Cara Membuat Daftar Tabel Otomatis di Microsoft Word Dengan Mudah

0

Tabel merupakan kumpulan kotak yang terdiri dari baris dan kolom yang saling berkaitan. Tabel berfungsi untuk mempermudah kamu yang akan mengolah teks agar mudah dipahami dan tentunya  lebih enak dilihat. Bagi kamu yang ingin membuat data menjadi lebih singkat dan padat ini juga merupakan ide yang bagus.

Membuat tabel memang melelahkan. Memasukkan kembali tabel, menata kembali, itu sangat merepotkan dan menyita banyak waktu. Tentu alternatif harus dicari demi efisiensi waktu, dan tenaga kamu. tapi jangan khawatir. Ada fitur yang mungkin kamu lewatkan. Bagi kamu pengguna Ms. Word ada fitur penggunaan daftar tabel, daftar gambar dan dan daftar lampiran otomatis maupun manual.

Langkah Mudah Membuat Tabel di Ms Word


Untuk fitur manual ini memerlukan tenaga ekstra namun Fitur yang disiapkan Ms. Word yang otomatis ini dapat membantu kinerja kamu untuk lebih mudah. Siapa yang tidak ingin membuat kinerjanya lebih mudah. Nah, untuk kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat daftar tabel otomatis di Ms. Word untuk membantu kamu memaksimalkan fitur yang sudah disediakan. Ikuti langkah langkah dibawah ini untuk menyimak tips dan triknya.

  • Pertama, masuk pada aplikasi microsoft word yang kamu miliki. Klik tombol “all program” dan pilih microsoft office lalu pilih microsoft word. Bagi kamu yang sudah menggunakan sistem operasi terbaru windows langsung saja klik tombol search dan langsung ketikkan microsoft word. Tampilan lembar kerja akan terbuka. Dan kamu sudah siap untuk membuat tabel seperti yang kamu inginkan.
  • Kedua, buatlah sebuah tabel yang akan kamu gunakan untuk meng copy tabel yang akan kamu buat menjadi otomatis. Untuk membuat tabel yang kamu inginkan, kamu bisa membuat tabel seperti biasanya.Yakni dengan menekan tab “insert”yang berada pada bagian atas. Selanjutnya cari tulisan table.

Setelah menemukannya kamu bisa meng klik dan akan muncul pilihan yang dapat kamu pilih. Pilihan ini berupa kotak kotak yang berisi 8×8 tentukan berapa kolom yang ingin kamu tambahan dengan menyeret kursor kamu pada kotak tersebut. Kotak akan berubah menjadi warna orange menandakan kotak yang kamu pilih.

Jika kamu menginginkan kotak lebih banyak kamu dapat memilih insert table. Dan isikan pada tabel, berapa yang ingin kamu tambahkan. Setelah sudah kamu isi, tabel akan muncul sesuai dengan kotak yang sudah kamu pilih tadi. untuk kamu yang suka dengan tabel yang menarik.

Kamu bisa memodifikasi tabel yang sudah kamu buat dengan mengklik “design” yang terdapat pada bagian atas. Tidak hanya mempercantik penampilan tabel kamu, pada menu ini kamu juga bisa menambahkan baris dan kolom, menghapus baris dan kolom.

Untuk kamu yang ingin mengolah tampilan, kamu bisa mencobanya dan mencari yang kamu suka. Dan untuk masalah yang sering terjadi adalah bingung cara menambah dan mengurangi jumlah baris dan kolom. Disini kita akan membahas sedikit. Untuk menambahkan baris dan kolom kamu bisa mengarahkan kursor kamu ke arah tabel yang ingin kamu tambahkan di bagian pojok. Akan ada tanda (+) kamu dapat mengkliknya.

Dan tabelmu akan bertambah satu. Dan untuk menghapus baris dan kolom kamu bisa mengarahkan kursor kamu ke baris kolom yang ingin kamu hapus. Lalu kamu bisa menekan klik kanan dan pilih “delete cell”. Jika kamu sudah mengklik “delete cell” akan muncul kotak dialog  dan ada beberapa option. Kamu bisa memilih “delete entire row” klik, dan baris kolom yang ingin kamu hapus sudah terhapus.

  • Ketiga, setelah kamu membuat tabel yang kamu inginkan, langkah yang selanjutnya adalah membuat tabel menjadi mode otomatis menggunakan fitur insert table of figures. Untuk mengaktifkan fitur ini kamu bisa meng klik pada tabel yang sudah kamu buat sebelumnya. Setelah kamu mengklik tabel yang sudah kamu buat sebelumnya, akan muncul pilihan yang dapat kamu pilih. Pilih reference pada pojok kiri atas tabel.

Klik insert caption pada kotak pilihan. Disinilah kamu dapat memasukkan tabel otomatis kamu. pilih new label. Tulisan ini posisinya berada ditengah. Klik dan akan muncul tulisan untuk memberikan judul yang ingin kamu buat. lalu klik ok. Tabel yang kamu inginkan sudah otomatis muncul.

Setelah kamu membuat tabel otomatis dengan option pertama. Tentunya kamu masih dapat membuat tabel otomatis berikutnya. Sesuai dengan penjelasan diatas.

Nah, itulah trik yang dapat kamu ikuti untuk membuat tabel secara otomatis. Pekerjaan kamu akan lebih cepat selesai dan kamu tidak perlu capek capek membuat tabel secara manual. Itulah artikel yang dapat kami sajikan, semoga membantu kamu menambah informasi dan wawasan. Jangan lupa membagi pengetahuan kamu kepada orang lain.

BACA JUGA! Cara Membuat Undangan Melalui Ms. Word

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here