Cara Membuat Hotspot di Laptop Windows 7

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
2420-windows 7
Daftar Topik

Mungkin kamu sudah tahu bagaimana membuat WiFi hotspot pada komputer atau laptop yang memakai sistem operasi Windows 7. Akan tetapi mungkin sebagian kecil juga sudah tahu namun kali ini yang belum tahu cara membuat WiFi hotspot di Windows 7 untuk Android bisa menyimak artikel ini ini untuk mengetahui cara-caranya.

Sebenarnya kamu tidak perlu lagi menambahkan aplikasi atau instal aplikasi apapun dan hanya cukup menggunakan fitur yang terdapat pada Windows 7 seperti virtual WiFi share dan lain sebagainya. Oleh karena itu kali ini kami akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat WiFi hotspot di Windows 7 untuk Android sendiri sehingga bisa kamu pakai.

Cara Membuat Hotspot di Windows 7

Ada banyak sekali fungsi yang bisa dipakai ketika Windows 7 menjadi sebuah router WiFi hotspot yang mana akan membuat modem stick menjadi wifi wireless. Disamping itu juga kamu bisa membagikan jaringan berbayar atau Premium untuk Android kamu atau juga teman kamu yang sedang membutuhkan jaringan internet.

1. Mengaktifkan Hotspot Melalui CMD


cara mengaktifkan hotspot di Windows 7 yang pertama yaitu dengan mengaktifkan hotspot melalui CMD. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Pastikan bahwa kamu sudah terkoneksi ke jaringan internet baik itu melalui kabel LAN maupun USB modem.
  • Kemudian bukalah Command Prompt sebagai admin yang bisa kamu cari melalui start menu dan ketik “command prompt” kemudian klik kanan dan pilih Run as administrator.
  • Selanjutnya ketikkan perintah netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=”Nesaba Media” key=nesaba123. Gantilah Nesaba Media dengan menggunakan nama hotspot atau SSID yang ingin kamu pakai. Sedangkan untuk mengubah password hotspot nya, maka kamu bisa mengganti nesaba 123 dengan menggunakan password yang kamu inginkan dan kemudian tekan enter.
  • Kemudian ketikkan perintah netsh wlan start hostednetwork dan tekan enter. Perintah tersebut dipakai guna mengaktifkan hosted network yang kamu buat tadi.

2. Cara dengan Menggunakan Perangkat di Komputer atau Laptop

  • Klik Logo “Jaringan” di pojok kanan Bawah
  • Pilih dan Klik “Open Network and Sharing Center”
  • Jika sudah piling “Manage Wireless Networks” dan Klik “Add”
  • Selanjutnya pilih “Create ab ad hoc network”
  • Klik “Next” lalu masukan ID dan Password wifi yang di inginkan anda, contohnya gambar di bawah ini. Lalu klik Next
  • Tunggu hingga proses selesai dan klik “Tun on Internet connection sharing” untuk menyalakan jaringan yang tadi di buat
  • Selesai dan selamat mencoba

3. Cara Mematikan Firewall di Windows


Sebenarnya firewall ini memiliki peran yang amat penting yaitu untuk memfilter arus data yang masuk atau keluar pada jaringan. Akan tetapi, kali inj firewall ini justru memblokir keluar masuknya arus data yang ada di antara hotspot kamu serta koneksi USB modem kamu. Sehingga tidak mengherankan apabila ada yang error saat kamu masuk ke jaringan hotspot kamu. Padahal password yang kamu masukkan juga sudah benar. Berikut ini langkah-langkah mematikan hotspot:

  • Jika kamu punya antivirus yang sudah diinstal seperti Avira, Avas, ESET dan lain sebagainya. Pengaturan firewall ini biasanya diatur oleh antivirus yang kamu miliki. Tentunya letak pengaturan firewall tersebut di masing-masing aplikasi antivirus berbeda satu sama lain. Contohnya seperti contoh sekarang dengan menggunakan Avas Premier.
  • Buka Avast Premier.
  • Pada menu Protection, pilihlah Firewall.
  • Klik tombol ON guna mematikan firewall.
  • Pilih Stop until your next restart dan firewall akan diaktifkan lagi setelah komputer atau laptop direstart.
  • Firewall pun sudah berhasil dinonaktifkan.

Namun bagi kamu yang tidak menginstall antivirus apa saja di laptop kamu, maka kamu bisa mematikan firewall sendiri dengan mudah lewat artikel ini.

4. Terhubung ke Hotspot

Setelah kita membahas dan tahu bagaimana caranya untuk mematikan firewall, maka selanjutnya kita sudah terhubung dengan hotspot yang sudah kita buat. Nah, berikut ini caranya:

  • Hidupkan WiFi kamu
  • Carilah nama hotspot kamu atau SSID yakni: Nesaba Media
  • Kemudian masukkan password wifinya yang sudah kamu buat tadi yaitu nesaba123 dan klik “Connect”.
  • Nah untuk selanjutnya sekarang kamu sudah bisa Internetan dengan menggunakan hotspot yang sudah kamu buat secara manual tadi tanpa menggunakan software apapun.

5. Cara Mematikan Hotspot


Jika kamu sudah bisa menghidupkan hotspot, maka kamu tentunya harus mengetahui bagaimana cara untuk mematikan hotspot yang sudah kamu buat. Caranya hanya dengan mengetikkan netsh wlan stop hosted network yang berada di command prompt.

Cukup mudah bukan, tidak perlu repot-repot menginstall ini itu, cukup dengan cara di atas maka android kamu sudah bisa menikmati Hotspot di Windows 7. Mungkin hanya ini saja yang bisa kami bagikan tentang Cara Membuat Hotspot Di Laptop Windows 7 Untuk Android semoga bermanfaat dan berguna. Terima kasih sudah berkunjung ke website kami.

BACA JUGA!

Cara Mengatasi Windows Cannot Be Installed to This Disk Tanpa Menghapus Data

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP