Mau Belajar Microsoft Office?

Jelajahi tutorial office terkini

Cara Membuat Halaman Romawi dan Angka Ms. Word

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
15620-Halaman Romawi dan Angka
Daftar Topik

Ms. Word tentunya sangat penting bagi kebutuhan para mahasiswa atau dosen serta para pekerja penting lainnya.  Dan bagi para mahasiswa biasanya mendapatkan tugas akhir seperti skripsi, tugas makalah, tugas resume atau tugas tugas yang bersifat resmi lainnya. Ms.   Word adalah aplikasi yang termasuk dalam dari Ms. Office yang mana Ms. Word khusus untuk digunakan mengolah kata. Jadi, kalian dapat menggunakan aplikasi Ms. Word untuk membuat surat surat penting atau dokumen-dokumen penting. Karena dengan perkembangan teknologi yang sudah canggih ini, maka sudah tidak zamannya lagi menulis semua dokumen itu dengan menggunakan tulisan tangan.

Dalam Ms. word ini menyediakan berbagai fitur seperti jenis huruf yang akan digunakan. Ukuran kertas, warna huruf, serta angka halaman yang ingin digunakan dan masih banyak fitur fitur lainnya yang akan kalian dapatkan pada Ms. Word ini. dan sering terjadi pada mahasiswa yang sedang menyusun tugas akhir,  mereka bingung dalam pembuatan nomor halaman. Karena di ketentuan nomor halaman itu, ada halaman yang harus berbeda jenisnya yaitu ada angka romawi beserta angka nomor biasa. Sebenarnya untuk menyelesaikan masalah itu ada berbagai tips dan cara membuat halaman romawi dan angka Ms. Word.

Nah, bagi kalian khususnya para mahasiswa yang akan atau sedang menyusun tugas akhir. Berikut akan kami bagikan bagaimana tips dan cara membuat halaman romawi dan angka Ms. Word.

Cara Membuat Halaman Romawi dan Angka Pada Ms. Word

Source: Cara Tutorial Terbaru

Untuk tips dan cara tips dan cara membuat halaman romawi dan angka  yang dijadikan dalam satu file pada Ms. Word ada langkah – langkah yang harus kalian ikuti. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Langkah pertama:

  • Silahkan kalian buka dokumen Microsoft Word yang kan diberikan nomor halaman.
  • Setelah itu, buatlah nomor halaman dengan cara membuka menu dari Tab Insert, setelah itu kalian klik yang bertuliskan Page Number.
  • Setelah kalian klik page number, akan ada berbagai macam tawaran halaman dan kalian bisa memilih halaman yang sesuai dengan kriteria pada tugas kalian.
  • Dan setelah menentukan jenis yang akan dipakai tinggal kalian klik saja.

Langkah kedua :

  • Silahkan kalian tentukan pada bab apa saja yang akan dibedakan penomoran halamannya. Seperti misalnya antara halaman pada bab satu itu menggunakan halaman angka biasa dan halaman pada bagian kata pengantar menggunakan halaman angka romawi.
  • Setelah semua itu kalian tentukan, selanjutnya yang harus dilakukan yaitu memisahkan halaman yang akan dibedakan. Untuk dapat memisahkan halaman kalian harus menggunakan tips dan triknya yaitu silahkan kalian posisikan kursor pada halaman akhir. Kemudian tinggal kalian klik tab dan pilih page layout. Pada menu tampilan page layout silahkan kalian pilih break dan selanjutnya pilih next page.
  • Pastikan bahwa kalian dalam melakukan pemisahan halaman dilakukan dengan benar agar tidak terjadi masalah di langkah berikutnya.
  • Selanjutnya, karena yang akan diberi nomor halaman yang berbeda itu banyak maka kalian harus bisa menggunakan dengan cara mengulangi langkah yang sebelumnya.

Langkah ketiga :

Dalam langkah yang ketiga ini kalian harus merubah format penomoran yang akan kalian gunakan. Seperti pada halaman judul kalian harus mengubah dari angka biasa ke angka romawi. Untuk dapat melakukan itu ada beberapa langkah yang harus dilewati yaitu.

  • Pada nomor halaman dokumen, silahkan kalian klik dua kali kemudian silahkan pilih page number.
  • Setelah pada menu page number, untuk mengubah nomor halaman dari angka biasa ke angka romawi kalian bisa klik format page number. Setelah itu, pada page number itu akan ditampilkan page number format.
  • Pada tampilan page number format kalian tinggal mengubah dengan cara tekan field number format dan pilih angka romawi. Setelah kalian pilih angka romawi kalian tinggal tekan oke.
  • Maka otomatis halaman pada bagian halaman judul hingga pada bab 1 akan berubah menjadi halaman angka romawi.
  • Dan untuk merubah dari halaman bab 1 hingga bab terakhir, kalian dapat menggunakan cara yang sama pada pengubahan halaman romawi hanya saja pada field number format pilih halaman yang dengan menggunakan angka biasa tau angka arab.

Nah, itulah sedikit penjelasan singkat mengenai Tips dan cara membuat halaman romawi dan angka Ms. Word yang bisa kami bagikan.  Bagaimana caranya sangat mudah bukan untuk diterapkan?  Semoga penjelasan singkat diatas dapat membantu dan bisa dijadikan sebagai pedoman dan juga referensi untuk kalian para mahasiswa yang sedang atau akan menyusun tugas akhir.

BACA JUGA!

Cara Membuat Nomor Halaman di Word untuk Skripsi

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP