Cara Membuat Glitter Sendiri dengan Bahan Mudah

0

Glitter merupakan sebuah komponen yang biasa digunakan sebagai hiasan tertentu. Tidak hanya dapat digunakan sebagai hiasan untuk benda-benda saja. Akan tetapi glitter juga dapat digunakan sebagai hiasan makanan tentu. Glitter yang digunakan untuk makanan terbuat dari bahan-bahan khusus makanan.

Dalam hal ini terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat glitter yang bisa dimakan diantaranya yaitu sebagai berikut ini.

Glitter dari Gom Arab


Langkah pertama yang dilakukan untuk membuat glitter dalam hal ini adalah menyiapkan bahan yang dibutuhkan terdiri dari 1 sendok makan, air panas 1 sendok makan, gom arab dan pewarna makanan. Sebelum mengetahui proses pembuatannya perlu diketahui terlebih dahulu bahwa gom arab merupakan getah yang berasal dari pohon akasia.

Lebih lanjut gom arab akan dapat membuat cairan memiliki tekstur mengental dan ketika dicampur bersama sedikit air kemudian dipanaskan dalam oven maka akan terbentuk suatu bahan makanan dengan tekstur glitter yang bagus. Adapun langkah awal yang dilakukan dalam hal ini yaitu memanaskan oven dengan suhu mencapai 285 derajat fahrenheit atau 140 derajat celcius.

Kemudian gom arab dicampur dengan air hangat di atas air panas hingga getah seluruhnya larut. Apabila ingin membuat glitter berwarna maka sebelum mencampurkan air, air tersebut dapat ditambahkan dengan pewarna makanan. Sementara itu jika di buat tanpa warna maka akan menghasilkan warna perak.

Selanjutnya saring adonan menggunakan kain nilon untuk memastikan tidak ada gom arab yang tidak tercampur sempurna. Hal tersebut dapat ditandai dengan hadirnya gumpalan getah. Selanjutnya alasi adonan dengan kertas perkamen agar tidak lengket dan sikat adonan pada loyang bersih.

Langkah selanjutnya yaitu memasak adonan hingga kurang lebih selama 10 menit sampai adonan bertekstur kering. Lanjutkan dengan mendinginkannya selama lima menit atau lebih dan kikis adonan dengan potongan yang sama panjang. Adonan dapat dilepaskan menggunakan sendok atau juga bisa disaring menggunakan saringan. Glitter yang bisa dimakan sudah jadi dan disimpan pada wadah kering serta menutupnya dengan rapat.

Membuat Glitter Gula


Bahan yang dibutuhkan dalam membuat glitter gula yaitu setengah cangkir gula putih dengan jenis granula putih atau gula kristal dan juga pewarna makanan cair. Untuk langkah pertamanya adalah memanaskan oven hingga mencapai suhu 350 derajat fahrenheit atau 180 derajat celcius. Kemudian siapkan kertas perkamen dan letakkan di atas loyang.

Selanjutnya membagi gula dalam 2 mangkok kecil. Dalam hal ini gula yang digunakan dapat berupa gula biasa. Akan tetapi jika menggunakan gula mentah maka yang akan dihasilkan nantinya memiliki tampilan lebih menarik. Hal tersebut dapat terjadi karena butiran-butiran gula mentah memiliki tekstur lebih besar serta lebih tahan terhadap panas.

Setelah itu tambahkan setengah sendok teh pewarna makanan cair untuk setiap mangkoknya. Adapun untuk takaran yang lebih pas yaitu meneteskan 4-5 tetes pewarna makanan ke dalam setiap satu per empat cangkir gula. Kemudian aduk masing-masing mangkok hingga keduanya tercampur secara merata keseluruh gula.

Langkah selanjutnya adalah menyebarkan gula di atas kertas perkamen pada loyang dengan rata, pastikan untuk tidak membuat adonan menumpuk. Lanjutkan dengan memasukkan loyang ke dalam oven dan bakar selama sekitar 8 hingga 10 menit. Dalam hal ini kamu dapat memeriksa gula setelah mencapai waktu 8 menit karena beberapa oven lebih cepat panas sehingga membuatnya lebih cepat matang.

Apabila diperoleh hasil gula yang mendidih atau meleleh maka keluarkan loyang dari oven. Dalam hal ini pada proses pemanggangan pastikan tidak ada adonan yang menumpuk. Apabila terlihat ada yang menumpuk maka dapat langsung diratakan. Kemudian angkat dan biarkan dingin selama beberapa waktu dan gula glitter sudah dapat digunakan. Simpanlah gula glitter tersebut ke dalam wadah yang bersifat kedap udara.

Gliter dari Gum Tex


Glitter yang dapat dimakan juga bisa dibuat dengan menggunakan bahan dari gum tex. Bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu satu sendok teh gum tex merk wilton, 2 sendok teh air, dan juga bubuk kilau yang bisa dimakan dengan warna sesuai selera. Langkah awal yang dilakukan dalam hal ini yaitu memanaskan oven hingga mencapai suhu 275 derajat fahrenheit atau 135 derajat celcius.

Langkah selanjutnya yaitu mencampurkan gum tex dengan air lebih sedikit daripada yang disarankan sehingga tidak terlalu kental. Aduk campuran hingga merata serta menyerupai pasta atau adonan cat tempera. Selanjutnya tambahkan bubuo kilau sedikit demi sedikit hingga warna yang diinginkan terbentuk.

Setelah itu gunakan sikat atau kuas kue untuk menyebarkan adonan di atas tatakan silikon. Masukkan dalam oven dan biarkan hingga adonan benar-benar mengering. Pada saat mencapai kondisi tersebut bahan ini mungkin akan memberikan bau sedikit tidak enak. Apabila sudah muncul serpihan dan adonan mulai mengering maka dapat di keluarkan dari oven.

Kemudian kikis serpihan glitter tersebut dari tatakan menggunakan spatula dan pecahkan adonan tersebut menjadi serpihan kecil dengan menggunakan jari-jari tangan. Taburkan glitter ini di atas hidangan lezat untuk dapat mempercantik penampilannya dan disimpan di wadah kedap udara.

Itulah beberapa cara yang dapat digunakan untuk membuat glitter bahan makanan. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA! CARA MEMBUAT SLIME TANPA GOM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here