Cara Membuat Bolu Kukus Tanpa Air Soda

0

Bolu adalah kue lembut yang banyak disukai oleh masyarakat. Biasanya bolu kukus dihidangkan untuk acara-acara keluarga maupun sebagai cemilan di rumah. Biasanya untuk membuatnya mekar dan empuk, anda membutuhkan air soda dalam bahan pembuatannya. Namun kali ini, kita akan memberikan petunjuk cara membuat bolu kukus tanpa air soda.

Cara membuat bolu kukus tanpa air soda tidak akan mempengaruhi rasa maupun kemekarannya. Anda tidak perlu khawatir akan rasa kue yang bantet dan mengempis. Karena tanpa air soda pun bolu kukus yang satu ini akan tetap empuk dan mengembang.

Nah, penggunaan air soda dalam bolu kukus bisa diganti dengan susu atau santan. Agar mendapat hasil yang diinginkan, sebaiknya Anda memperhatikan cara membuat bolu kukus tanpa air soda berikut ini.

Bolu Kukus Tanpa Air Soda yang Enak dan Lembut

Untuk membuat bolu kukus estimasi waktunya adalah 90 menit. Dimana untuk 15 menit yang pertama adalah persiapan berupa bahan dan pengadukan adonan. Sedangkan sisanya adalah waktu memasak bolu kukus hingga matang. Selain itu, bolu kukus yang akan kita buat sebanyak 15 porsi.

Tips Persiapan Alat dan Bahan


  1. Langkah pertama yang harus dilakukan mempersiapkan alat untuk membuat kue. Dimana ada beberapa alat yang memang harus dimiliki, seperti kukusan, mixer, baskom, Loyang, cup kue. Peralatan tersebut harus Anda kumpulkan dan letakkan di tempat yang sama agar saat membuat adonan Anda tidak bingung kesana kemari mengambilnya.
  2. Setelah itu, ambil Loyang untuk muffin dan letakkan cup kue yang sudah dipersiapkan di atas Loyang. Lipat ke bagian bawah agar berat di bagian dalam.
  3. Ambil kukusan dan letakkan di atas kompor dengan api sedang. Lapisi tutup panci dengan kain bersih. Lapisan ini akan mencegah uap air jatuh di atas kue yang akan dikukus.
  4. Salah satu bahan membuat bolu kukus adalah air. Nah, penggunaan air tersebut bisa Anda ganti dengan santan atau susu cair. Bahan tersebut berfungsi untuk menggantikan penggunaan air soda. Sehingga tanpa air soda pu adonan tetap akan mengembang dan tidak bantet.

Bahan-bahan yang Harus Dipersiapkan


  • Telur 2 butir
  • Gula pasir ¼ kg
  • Pewarna makanan sesuai yang diinginkan
  • Tepung maizena 50 g
  • Sp/ pengembang sebanyak 1 sendok teh
  • 100 ml air (bisa pakai susu atau santan)
  • ¼ kg terigu
  • Garam dan vanilli secukupnya

Cara Membuat Bolu Kukus tanpa Soda


  1. Ambil baskom, masukkan telur, SP, gula pasir serta garam, campur dengan menggunakan mixer hingga mengembang. Agar lebih cepat mengembang Anda bisa menggunakan kecepatan tinggi. Pastikan Anda mengaduknya tidak kurang dari 10 menit agar adonan mengembang sempurna.
  2. Masukkan terigu sesuai takaran sedikit demi sedikit bersama tepung maizena sambil terus diaduk
  3. Tambahkan sedikit air sambil memperhatikan konsistensinya. Anda juga bisa menggunakan santan atau susu untuk pengganti air
  4. Aduk kembali menggunakan mixer dengan kecepatan sedang agar adonan tidak tercecer. Setelah tercampur rata, ambil Loyang yang sudah diberi cup kue kertas dan masukkan adonan ke dalam wadah tersebut sedikit demi sedikit
  5. Tarik garis tegak lurus di atas adonan agar dapat mekar seperti bunga
  6. Letakkan adonan bolu kukus ke dalam kukusan yang telah panas lalu kunci kukusan tersebut dengan tutup yang sudah dilapisi kain bersih, dan tunggu hingga 30 menit
  7. Apabila kue sudah mengembang sempurna maka segera angkat dari kukusan
  8. Kue siap disajikan untuk keluarga

Kenapa Tidak Mekar?


Cara membuat bolu kukus tanpa air soda harus memperhatikan takaran bahan yang sudah kami rinci seperti di atas. Apa salahnya berkreasi di rumah dengan membuat bolu kukus yang simple dan enak. Anda bisa membuat kue yang satu ini dengan jumlah tertentu, dimana takaran bahan yang digunakan bisa jadi lebih sedikit atau lebih banyak.

Selain itu, salah satu hal yang terkadang dilewatkan dan bisa menyebabkan bolu kukus tidak mekar adalah kukusan yang kurang panas. Oleh sebab itu, pastikan kukusan benar-benar panas sebelum memasukkan adonan ke dalamnya. Salah satu kukusan siap untuk dimasuki adonan adalah munculnya uap panas dari air yang mendidih. Apabila saat dikukus uap panas kurang, bolu yang anda buat pasti akan bantet.

Ketika memasukkan adonan bolu kukus ke dalam kukusan jangan terlalu banyak. Karena hal itu menjadi salah satu penyebab bolu kukus tidak mekar. Pastikan ada jarak dalam kukusan tersebut.

BACA JUGA!

Cara Membuat Bakso Ikan yang Enak