Cara Membuat Gelato dengan Bahan Sederhana

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
1511-gelato1
Daftar Topik

Belakangan ini, gelato sedang digandrungi oleh sebagian masyarakat Indonesia. Es krim khas Italian ini, telah menjadi bahan pembicaraan para pecinta es krim. Pada mulanya, gelato hanya terbuat dari bahan-bahan sederhana yang biasa kamu jumpai seperti, susu, krim dan gula. Namun dengan seiring berjalannya waktu, gelato memiliki varian-varian disertai toping-toping yang pastinya semakin membuat gelato menjadi favorit para pecinta es krim.

Meskipun sama-sama es krim, namun gelato bukanlah es krim yang sering kita jumpai di toko-toko atau di supermarket. Apabila dilihat dari segi penyajian, gelato memiliki tampilan penyajian yang sama dengan es krim yaitu sama-sama disajikan dengan cone. Sekilas memang nampak sama, namun apabila dirasakan maka teksturnya akan berbeda jauh.

Es krim disajikan pada saat benar-benar dingin sehingga memiliki tekstur yang lembut di mulut. Sedangkan gelato disajikan pada suhu yang dinginnya tidak sama dengan es krim, karena bisa menyebabkan gelato menjadi keras dan tidak elastis.

Gelato pabila dibandingkan dengan es krim, gelato lebih rendah lemak. Namun hal tersebut tidak membuat gelato boleh di konsumsi setiap hari dan dalam porsi besar, konsumsi gelato pada porsi yang sewajarnya saja. Meskipun gelato rendah lemak, apabila kamu mengkonsumsi gelato secara besar-besaran dan setiap hari, sama saja dengan kamu mengonsumsi es krim yang memiliki kadar lemak lebih tinggi dari pada gelato.

Kamu sering menjumpai es krim dan sering memakannya. Namun, kamu agak sulit menjumpai gelato di sekitarmu, apabila kamu tinggal di daerah pedesaan atau semacamnya. Jangan khawatir, karena kamu bisa membuat gelato dengan bahan-bahan yang sederhana dan mudah kamu dapatkan.

Bahan-bahan Sederhana dalam Pembuatan Gelato


1. 120 gram susu bubuk dengan produk apa saja.

2. 80 gram gula pasir.

3. Telur ayam 1 butir

4. 1400 ml air sejuk (tidak hangat dan tidak dingin)

5. Empat sendok makan tepung maizena

Cara Pembuatan Gelato


  1. Pisahkan bagian kuning telur dari putih telur. Pakai kuning telur saja. Kemudia kamu kocok kuning telur menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi.
  2. Sembari menunggu, kuning telur menjadi kaku, sebaiknya kamu melarutkan susu bubuk yang telah kamu persiapkan dengan air sesuai ukuran dan gula pasir sesuai ukuran pula.
  3. Taruhlah larutan susu bubuk, air dan gula pasir di dalam panci, kemudian masak atau panaskan dengan api yang kecil. Teruslah mengaduk sampai benar-benar mendidih. Setelah benar-benar mendidih, kemudian diamkan sebentar tapi jangan sampai dingin, diamkan sampai panas agak hangat.
  4. Setelah kuning telur menjadi kaku karena di mixer, kemudian kamu bisa menambahkan tepung maizena, kemudian aduk-aduklah. Selanjutnya kamu bisa menambahkan rebusan larutan susu yang masih hangat sedikit demi sedikit. Kemudian aduklah dengan cepat. Teruslah mengaduk sampai tekstur adonan mengental seperti krim.
  5. Siapkan panci besar yang biasa digunakan untuk menanak nasi, isilah dandang atau panci besar dengan air dan diamkan sampai air dalam dandang mendidih.
  6. Setelah adonan mengental masukkan adonan dalam panci kecil yang kemudian di taroh dalam dandang yang berisi air mendidih sambil terus dipanaskan. Teruslah mengaduk menggunakan sendok kayu agar tidak panas dan tidak merubah rasa gelato.
  7. Setelah adonan mengental seperi puding, selanjutnya angkat adonan dan dinginkan. Apabila kamu ingin memberikan rasa-rasa pada gelato, pada tahap inilah, kamu bisa mencampurkan rasa pada gelato sesuai selera kamu.
  8. Apabila gelato benar-benar dingin, selanjutnya kamu bisa menutup adonan gelato menggunakan plastik yang biasanya dibuat pembungkus makanan.
  9. Selanjutnya kamu dapat menaruh gelato di dalam lemari pendingin selama kurang lebih 3 jam.
  10. Kemudian, keluarkan kembali gelato, lalu mixer gelator dengan kekuatan sedang. Mixer gelato sampai lebih kental dan keluar foam-foam.
  11. Setelah gelato mengental kemudian masukkan kembali gelato ke dalam freezer. Biarkan hingga gelato menjadi beku.
  12. Setelah gelato benar-benar beku, kemudian keluarkan kembali gelato dan mixer kembali gelato sampai beku pada gelato benar-benar hilang. Kemudian masukkan kembali gelato ke dalam lemari pendingin atau freezer dan tunggu selama beberapa jam sampai gelato dalam keadaan dingin.
  13. Selanjutnya kamu bisa menyajikan gelato dan gelato siap dinikmati. Apabila kamu menginginkan toping, kamu bisa menggunakan toping sesuai selera kamu, seperti meses, parutan coklat, parutan keju, kacang almond dan lain sebagainya.

Itulah cara mudah membuat gelato dengan bahan-bahan sederhana yang sering kamu jumpai di sekitarmu. Bagi kamu yang ingin sekali merasakan gelato tapi, sulit menemukan penjual gelato didaerahmu, kamu dapat menikmati gelatu dengan cara membuat sendiri di rumah. Selain, lebih sehat dan pastinya lebih puas karena dapat membuat gelato sesuai selera dan porsi yang kamu inginkan. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA! DAFTAR HARGA GELAS ICE CREAM SESUAI MODEL DAN UKURAN

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA