Mau Belajar Microsoft Office?

Jelajahi tutorial office terkini

Cara Membuat Garis Pembatas di Excel dengan Mudah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Cara membuat garis pembatas excel
Daftar Topik

Cara membuat garis pembatas di excel. Pernahkah kamu membuat Page Break pada Microsoft Excel? Atau justru kamu tidak tahu bagaimana cara membuat Page Break pada Ms. Excel. Page Break berfungsi untuk memutuskan atau memisahkan antar print-out ketikan di Ms. Excel. Sama halnya dengan yang di Microsoft Word, kamu terkadang juga perlu menggunakan menu Page Break supaya hasil dari dokumen kamu menjadi lebih rapi dan menarik.

Tahukah kamu? Apabila pada Ms.Word kamu menggunakan page break untuk bisa memisahkan halaman secara vertical, maka penggunaan page break manual pada Ms. Excel  adalah kamu bisa membagi dan memisahkan sel baik secara horizontal, vertical, bahkan gabungan dari keduanya. Untuk contohnya, kamu bisa perhatikan gambar di bawah ini.

Cara Membuat Page Break Melalui Menu
Page Break

Cara mudah untuk membuat page break adalah dengan melalui menu. Untuk membuat page break melalui menu, caranya adalah seperti di bawah ini:

  1. Klik pada salah satu sel yang akan menjadi pembatas atau page break
  2. Kemudian, kamu klik kanan pada sel tersebut
  3. Setelah muncul popup menu, kamu bisa pilih Insert Page Break
  4. Lalu, sebuah batas halaman atau page break telah ditambahkan. Kamu akan melihatnya sebai garis biru yang solid dan tidak putus-putus. 

Cara Membuat Page Break Melalui Drag and Drop Mouse
menu Border

Cara mudah kedua yang bisa kamu gunakan untuk membuat break adalah dengan cara drag and drop mouse pada dokumen excel kamu, seperti ini:

  1. Pertama, kamu arahkan kursor pada garis biru putus-putus seperti pada cara pertama
  2. Kemudian, klik dan Tarik atau drag and drop, hingga pada garis putus-putus pada sel yang kamu pilih sebelumnya
  3. Lalu, setelah selesai maka sebuah page break sudah ada dalam dokumen excel kamu

Cara Membuat Page Break Melalui Menu Format Cells
Format cell

Cara membuat Page Break melalui Menu Format Cell adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, kamu tentukan terlebih dahulu data yang akan kamu berikan garis pembatas. 
  2. Kemudian, kamu blok data dan klik kanan, dan pilihlah menu Format Cells
  3. Setelah itu, kamu masuk ke tab Border dan pilih bagian tabel mana saja yang akan kamu beris garis pembatas.
  4. Kamu juga bisa mengatur bentuk dan warna garis pada menu tersebut.
  5. Setelah kamu selesai mengatur, lalu klik OK
  6. Apabila sudah berhasil, maka garis akan tampak lebih hitam, dan akan lebih tampak apabila kamu cetak.

Cara Membuat Page Break Melalui Fungsi Pada Ribbon
Teks tabel vertikal

Cara terkahir yang bisa kamu lakukan untuk membuat garis pembatas pada excel adalah melalui fungsi pada ribbon, seperti ini caranya:

  1. Pertama, klik tab Home yang ada di bagian atas kiri layer.
  2. Setelah itu, klik simbol segitiga di samping Ikon Border
  3. Kemudian kamu bisa memilih style garis tebal sesuai dengan yang kamu butuhkan. Apabila kamu hanya ingin membuat garis tebal pada bagian luarnya maka bisa pilih menu Outsider Borders. Tapi jika kamu ingin membuat garis ada semua kotak, maka kamu pilih menu All Border. Atau kamu bisa memilih Draw Tabel untuk menggambar sendiri garis tabel dengan menyesuaikan dengan kebutuhan kamu. 
  4. Setelah selesai, maka garis tabel akan tampak dan bisa kamu lihat dari proses print preview

Tips dalam Membuat Page Break di Microsoft Excel

Apabila kamu hendak membuat Page Break dengan menggunakan cara drag and drop, seperti cara kedua di atas, maka kamu bisa mengubah zooming halaman untuk pencetakannya. Cara ini memang terbilang mudah, namun sebelum kamu membuat Page Break, terlebih dahulu kamu ubah tampilan halaman ke dalam mode Page Break Preview ya. 

Itulah cara membuat garis pembatas di excel yang bisa kamu lakukan yang mau dicetak. Ms. Excel merupakan sebuah lembar kerja yang biasa digunakan untuk membuat data yang berbentuk tabel. Akan tetapi, jika kamu ingin mencetak dokumen excel kamu, sebaiknya kamu tebalkan dahulu garis-garisnya. Cara-cara di atas akan membantu kamu untuk membuat garis pembatas pada dokumen excel kamu. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Cara Menghitung Persentase Kenaikan Penurunan di Excel

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP