Home Editor's Choice Sports /Hobi /Otomotif Cara Membersihkan Lampu Mobil

Cara Membersihkan Lampu Mobil

0
Cara Membersihkan Lampu Mobil

Pasti kamu risih jika melihat lampu mobil kamu buram. Kamu bisa-bisa tidak percaya diri saat bepergian menggunakan mobil kamu yang memiliki lampu buram. Lampu mobil yang buram biasanya di sebabkan oleh pencucian mika penutup lampu mobil yang tidak benar. Pencucian mika lampu mobil tidak sama dengan pencucian kaca mobil seperti biasa.

Banyak pengguna mobil yang membersihkan mika penutup kaca mobil hanya dengan air sabun dan lap bersih seperti biasa, padahal membersihkan dengan cara itu, malah bisa meninggalkan sisa-sisa pembersihan yang nantinya akan membuat kaca mobil menjadi nampak buram.

Sekarang, kamu tidak perlu bingung dan membawa mobil kamu ke pencucian mobil, hanya untuk membersihkan mika lampu mobil. Kamu bisa mencobanya sendiri di rumah yang pastinya akan memberikan hasil sama seperti saat kamu ke pencucian mobil.

Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan cara berikut ini agar mika penutup lampu mobil mu menjadi kinclong dan tentunya mengkilap,

Cara Membersihkan Lampu Mobil

Tahap Persiapan


Pada tahap persiapan ini, kamu harus mengetahui alat-alat yang akan kamu gunakan untuk membersihkan mika penutup lampu mobil. Alat-alat ini sangat di perlukan, karena pembersihan mika peutup lampu mobil itu susah-susah gampang.

Siapkan lap bersih yang memiliki permukaan rata dan halus, hal tersebut bertujuan agar tidak terjadi goresan atau baretan terhadap mika penutup lampu mobil yang akan kamu bersihkan. Selanjutnya siapkan cairan pembersih, dalam hal ini kamu bisa menggunakan car wax yang bisa kamu peroleh di toko-toko terdekat.

Kemudian kamu bisa menyiapkan air sabun dan juga amplas. Amplas dalam hal ini, bertujuan agar kamu bisa dengan mudah menghaluskan permukaan yang kasar. Sehingga, kamu bisa membersihkan mika penutup lampu mobil dengan mudah dan cepat.

Pencucian


Pada tahap ini, kamu harus benar-benar memperhatikan bagaimana pencucian mika lampu mobil yang benar. Karena pada tahap inilah yang menentukan apakah hasil dari kamu mencuci mika lampu mobil menjadikan mika lampu mobil menjadi kinclong atau malah sebaliknya menjadi buram dan buruk.

Pertama, kamu bisa memulai dengan cara membersihkan mika lampu menggunakan kain lap atau sikat terlebih dahulu. Hal tersebut bertujuan agar mika lampu mobil bebas dari noda dan kotoran-kotoran dalam bentuk kering ataupun basah.

Pada saat kamu membersihkan permukaan mika dengan air sabun dan ternyata masih terdapat noda atau kotoran yang menempel, maka hasilnya bukan menjadi baik tapi malah menjadikan mika lebih buran dan buruk.

Kedua, kamu bisa mengoleskan cairan pembersih atau car wax pada mika. Kemudian kamu bisa memulai menggosok-gosok mika menggunakan kain lap yang bersih dengan gerakan memutar. Teruslah menggosok sampai bersih dan sampai mika terlihat bening tau kinclong. Dalam menggosok mika, kamu bisa melakukan dengan sekuat tenaga. Tunggulah sampai benar-benar mengering.

Gerakan memutar pada saat membersihkan mika lampu mobil bertujuan agar, mika noda kotoran dan noda sisa pembersih bisa terpusat pada satu titik. Sehingga kamu lebih mudah dalam melakukan pengangkatan sisa noda tersebut.  Apabila kamu mengelap dengan gerakan kanan kiri kanan kiri, maka noda sisa pembersihan akan kemana-mana dan pastinya tidak efektif.

Apabila telah mengering, kamu bisa menggosoknya kembali dengan kain bersih sampai benar-benar kinclong.

Apabila terddapat baretan atau goresan pada mika, kamu bisa menghilangkannya menggunakan amplas yanbg diberi sedikit cairan alkohon beserta air, gosoklah sampai baretan dan goresan benar-benar tidak terlihat.

Apabila mika penutup lampu mobil ternyata menguning atau memiliki noda kuning yang sangat sulit dibersihkan. Kamu bisa membersihkannya dengan menggunakan pasta gigi kemudian kamu bisa menggosoknya dengan sikat gigi. Kamu bisa menambahkan sedikit air akan lebih mudah saat membersihkan. Kamu bisa membersihkan dengan kain lap yang bersih. Setelah selesai, tunggulah hingga mengering.

Ketiga, setelah semua proses pembersihan mika penutup lampu mobil sudah selesai, kamu bisa memperhatikan baik-baik mika, apakah sudah benar-benar bersih atau kinclong atau apakah masih terdapat noda yang menempel. Apabila setelah kamu cek, ternyata kamu masih kurang yakin, kamu bisa mencoba dengan menyalakan lampu mobil sehingga nanti akan terlihat apakah masih terdapat noda atau goresan pada mika penutup lampu mobil.

Kamu bisa mengikuti petunjuk tersebut agar kamu bisa menghilangkan noda buram pada lampu mobilmu. Apabila kamu kurang puas, kamu bisa membersihkannya lagi dengan mengulangi langkah-langkah tersebut.

Itulah sedikit ulasan mengenai cara membersihkan mika lampu mobil yang tepat agar tidak buram. Selain cara pembersihan yang salah, penyebab buramnya mika penutup lampu mobil adalah seringnya mobil terkena cahaya panas matahari sehingga lampu mobil menjadi buaram atau menguning.

Sekarang, kamu tidak perlu bingung untuk membersihkannya. Kamu bisa mencoba cara-cara seperti di atas. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA! 5 MERK PENGHILANG BARET MOBIL YANG BAGUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here