubah. Apalagi jika melewati freezer atau proses pembekuan. Sehingga apabila rasa kaldu berkurang Anda pun bisa menambahkan rempah yang lainnya.

Membuat kaldu memang mudah dan lebih sehat daripada harus menggunakan kaldu yang memiliki kandungan MSG. menurut ahli gizi, MSG yang terlalu berlebih dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti sakit pada bagian dada, sakit kepala, obesitas sampai kemandulan loh, anda tentunya tidak ingin mengalami hal tersebut bukan? Oleh sebab itu, mulailah lakukan pola hidup sehat dengan memakai bahan alami untuk berbagai masakan Anda.

Bagaimana? Mudah sekali cara membuat kaldu ayam di atas, Anda sudah tidak memerlukan MSG yang dijual di warung untuk penyedap masakan. Selain itu, kaldu ayam yang dibuat sendiri bisa tahan hingga beberapa bulan lamanya, tentunya hal ini dipengaruhi oleh teknik penyimpanan yang dilakukan.

BACA JUGA!

Cara Membuat Whipped Cream yang Mudah