Mau Belajar Microsoft Office?

Jelajahi tutorial office terkini

Cara Membuat Garis Tepi di Word, Wajib Tahu!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
1. memilih page borders
Daftar Topik

Cara membuat garis tepi di word. Siapa yang tak kenal Microsoft Word? Pasti kamu sudah tahu dan selalu memakainya dalam berbagai kesempatan. Salah satu program dari Microsoft Office ini mempunyai banyak sekali fitur yang dapat digunakan untuk mengetik berbagai dokumen, mulai dari surat, makalah, tugas sekolah, hingga tugas akhir atau skripsi.

Namun masih ada di antara kamu yang tak mengetahui bagaimana cara menggunakan suatu fitur dalam Microsoft Word, contohnya fitur untuk membuat garis tepi. Kamu tak perlu khawatir karena di artikel kali ini, kita akan mencari tahu langkah-langkah praktis untuk membuat garis tepi.

Garis tepi sebenarnya tidak wajib untuk dibuat dalam dokumen karena kebanyakan dokumen tidak membutuhkan garis yang mengelilingi di sisi kanan, kiri, atas, dan bawah dokumen. Namun jika kamu ingin dokumen tersebut tampak lebih rapi atau ingin agar dokumen tampak lebih menarik, kamu bisa memilih sendiri desain garis tepi yang kamu inginkan.

Ada juga cara membuat garis tepi, yaitu dengan shape line. Namun cara ini lebih rumit, bisa saja hasilnya tidak rapi, dan akan menjadi kurang menarik untuk dilihat. Ada juga cara praktis untuk menambahkan garis tepi secara otomatis dari Microsoft Word. Selain itu kamu bisa memilih sendiri desain garis tepinya, mau yang simple atau warni-warni. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak langkah-langkah mudah di bawah ini untuk membuat garis tepi di Microsoft Word.

Membuat Garis Tepi

Sebelum kita masuk ke dalam langkah membuat garis tepi, kamu harus memperhatikan ketentuan berikut. Tutorial ini dapat dilakukan di berbagai versi Microsoft Word. Selain itu, kamu harus memastikan bahwa kamu telah menginstal Microsoft Office, terutama Microsoft Word dalam perangkatmu. Jika kamu menggunakan versi website, maka kamu harus memastikan bahwa terdapat jaringan internet yang tersambung dengan perangkat. Jika semua telah dipastikan tersedia dengan baik, sekarang kita mulai tutorialnya!

  1. Bukalah dokumen yang ingin kamu tambahkan garis tepi. Dokumennya bisa apa saja, mulai dari surat resmi, surat undangan, tugas, atau catatanmu. Yang pasti, dokumen tersebut tersedia dan dapat dibuka dengan Microsoft Word.
    1. memilih page borders
  2. Jika dokumen telah terbuka, pilih Page Layout. Jika kamu menggunakan versi Ms. Word 2019, pilihlah Design. Kemudian, klik Page Borders.
    2. kotak dialog border and shading
  3. Selain pilihan di atas, kamu juga bisa menekan tombol dropdown Borders yang ada di tab Home dan grup Paragraph, lalu klik Borders and Shading.
    3. kotak dialog border and shading 2
  4. Setelah muncul kotak dialog Borders and Shading, pilihlah tab Page Border. Di sini kamu bisa mengatur sendiri garis tepi yang kamu inginkan, mulai dari bentuk garis tepinya, bentuk garisnya, warna, ketebalan, dan gambar dari garis tepi.
  5. Dalam Preview, kamu juga bisa mengatur apakah garis tepi itu berlaku di seluruh halaman atau halaman tertentu saja. Ada juga tombol Option jika kamu ingin mengatur ukuran margin kanan, kiri, atas, dan bawah.
  6. Kalau kamu sudah mengatur garis tepi sesuai dengan yang kamu inginkan, klik OK untuk menyimpan perubahan tersebut.

Penjelasan Menu Page Border

Ketika kotak dialog Borders and Shading muncul dan kamu memiliki Page Border, kamu dapat melihat berbagai menu & pilihan yang dapat kamu klik. Mungkin beberapa pilihan tersebut asing buat kamu. Karena itu, berikut adalah penjelasan dari berbagai menu yang muncul dalam Page Border.

  1. Setting — menu ini terdiri atas beberapa pilihan yang memungkinkan kamu untuk memutuskan seperti apa tampilan garis tepi dalam dokumen nantinya. Kamu bisa memilih beberapa opsi, yaitu None jika kamu tidak menginginkan suatu efek untuk garis tepi, Box jika kamu ingin garis tepi yang tebal atau bold, Shadow untuk memberikan efek bayangan, 3D untuk memberikan efek nyata, dan Custom jika kamu ingin memilih secara bebas.
  2. Style — menu yang ini juga terdiri atas berbagai pilihan yang memungkinkan kamu untuk mengubah bentuk garis dari garis tepi. Ada banyak sekali opsi untuk garis ini, mulai dari garis lurus biasa, garis titik-titik rapat, garis putus-putus, garis putus-putus renggang, garis strip dan titik, serta masih banyak lagi. 
  3. Color — kalau pilihan ini, kamu bisa tentukan sendiri warna garis tepi yang kamu mau. Kamu juga bisa pilih warna kesukaanmu, lho!
  4. Width — Pilihan yang ini memungkinkan kamu untuk mengatur seberapa tebal garis tepi yang kamu inginkan. Kamu bisa memilih ketebalan ¼ pt, ½ pt, 1 pt, bahkan 6 pt.
  5. Art — Opsi yang satu ini memungkinkan kamu untuk memilih desain garis tepi yang lucu-lucu dengan bentuk dan motif warna-warni. Kamu bisa pilih bentuk ceri, hati, halon, pohon, kue, dan masih banyak lagi.
    4. pilihan apply to

Selain menu-menu di atas, ada juga pilihan Apply to, yaitu opsi yang memungkinkan kita untuk mencantumkan garis tepi di halaman yang kita mau. Berikut adalah berbagai pilihan dari menu Apply to.
5. hasil border

  1. This section adalah pilihan yang memungkinkan kamu untuk menambahkan garis tepi di tempat terakhir kursor kamu berada atau di halaman-halaman Word yang kamu inginkan.
  2. This section — All except first page adalah pilihan yang memungkinkan kamu untuk menambahkan garis tepi di seluruh halaman, kecuali halaman pertama dari dokumen Word.
  3. This section — First page only adalah pilihan yang memungkinkan kamu untuk menambahkan garis tepi tidak di seluruh halaman, namun hanya di halaman pertama saja.
  4. Whole document adalah pilihan yang memungkinkan kamu untuk menambahkan garis tepi di seluruh halaman Word.

Itulah langkah-langkah praktis untuk cara membuat garis tepi di word. Sekarang kamu bisa menghias atau menambahkan garis tepi dalam dokumen kamu sesuai dengan kebutuhan. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Baca juga:

Kumpulan Font Latin Keren untuk Berbagai Kebutuhan

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP