Mau Belajar Microsoft Office?

Jelajahi tutorial office terkini

6 Cara Membuat Garis di Word dengan Mudah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
cara membuat garis di word dengan mudah
Daftar Topik

cara membuat garis di word. Microsoft Word hadir sebagai aplikasi yang dapat membantumu mengelola dokumen yang kamu miliki. Dalam mengaplikasikannya memang terkadang gampang-gampang susah. Kamu perlu latihan agar terbiasa dan juga perlu pengetahuan tentang berbagai fitur yang ada di dalamnya. Fitur yang tersedia pun sangat lengkap, dimana fitur tersebut dapat memfasilitasi berbagai hal yang kamu butuhkan saat mengelola dokumen. Salah satunya adalah dalam masalah membuat garis horizontal yang seringkali dibubuhkan di bawah kop surat, sub judul, judul dokumen, dan lain sebagainya. 

Terdapat berbagai cara dan trik dari yang cukup kompleks sampai yang sederhana untuk membubuhkan garis horizontal dalam dokumen yang kamu miliki loh. Berbagai cara ini dapat menghasilkan garis horizontal yang berbeda-beda, misalnya dibubuhkan merentang selebar dokumen, di bagian tertentu pada kalimat yang diinginkan, dan lain sebagainya. Jadi kamu bisa memilih berbagai macam garis horizontal sesuai kebutuhanmu. Oleh karena itu, yuk simak baik-baik 6 cara menambahkan garis horizontal (underline) di word sebagai berikut.

Cara membuat garis di Word

1. Menggunakan format karakter di keyboard-mu + enter

Cara pertama ini mudah banget loh. Kamu bisa menggunakan karakter-karakter tertentu di keyboard. Hal ini karena Microsoft Word memiliki fitur AutoFormat yang dapat secara otomatis menampilkan garis horizontal setelah kamu mengetik karakter tertentu sebanyak tiga kali lalu tekan enter di dokumenmu. Karakter tersebut adalah sebagai berikut :

  • Tanda  minus (-) diketik 3 kali (—) lalu tekan enter, maka garis yang dihasilkan adalah garis tipis horizontal
  • Tanda sama dengan (=) diketik 3 kali (===) lalu tekan enter, maka garis yang dihasilkan adalah garis horizontal ganda
  • Tanda underscore (_) diketik 3 kali (___) lalu tekan enter, maka garis yang dihasilkan adalah garis horizontal yang cukup tebal
  • Tanda bintang (*) diketik 3 kali (***) lalu tekan enter, maka garis yang dihasilkan adalah garis horizontal putus-putus yang tebal
  • Tanda pagar (#) diketik 3 kali (###) lalu tekan enter, maka garis yang dihasilkan adalah 3 garis horizontal, yang mana garis di tengah cukup tebal
  • Tanda cacing (~) diketik 3 kali (~~~) lalu tekan enter, maka garis yang dihasilkan adalah garis horizontal bergelombang

Dengan menggunakan tanda atau karakter tersebut, garis horizontal yang dihasilkan akan seperti gambar berikut :

cara membuat garis di word

2. Menggunakan pintasan yang ada di Keyboard

Jika kamu ingin memberikan garis horizontal pada kata atau kalimat tertentu dalam dokumen yang kamu miliki, kamu bisa menggunakan pintasan yang terdapat di keyboard. Pertama-tama kamu perlu untuk menyorot kata atau kalimat yang ingin kamu tambahkan garis horizontal di bawahnya, setelah itu kamu dapat menekan tombol ctrl + u secara bersama-sama. Hasil dari menggunakan pintasan ini kurang lebih adalah sebagai berikut : 

cara membuat garis di word dengan mudah

3. Menggunakan icon Underline

Garis yang dihasilkan dengan cara ini mirip dengan yang dijelaskan di cara nomor 2, hanya saja langkah-langkahnya dengan menggunakan icon yang terdapat di tampilan aplikasi word. Sebelum memasuki berbagai langkah yang akan dijelaskan, kamu perlu memastikan terlebih dulu bahwa tab home word anda aktif. 1) klik tulisan home; 2) di bawah font, klik tanda panah kecil di icon bertanda huruf U dengan garis dibawahnya; 3) pilih berbagai jenis underline yang kamu inginkan.

Menggunakan icon Underline

4. Menggunakan icon Underline

Fitur satu ini dapat membantumu untuk membuat garis horizontal yang membentang sebesar ukuran layout dokumenmu.  Pertama-tama kamu perlu memastikan bahwa tab home kamu aktif untuk mempermudah dalam proses membuat garis horizontal (1). Setelah itu klik icon border (2). Terakhir klik tulisan bottom border (3). 

Menggunakan fitur bottom border

5. Menggunakan icon shape line

Cara lain untuk membuat garis horizontal yang dapat kamu coba adalah dengan menggunakan fitur shape line yang terdapat di icon shape pada insert. Pertama tama, kamu perlu memastikan bahwa tab insert aktif (1), selanjutnya kamu klik icon shapes (2), kemudian pilih garis yang ada di ‘lines’ (3). Untuk membubuhkan garis horizontal pada dokumen yang kamu miliki, kamu tinggal menekan dimanapun sesuai keinginanmu, kemudian drag (tekan dan seret) untuk membuat garis dengan panjang yang sesuai keinginanmu. Kekurangan dari menggunakan metode ini adalah kemungkinan terjadi masalah seperti garis tidak presisi, agak miring, tidak pas di tengah page, dan lain sebagainya. 

Menggunakan icon shape line

6. Menggunakan fitur Intense Quotes

Metode satu ini juga sama instannya dengan berbagai metode yang telah disebutkan sebelumnya. Garis horizontal yang dihasilkan dengan metode ini terletak di atas dan di bawah kalimat yang kamu soroti.  Sesuai namanya, fitur ini untuk meng-highlight quotes tertentu pada dokumen yang kamu miliki. Pertama kamu perlu memastikan Tab Home kamu aktif (1), klik fitur Intense Quote (2). Setelah melakukan dua step tersebut akan muncul garis horizontal secara otomatis.

Menggunakan fitur Intense Quotes

Nah itulah beberapa cara membuat garis di word. Agar kamu lebih terbiasa dalam mengoperasikan word, kamu dapat terus berlatih supaya lebih mahir. Terakhir, semoga tips-tips ini dapat membantumu meningkatkan keterampilan menggunakan Microsoft word ini yah. 

Baca juga:

Cara Membuat Undangan Melalui Ms. Word

ARTIKEL LAINNYA