Rekomendasi Cara Membesarkan Baju yang Kekecilan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
(7) Mengubah kemeja menjadi rompi cara membesarkan baju yang kekecilan
Daftar Topik

Cara membesarkan baju yang kekecilan. Acap kali kita dihadapkan dengan beberapa permasalahan fashion items, mulai dari baju yang terkena luntur, pakaian kedodoran, hingga baju yang kekecilan. Solusi untuk pakaian yang kebesaran bisa diakali dengan memotong beberapa bagian dan menjahitnya kembali. Namun, bagaimana solusi jika pakaianmu kekecilan? Apalagi baju itu adalah fesyen favoritmu yang sangat sayang untuk nggak dipakai lagi. Nah, kamu nggak perlu bingung ataupun khawatir lagi, nih. Berikut ada beberapa cara yang sangat recommended untuk membesarkan dan mempermak pakaian mu yang kekecilan menjadi fashion items yang lebih trendi dan unik. Yuk, check it out!

Rekomendasi Cara Membesarkan Baju yang Kekecilan

  • Menggunakan conditioner untuk membesarkan baju

(1) Menggunakan conditioner untuk membesarkan baju

Siapa sangka selain digunakan sebagai produk perawatan rambut, conditioner juga mempunyai segudang manfaat, lho. Salah satunya untuk membesarkan baju yang kekecilan. Hal ini dikarenakan ada beberapa kandungan dalam conditioner yang menyebabkan serat kain menjadi lebih kendur dan lentur. Bagi kamu yang penasaran caranya bagaimana, yuk simak penjelasan berikut:

  1. Rendam bajumu yang kekecilan selama setengah jam dalam campuran 1 sendok makan conditioner dan 1 liter air hangat.
  2. Selanjutnya, peras baju dan jangan dibilas dengan air bersih. Biarkan sisa – sisa conditioner tertinggal pada serat pakaian.
  3. Siapkan 2 handuk.
  4. Gulung baju yang sudah diperas tadi ke dalam handuk pertama dan diamkan selama 10 menit sampai semua air terserap.
  5. Saat bajumu menjadi lembab, rentangkan baju tersebut pada handuk yang masih kering.
  6. Tariklah baju ke sisi handuk dan jepit pada bagian ujungnya.
  7. Terakhir, jemurlah baju bersama handuknya hingga kering.

Sangat mudah bukan? 

  • Memindahkan kancing agar pakaian tetap bisa digunakan

(2) Memindahkan kancing agar pakaian tetap bisa digunakan

Saat berat badanmu naik dan susah untuk menurunkannya kembali pasti membuat pakaianmu tidak muat bukan? Salah satunya celana jeans. Agar celana tersebut masih bisa digunakan, kamu dapat mengakalinya dengan memindahkan kancing. Cara ini digunakan jika bagian perut atau pinggang mu saja yang tidak muat ya.

  • Permak kaos menjadi tank top trendy

(3) Permak kaos menjadi tank top trendy

Kaos kamu yang kekecilan dan masih terlihat bagus bisa disulap menjadi tank top, lho. Sehingga baju kesayanganmu masih bisa dipakai kembali tanpa menyimpannya atau menyumbangkannya ke orang lain. Caranya tinggal menggunting bagian lengan kaos. Agar terlihat lebih trendi, kamu bisa menambahkan aksesoris lainnya.

  • Memotong celana jeans menjadi hot pants

(4) Memotong celana jeans menjadi hot pants

Eits, kalau kamu punya celana jeans yang kekecilan jangan langsung disimpan dalam gudang ya. Kamu bisa menyulapnya menjadi hot pants yang lucu. Caranya sangat mudah nih, kamu hanya cukup memotong bagian bawah jeans sebanyak tiga perempat ataupun sesuai selera. Agar bagian celana yang dipotong lebih rapi, kamu bisa menjahit pinggirannya ke tukang permak atau penjahit. Bagi kamu yang suka dengan gaya unik, bisa membiarkan bagian fringe pada bekas potongan tersebut.

