Cara Membuat Dry Ice dengan Bahan Sederhana

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
211-dry ice
Daftar Topik

Dry ice atau es kering merupakan bentuk padatan dari karbondioksida. Dry ice ini digunakan untuk berbagai proses pendinginan dan pembekuan di dunia industri dengan suhu yang sangat dingin yaitu -78,5 derajat Celcius. Kamu bisa membuat es kering di rumah dengan mudah jika memang memiliki bahan-bahan yang tepat. Proses pembuatan es kering ini akan semakin mudah dan cepat. Dengan catatan kamu mengambil langkah pengamanan yang benar. Agar tidak salah dalam membuat dry ice, simak ulasan berikut ini mengenai bahan yang dibutuhkan serta cara membuat dry ice dengan bahan sederhana.

Bahan dan Peralatan yang Dibutuhkan


Sebelum membahas lebih lengkap mengenai cara membuat dry ice dengan bahan sederhana, terlebih dahulu kamu bisa menyiapkan bahan dan peralatan yang dibutuhkan. Adapun berikut ini bahan-bahannya:

  • Tangki karbon dioksida.
  • Sarung tangan.
  • Kacamata pelindung.
  • Mangkuk
  • Perekat yang kuat.
  • Kantong plastik es.
  • Toples atau mangkuk.
  • Sarung bantal.
  • Menggunakan Alat Pemadam Kebakaran.
  • Alat pemadam kebakaran berisi CO2.

Menggunakan Es Kering Buatan Rumah


Setelah bahan dan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat dry ice sudah lengkap, memasuki ke pokok pembahasan yaitu cara membuatnya. Langsung saja berikut ini langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama untuk membuat es kering yaitu letakkan sarung bantal untuk menutupi kran tangki karbondioksida cair. Agar tidak bocor, letakkan sarung bantal dengan erat. Pembentukan es kering ini terjadi ketika gas cair yang terlepas mengembun pada kain. Sehingga karbondioksida akan menguap.
  • Untuk melepaskan sarung bantal lakukan dengan hati-hati, agar tangan tidak terluka. Es kering ini berbentuk seperti remah-remah styrofoam berwarna putih yang akan terlihat menempel di dasar sarung. Es ini bisa melukai jari tangan meskipun kamu sudah menggunakan sarung tangan. Maka dari itu jangan menggenggam es kering terlalu lama.
  • Pindahkan es kering yang menempel pada sarung bantal ke wadah yang aman dan praktis. Dalam hal ini kamu bisa menggunakan mangkok termos dan kantong plastik yang kuat. Mengingat suhu dingin es krim ini sangat tinggi, jangan menyimpannya di dalam wadah yang terbuat dari keramik atau kaca, karena bahan ini bisa mengerut dan pecah. Selain itu es kering ini juga tidak disarankan disimpan pada wadah logam, karena es kering bisa menyebabkan logam rusak atau bahkan melengkung.
  • Cara ini sangat tepat bagi kamu yang ingin membuat es krim dengan jumlah kecil. Untuk membuat es krim dalam jumlah yang besar, kamu perlu menggunakan pendinginan evaporative. Jika tidak ingin terlalu sulit membuat es krim dalam jumlah yang besar, kamu bisa membelinya eceran atau membuatnya dari mesin pembuat es krim dengan harga yang sangat mahal.
  • Setelah meletakkan es kering pada wadah yang tepat, biasanya disimpan di dalam kontainer terisolasi. Karena es krim jika terkena udara bisa melepaskan gas karbondioksida. Perubahan fase tersebut terjadi secara langsung dari padat ke gas. Hal ini dikarenakan perbedaan suhu antara es kering dan lingkungan cukup besar.

Es kering sering digunakan untuk menghasilkan kabut buatan dalam berbagai pertunjukan, karena ketika menguap es kering ini bisa berubah menjadi uap atau kabut. Sangat disarankan untuk membeli dari penjual eceran, jika kamu memang ingin es krim dalam jumlah yang besar. Untuk membeli es kering ini sangat mudah, kamu bisa membelinya dari penjual khusus atau secara online.

Tip-tips Membuat Dry Ice


Setelah mengetahui bahan yang dibutuhkan serta cara membuat dry ice, kamu juga perlu mengetahui tips-tips dalam membuat dry ice. Agar tidak salah, langsung saja berikut ini tips-tips membuat dry ice yang tepat:

  • Jika kamu membutuhkan es kering dalam jumlah yang banyak dan sering, akan lebih mudah dalam membuatnya dengan menggunakan mesin pembuat es kering. Namun masih ini harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah.
  • Dalam membuat dry ice sangat disarankan menggunakan ruangan yang beraliran udara yang baik. Marena kandungan karbondioksida pada dry ice di ini sangat padat dan bisa berubah menjadi gas. Yang mana gas ini bisa mengusir oksigen di udara.
  •  Jangan sekali-kali memasang tutup pada wadah yang digunakan untuk menyimpan es kering, kkarena saat es krim menyublim gas akan dilepaskan di udara sehingga wadah tersebut akan mudah pecah jika ditutup rapat.
  • Untuk anak dibawah umur tidak disarankan untuk membuat es krim tanpa pengawasan orang tua. Agar lebih aman dalam membuat es kering, sangat disarankan untuk menggunakan sarung tangan kulit yang tebal ketika memegang es tersebut. Karena es kering yang menyentuh kulit secara langsung bisa menyebabkan radang dingin yang terasa sakit.

Itulah cara mudah membuat dry ice dari bahan yg sederhana serta tips-tips yang perlu kamu perhatikan. Dalam membuat dry ice itu gunakan peralatan yang tepat dan jangan sekali-kali memegang dry ice dengan tangan kosong. Semoga ulasan ini bermanfaat.

BACA JUGA! DAFTAR HARGA GELAS ICE CREAM SESUAI MODEL DAN UKURAN

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA