Cara Membuat File ZIP di Perangkat Android

0

Zip merupakan salah satu standar pemampatan data atau kompresi data yang paling populer. Dengan membuat beberapa file menjadi Zip, kamu bisa mengubah ukuran data menjadi kecil jadi media penyimpanan atau transfer data menjadi lebih efisien. Sekarang, file Zip tidak hanya bisa dibuat melalui PC atau komputer, tetapi juga bisa dibuat melalui android.

Cara membuat Zip pada perangkat android bisa menggunakan aplikasi file manager yang sudah tersedia pada android. Tentunya tidak semua ponsel android memiliki fitur ini.

Berikut merupakan langkah-langkahnya:

  1. Kamu buka aplikasi file manager bawaan di ponsel android kamu.
  2. Kemudian, kamu cari lokasi folder atau lokasi file yang ingin kamu kompres ke dalam format Zip. Pastikan bahwa file atau folder yang ingin kamu kompress berada pada tempat yang sama sehingga bisa kamu kompress dalam satu file Zip.
  3. Selanjutnya, tandai file-file yang ingin kamu kompres satu per satu.
  4. Setelah selesai kamu menandai, maka bagian bawah akan muncul beberapa opsi seperti kotak penyimpanan, ganti nama, kirim, Zip ke.
  5. Pilihlah opsi Zip ke
  6. Kemudian akan muncul jendela dengan nama “file yang dimampatkan”.
  7. Kemudian ganti nama file dan tentukan lokasi penyimpanan, lokasi internal atau lokasi eksternal.
  8. Selanjutnya click ok
  9. Dan tunggu prosesnya hingga selesai.

Karena tidak semua ponsel android memiliki fitur seperti tersebut. Kamu tidak perlu pusing atau bingung. Pembuatan file Zip juga dapat dilakukan dengan bantuan aplikasi pihak ketiga yang tentunya bisa kamu dapatkan secara bebas di Google Playstore.

Banyak sekali aplikasi yang memiliki fitur mengubah file menjadi bentuk Zip. Namun, dalam pembahasan kali ini, hanya akan dibahas tiga aplikasi populer yang sering digunakan untuk membuat Zip file, yaitu aplikasi Root Browser, Es File Explorer, dan Rar

Menggunakan Bantuan Aplikasi Root Browser

Meskipun terdapat kata root pada aplikasi tersebut, tapi aplikasi tersebut tetap bisa digunakan pada ponsel android yang belum di root.

  1. Kamu bisa download root browser di google play
  2. Setelah selesai, untuk membuat file archive kamu bisa tap dan tahan pada folder atau file yang ingin kamu jadikan file archive, kemudian tap archive lalu tentukan nama file dan format archive yang ingin kamu gunakan serta mode kompresi lalu tap ok.

Menggunakan Bantuan Aplikasi Es File Explorer

  1. Kamu bisa download aplikasi tersebut terlebih dahulu.
  2. Setelah terinstall, buka aplikasi Es File Explorer lalu carilah file yang hendak kamu compress. Apabila file tersebut lebih dari satu, maka kamu bisa menyatukannya terlebih dahulu dalam sebuah folder.
  3. Kemudian pilih more yang terdapat pada pojok kanan bawah.
  4. Selanjutnya kamu pilih compress.
  5. Kemudian, tentukan file jenis apa yang kamu inginkan. Apabila jenis Zip, kamu bisa menekan opsi Zip, kemudian tentukan kualitas apa yang akan kamu gunakan dan pastinya gunakan password untuk file Zip yang telah kamu buat. Selanjutnya pilih ok.
  6. Tunggu prosesnya hingga selesai.

Menggunakan Bantuan Aplikasi RAR

  1. Kamu bisa download RAR di Playstore. Kemudian install dan jalankan.
  2. Kemudian pilih file yang akan kamu ubah menjadi bentuk Zip.
  3. Tapa pada file sampai muncul beberapa opsi . kamu bisa pilih opsi Add to recovery untuk membuat file archiver. Atau jika kamu ingin menggunakan pengaturan ekstensi file,nama file dan membuat password pada file. Kamu bisa menggunakan opsi Add to archive.
  4. Selanjutnya tekan OK.
  5. Tunggu prosesnya hingga selesai.

Menggunakan Aplikasi Easy Unrar di Playstore

  1. Kamu bisa download aplikasi Easy Unrar, Unxir dan Zip di Playstore.
  2. Kemudian instal dan jalankan aplikasi tersebut.
  3. Apabila telah terpasang. Maka kamu dapat membuka aplikasi tersebut.
  4. Setelah terbuka, akan ada tiga pilihan yaitu Extract, Open Archive dan Compress. Karena kamu ingin membuat file Zip, maka kamu bisa menggunakan opsi Compress yang terletak pada kanan atas.
  5. Selanjutnya akan terbuka file-file yang terdapat pada file manager kamu.
  6. Selanjutnya, centanglah file-file yang ingin kamu buat Zip.
  7. Setelah selesai dan beberapa file terpilih, kemudian pilih centang hijau di sebelah tanda silang yang berada di bagian kanan atas.
  8. Selanjutnya akan terbuka halaman baru. Pada kolom archive, kamu bisa mengetik nama untuk file Zip yang kamu inginkan. Kemudian pada bagian encryption, klik tombol mati untuk mengubahnya menjadi aktif. Selanjutnya, kamu bisa membuat password yang kamu inginkan untuk mengamankan file Zip mu.
  9. Kemudian tekan compress yang terdapat pada bagian bawah.
  10. Kemudian tunggu proses Zip berlangsung.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk membuat Zip file di ponsel android kamu. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA! PERBEDAAN ZIP DAN RAR YANG HARUS KAMU TAHU, JANGAN SAMPAI SALAH PILIH!