Home Editor's Choice Home /Food Cara Membuat Gula Cair dengan Rasa Enak

Cara Membuat Gula Cair dengan Rasa Enak

0
Cara Membuat Gula Cair dengan Rasa Enak

Gula pasir dapat diolah menjadi suatu pemanis yang biasa dikenal dengan air gula atau simple syrup. Meskipun terlihat sederhana, air gula memiliki peran yang cukup penting dalam membuat minuman. Mulai dari limun, mint julep, es teh, hingga minuman mewah berupa koktail dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, air gula juga dapat digunakan untuk membuat dessert atau hidangan penutup.

Adapun cara untuk membuat air gula sangatlah mudah dan sederhana. Akan tetapi masih banyak yang belum mengetahui cara membuat air gula. Untuk mengetahui lebih jelasnya, kamu dapat menyimak ulasan terkait pembuatan air gula sebagai berikut ini.

Cara Membuat Air Gula Biasa


Langkah pertama dalam membuat air gula adalah menyiapkan bahan yang dibutuhkan. Bahan yang dibutuhkan dalam hal ini sangat mudah ditemukan yaitu air sebanyak 240 ml dan gula pasir 200 gram. Setelah dipersiapkan, maka kamu dapat langsung menuangkan gula dan air tersebut kedalam panci. Dalam hal ini, kamu akan mendapatkan campuran semua bahan dengan volume total sebesar 350 ml berupa air gula.

Perlu diketahui proses ini dapat dilakukan dengan menyesuaikan kebutuhan kamu jadi boleh menggunakan takaran lain. Misalkan saja jika membutuhkan jumlah lebih banyak maka kamu dapat menggunakan perbandingan gula dan air sebesar 1 : 1. Jika sudah membuat takaran sesuai kebutuhan maka langkah selanjutnya adalah tinggal merebus larutan gula tersebut.

Dalam hal ini, suhu dari pemanasan akan dapat mempengaruhi proses dimana semakin tinggi suhu maka gula dalam air akan lebih cepat larut. Pastikan untuk mengaduknya sering-sering agar gula dapat terlarut dengan sempurna. Jika dirasa sudah larut secara sempurna dan air mukai mendidih maka turunkan suhunya dengan mengecilkan api.

Jika gula pasir belum terlarut secara sempurna, tetap lakukan pengadukan hingga membutuhkan waktu sekitar 3 menit untuk membuatnya larut seluruhnya. Setelah larut, angkat panci dan matikan kompornya. Biarkan selama beberapa saat hingga air gula mendingin hingga mencapai suhu ruangan. Jika sudah dingin maka kamu dapat memindahkan larutan gula ke dalam tempat lain bisa berupa botol kaca.

Pastikan untuk dapat memindahkannya secara hati-hati dengan menggunakan corong agar tidak berantakan. Apabila tidak memiliki botol, kamu juga dapat menggunakan wadah lain seperti toples kaca atau wadah lain yang memiliki tutup rapat. Kamu dapat menyimpan air gula yang sudah jadi ke dalam kulkas. Kamu dapat menggunakan air gula tersebut untuk keperluan minuman maupun makanan yang sesuai dalam waktu satu bulan penyimpanan.

Cara Membuat Air Gula Terkonsentrasi


Selain membuat air gula biasa, kamu juga dapat membuat air gula terkonsentrasi. Hal yang membedakan air gula terkonsentrasi dengan air gula biasa adalah teksturnya yang lebih kental. Berdasarkan hal tersebut, takaran bahan yang digunakan antara air dengan gula memiliki kadar yang jauh berbeda.

Dalam hal ini, gula yang digunakan akan lebih banyak yaitu 400 gram dengan jumlah air yang lebih sedikit yaitu 240 ml. Selain itu, kamu juga dapat membuat takaran lain dengan perbandingan antara air dan gula sebesar 1 : 2. Langkah selanjutnya setelah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu mencampurkannya ke dalam panci.

Kemudian rebus campuran dengan memanaskan panci tersebut diatas kompor dan aduk secara perlahan. Sama seperti cara sebelumnya, lakukan pengaduan lebih sering agar gula dapat terlarut dengan lebih cepat. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa tarakan gula yang digunakan lebih banyak sehingga konsentrasinya nanti juga akan lebih besar.

Hal tersebut juga membuat pelarutan dari gula akan membutuhkan waktu lebih lama dari cara sebelumnya. Selain itu, pengadukan juga dilakukan untuk menghindari terjadinya kegosongan pada dasar panci. Hal tersebut juga akan membuat gula akan berubah menjadi karamel sehingga tidak dapat larut dengan sempurna.

Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut kamu dapat menggunakan api yang tidak terlalu besar dalam merebus larutan gula. Jika air mulai mendidih, turunkan lagi apinya dan tetap rebus larutan dengan api kecil. Apabila gula dalam larutan sudah larut seluruhnya maka kamu dapat mengangkat panci dan mematikan kompornya.

Sama seperti cara sebelumnya, tunggu hingga air gula yang sudah jadi mengalami penurunan suhu hingga mencapai suhu ruangan. Jika latihan sudah dingin, maka kamu dapat memindahkannya ke dalam botol kaca secara perlahan menggunakan corong. Kamu dapat menggunakan toples kaca atau wadah lainnya yang memiliki tutup rapat.

Setelah itu, kamu dapat langsung menggunakan atau menyimpan air gula tersebut dalam lemari es. Dengan demikian, air gula juga akan dapat bertahan dalam jangka waktu lebih lama. Bahkan kamu dapat menggunakan air gula tersebut dalam jangka waktu sekitar satu bulan atau lebih.

Itulah cara-cara yang dapat kamu lakukan untuk bisa membuat air gula sendiri dirumah. Dengan mengetahui cara pembuatan air gula diatas kamu dapat menyiapkan persediaan untuk kebutuhan minuman dengan sangat mudah. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA! 5 JENIS GULA ORGANIK YANG AMAN UNTUK KESEHATAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here