  • Menyulap kaos lama menjadi tote bag

(5) Menyulap kaos lama menjadi tote bag cara membesarkan baju yang kekecilan

Selain menjadi tank top, kaosmu yang kekecilan juga bisa disulap menjadi tote bag, lho. Cara yang bisa kamu lakukan pertama adalah menggunting bagian leher dan lengan kaos. Selanjutnya, menggunting bagian bawah kaos menjadi rumbai – rumbai. Nah, rumbai yang sudah dipotong tadi bisa diikat satu per satu hingga bagian bawahnya tertutup. Sangat mudah, bukan? 

  • Menjahit tambahan bahan pada bagian samping atau belakang baju

(6) Menjahit tambahan bahan pada bagian samping atau belakang baju cara membesarkan baju yang kekecilan

Kalau kamu masih ingin menggunakan pakaian atasmu yang kekecilan tanpa menyulapnya menjadi fashion items lain, kamu juga bisa menambahkan kain pada atasan tersebut. Pertama – tama, kamu cukup menggunting bagian samping kiri dan kanan atau bagian belakang baju. Lalu, ukur kain tambahan yang diperlukan dan jahit dengan rapi. Kalau kamu malas untuk menjahitnya sendiri, tinggal bawa saja baju tersebut ke tukang jahit, ya.

  • Mengubah kemeja menjadi rompi

(7) Mengubah kemeja menjadi rompi cara membesarkan baju yang kekecilan

Kemeja mu yang kekecilan pun juga bisa disiasati menjadi fashion items lain, salah satunya rompi. Kamu cukup memotong bagian lengannya saja. Cara ini bisa kamu gunakan untuk koleksi kemeja yang berbahan tebal ataupun jeans. Apabila kemejamu sudah tidak bisa dikancing lagi, kamu bisa membiarkannya terbuka saja dengan menggunakan kaos atau tanktop di dalamnya. Gaya seperti ini akan membuat tampilan mu lebih modis dan casual, lho.

  • Menambahkan renda pada pakaian

(8) Menambahkan renda pada pakaian cara membesarkan baju yang kekecilan

Cara satu ini bisa menguji kreativitasmu, nih. Selain digunakan sebagai aksesoris pada pakaian, renda juga bisa digunakan untuk memperbesar baju mu yang kekecilan. Selain itu, penambahan renda ini juga akan membuat tampilan mu menjadi lebih elegant, formal, dan chic. Caranya juga terbilang mudah. Kamu cukup memotong bagian kiri dan kanan baju dari bawah lengan hingga ujung bawah. Kemudian, ukur panjang renda yang dibutuhkan untuk memperbesar pakaianmu. Setelah itu, potong renda dan jahit pada bagian kiri dan kanan baju. Pemilihan renda yang digunakan bisa disesuaikan dengan selera mu ya. Dijamin deh, pasti tampilanmu akan terlihat semakin modis dengan renda tersebut.

  • Menyulap celana menjadi rok

(9) Menyulap celana menjadi rok

Celana pendek olahraga atau trainer shorts-mu yang kekecilan bisa disulap menjadi rok, lho. Bentuk rok yang dihasilkan nantinya akan terasa lebih fit body dan loose dibandingkan harus tetap memaksa menggunakannya. Penasaran caranya bagaimana? Kamu cukup membuka jahitan pada area selangkangan atau bawah celana. Lalu, sambungkan bagian bawah celana dengan menjahitnya. Agar lebih rapi, kamu bisa menggunakan mesin jahit ya. 

  • Mengganti seluruh bagian belakang baju

(10) Mengganti seluruh bagian belakang baju

Selain beberapa cara di atas, kamu juga bisa menggunakan cara satu ini, yaitu dengan mengganti seluruh bagian belakang baju. Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah dengan membuka jahitan baju bagian belakang, lalu ukur kain yang akan digunakan. Setelah itu, jahit kain tersebut dengan menggunakan mesin jahit agar terlihat lebih rapi.

Sekarang kamu nggak usah bingung lagi bagaimana cara membesarkan baju yang kekecilan. Kamu bisa menggunakan beberapa cara di atas. Selamat mencoba

Baca juga:

8 Cara Menghilangkan Luntur pada Baju Berwarna

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP