Cara Membuat Barcode Lokasi Melalui Android

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Source: Pageloot
Daftar Topik

Teknologi memang selalu menjadi salah satu garda paling depan yang mempengaruhi dunia manusia. Munculnya teknologi memiliki dampak negatif dan juga positif. Dampak positif yang dimiliki dari kemunculan teknologi sangat besar. Karena hal tersebut, masyarakat di seluruh dunia menggunakan teknologi untuk membantu aktivitasnya menjadi mudah. Kemudian yang saat ini tengah trending dari penggunaan teknologi yaitu membuat barcode lokasi.

Barcode lokasi dapat dibuat melalui platform android. Barcode lokasi berguna untuk menampilkan lokasi yang ditunjukkan. Cara ini memang dinilai lebih mudah, dari pada harus menampilkan alamat secara rinci. Karena dengan barcode lokasi, maka alamat akan tercantum beserta dengan petunjuk arah yang dimiliki.

Cara Membuat Barcode Lokasi Melalui Android

Melakukan Penginstalan pada Aplikasi Barcode Generator


Source: Pageloot

Proses pembuatan barcode tidak bisa langsung dilakukan melalui hp, tetapi Anda bisa menggunakan aplikasi yang bisa di download secara langsung melalui play store yaitu barcode generator. Barcode generator merupakan suatu aplikasi yang bisa digunakan atau melayani dalam pembuatan segala bentuk barcode untuk keperluan apa saja. Cara menggunakan aplikasi tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Melakukan penginstalan pada aplikasi yang digunakan untuk membuat barcode yaitu Barcode generator. Dalam hal ini Anda tidak perlu khawatir karena ukuran yang dimiliki hanya 2 MB saja.
  2. Setelah terinstal dan selesai, maka Anda bisa langsung membuka google maps. Karena hal tersebut melibatkan google maps.
  3. Selanjutnya pada google maps, Anda bisa memilih lokasi yang diinginkan untuk dibuatkan barcode. Setelah terpilih, lalu tekan share.
  4. Kemudian akan muncul suatu kotak dialog yang didalamnya terdapat pilihan aplikasi barcode. Klik barcode generator dan tunggu dahulu beberapa saat. Selanjutnya barcode akan muncul dan sudah dapat digunakan untuk memindai suatu alamat.

Langkah tersebut masih tergolong pada langkah yang mudah dalam upaya membuat barcode untuk alamat di android.

Pembuatan Barcode Melalui Browser Secara Langsung


Source: Scanova

Selain hal tersebut, Anda bisa membuat barcode dengan menggunakan browser. Penggunaan browser sebagai alat pembuat barcode menjadikan Anda tidak harus menginstall aplikasi tertentu. Berikut merupakan langkah yang bisa digunakan jika akan membuat barcode melalui browser yang bisa dilakukan langsung.

  1. Bagi Anda yang di smartphone memiliki browser, maka bisa langsung menggunakannya untuk membuat barcode alamat. Karena google maps sendiri ternyata juga turut menyediakan suatu situs yang bisa dibuka pada browser dan digunakan untuk membuat alamat.
  2. Buka terlebih dahulu browser kemudian kunjungi halaman google, selanjutnya Anda bisa langsung membuka maps yang ada pada halaman tersebut.
  3. Maka akan muncul suatu kolom atau kotak yang digunakan sebagai pencarian. Pada pencarian tersebut, Anda bisa mencari lokasi yang diinginkan yang akan dibuat menjadi barcode. Kemudian Anda bisa memilih bagikan.
  4. Setelah itu, Anda akan menemukan link tertentu yang digunakan untuk membuat tahapan dalam pembuatan barcode. Selanjutnya untuk membuat barcode adalah dengan mengklik salin link.
  5. Saat link telah tersalin, Anda bisa membuka browser. Browser dalam hal ini akan digunakan untuk membuat barcode alamat tersebut. Caranya yaitu dengan salin link pada pencarian browser. Pada saat menyalin link, bisa dengan menambahkan .qr yang diletakkan di belakang dari link.
  6. Tunggu beberapa saat, maka akan tampil kode QR.
  7. Untuk mengcopy nya Anda bisa langsung melakukan screenshot secara langsung.

Scan Barcode Alamat pada HP


Source: Gadgetren

Pada saat barcode telah jadi, maka Anda bisa mencoba terlebih dahulu dengan melakukan scan barcode menggunakan hp sendiri. Apabila pada smartphone Anda telah tersedia aplikasi scanning sendiri, maka bisa langsung digunakan. Tetapi jika tidak memiliki, maka bisa melakukan penginstalan pada aplikasi pihak ketiga seperti berikut ini.

  1. Lakukan penginstalan pada aplikasi QR dan Barcode Scanner
  2. Kemudian pada saat membuka aplikasi yang telah terinstal tersebut, maka akan ditunjukkan pada arah kamera. Anda bisa melakukan klik pada Izinkan untuk memulai kamera dalam memindai barcode.
  3. Kemudian layar scanner akan muncul, kemudian arahkan hp pada barcode yang telah disediakan dan dibuat sebelumnya.
  4. Setelah terscan dengan benar, maka selanjutnya akan muncul suatu link tertentu.
  5. Link tersebut yang nantinya bisa dibuka dan digunakan untuk mengakses alamat yang dibuat dalam bentuk barcode.

Dengan demikian, Anda tidak perlu bingung lagi jika ingin membuat barcode lokasi. Karena apabila langkah yang diikuti tepat, maka barcode akan jadi. Gunakan barcode lokasi pada saat-saat tertentu saja. Misalkan, pada saat menyebar undangan perkawinan dan sebagainya.

Barcode lokasi akan langsung menunjukkan jalan yang harus dituju untuk mencapai lokasi yang ditentukan. Kedua cara tersebut bisa digunakan secara langsung dan sama-sama memiliki tujuan yang sama dalam pembuatan barcode alamat di Android.

BACA JUGA!

6 Aplikasi Kasir Gratis untuk PC

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP