7 Cara Membuat Judul Buku & Novel yang Menarik

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
membuat-judul-buku-dan-novel-yang-menarik
Daftar Topik

Cara Membuat Judul Buku & Novel yang Menarik – Ada banyak sekali keahlian penulis terkenal dalam menentukan judul tulisannya. Mulai dari judul yang sengaja dibuat melenceng dari tema hingga penggunaan kata-kata yang tidak biasa. Semua kesengajaan itu dibuat semata dengan tujuan agar tulisan yang dihasilkan menarik minat pembaca.

Pada umumnya seseorang memilih bacaannya melalui judul. Ketika membaca judul yang menarik, pembaca akan berfikir bahwa isinya juga menarik. Nah, kesimpulannya penting bagi seorang penulis untuk menentukan judul yang menarik minat pembaca. Berikut cara untuk membuat judul buku dan novel yang menarik versi Blog elevenia.

Cara Membuat Judul Buku & Novel yang Menarik

1. Mencari Inspirasi 

mencari-inspirasi-untuk-membuat-judul-buku-dan-novel-yang-menarik

Langkah yang pertama kamu bisa mencari inspirasi dengan belajar dari pengalaman pribadi. Sebagai seorang penulis sudah pasti kamu juga sering membaca, kan? Kamu bisa mengelompokkan tulisan yang sudah kamu baca dalam beberapa buku atau novel yang ber-genre sama dengan yang kamu tulis.

Perhatikan beberapa judul yang menurutmu menarik. Salinlah beberapa judul yang terpilih. Kamu bisa merasakan judul mana yang sesuai dengan genre tulisan. Kamu juga dapat mengetahui “rasa” dari judul itu, yang disukai dan yang tidak disukai. Lalu, biarkan dulu hal tersebut. Selain itu, kamu juga dapat meniru judul yang menurutmu menarik sebagai ide awal judul buku atau novelmu. 

2. Mulai Menentukan Pilihan Kata yang Akan Digunakan

menentukan-pilihan-kata-yang-akan-digunakan

Pada langkah yang satu ini kamu perlu menyiapkan sebatang pena dan selembar kertas. Lalu lakukan beberapa hal ini:

  • Carilah kata-kata yang berhubungan dengan karanganmu. Kata apapun itu.
  • Bedakan kata-kata tersebut ke dalam beberapa kolom sesuai dengan jenis katanya. Misal, kata sifat, kata kerja, kata benda.
  • Tulis beberapa kata yang dapat menggambarkan setting atau topik utamanya.
  • Tulislah beberapa kata yang dapat menggambarkan tokoh utama.
  • Tulis beberapa kata kerja yang terdapat pada tulisanmu. Berupa hal atau aksi yang paling menonjol, maupun alur cerita yang paling menarik dari tulisan.

3. Perhatikan Penggunaan Kata

Temukan kata sebanyak mungkin yang berhubungan dengan tulisanmu. Kamu dapat menggunakan kata pembangkit emosi, kata visual, ataupun kata pembangkit sensasi. Dalam hal ini kamu bisa menggunakan kata sifat ataupun kata-kata yang mebangkitkan rasa ingin tahu pembaca. 

Baca Juga: 3 Buku Robert Kiyosaki yang Wajib Kamu Baca

4. Lakukan Eksperimen Judul

lakukan-eksperimen-untuk-menentukan-judul-buku-dan-novel

Selanjutnya, lakukan percobaan terhadap beberapa kata yang sudah kamu pilih. Kata-kata tersebut mulai dirangkai sedemikian rupa hingga mencapai kesesuaian untuk sebuah judul buku atau novel. Baik itu berupa kata sifat, kata benda, ataupun kata kerja. Tulis sebanyak-banyaknya kombinasi kata-kata yang menurutmu menarik tanpa mengesampingkan salah satunya.

5. Gunakan Imajinasimu

gunakan-imajinasi-untuk-membuat-judul-buku-dan-novel-yang-menarik

Dari sekian banyak daftar kombinasi kata yang sudah kamu buat, pilih yang paling disukai. Lalu biarkan selama satu hingga dua hari. Selama itu kamu bisa mempertimbangkannya sampai memperoleh hasil dari berbagai perspektif. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan imajinasimu untuk mencari inspirasi dan pilihan kata lainnya. 

6. Mulai Menyeleksi Judul

menyeleksi-judul-buku-dan-novel

Mulailah meneliti judul tersebut setelah beberapa waktu. Bisa saja saat melakukannya, muncul ide yang baru. Pilihlah judul yang menurut mu paling baik, bisa sebanyak 3 hingga 5 judul. Kamu dapat meminta bantuan orang lain untuk memilih satu saja judul terbaik untuk novel.

7. Membandingan Judul yang Kamu Pilih dengan Beberapa Judul Lainnya

Setelah selesai memilih satu dari sekian banyak judul untuk buku atau novelmu, bandingkanlah lagi satu judul tersebut dengan deretan judul-judul lainnya. Pertimbangkan apakah sudah menjadi yang terbaik dan sesuai. Satu judul tersebut haruslah yang paling menonjol dibandingkan dengan judul-judul lainnya. 

Namun ada beberapa hal yang perlu diingat. Dalam membuat judul buku atau novel, kamu bebas membuat judul kapanpun, tidak harus di awal pembuatan buku atau novel. Namun bisa juga di akhir proses penulisan buku. Hal ini diharapkan agar judul yang akan dibuat benar-benar terkait dengan cerita. Selain itu, untuk hasil yang lebih maksimal, kamu juga dapat memposisikan dirimu sebagai pembaca dalam memilih judul buku atau novel yang menarik. 

Itulah tadi informasi seputar cara membuat judul buku & novel yang menarik. Ingat, menentukan judul buku sangatlah penting karena akan mempengaruhi pembaca dalam menentukan kelayakan karyamu. Semoga artikel ini bermanfaat, ya.

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP