Cara Membersihkan Emas Putih Agar Lebih Kinclong  

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
1311-emas putih
Daftar Topik

Kamu punya emas putih di rumah tapi tidak percaya diri memakainya karena terlihat kusam? Sebenarnya membersihkan emas putih jauh lebih mudah dibandingkan membersihkan emas kuning. Emas putih biasanya memiliki desain yang lebih simple dibandingkan dengan emas kuning karena pemiliknya kebanyakan anak muda hingga orang dewasa yang suka dengan motif unik serta simple.

Pada artikel ini akan diberi tips membersihkan emas putih agar lebih kinclong secara lengkap dengan cara melakukan perawatannya.

Cara Membersihkan Emas Putih

Bentuk nyata emas putih yang biasa digunakan oleh masyarakat adalah cincin dan gelang. Meskipun banyak model kalung serta bandul dari emas putih, masyarakat lebih banyak menggemari model cincin dan gelangnya. Supaya emas putihmu yang ada di rumah selalu terlihat apik dan menarik, berikut ini adalah tips membersihkan emas putih agar lebih kinclong!

  1. Menggunakan Sabun Cuci Piring

Langkah pertama yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan emas putih supaya terlihat kinclong adalah dengan bantuan sabun cuci piring. Setelah meneteskan beberapa tetes sabun cair cuci piring, rendam cincinnya di dalam air tersebut hingga 15 menit lamanya. Setelah 15 menit, angkat cincin dan gosok perlahan pada kain bersih.

Apabila desain cincin memiliki celah-celah, kamu bisa membersihkan bagian celah tersebut menggunakan sikat gigi yang memiliki ujung lembut. Apabila sudah bersih, bilas cincin dengan menggunakan air hangat supaya sisa sabun bisa luntur semuanya.

  1. Menggunakan Pasta Gigi

Selain menggunakan sabun cuci piring, kamu juga bisa memanfaatkan pasta gigi yang ada di rumah untuk membersihkan emas putih. Dalam membersihkan emas atau perak, bahan dari pasta gigi jauh lebih baik daripada sabun cuci piring.

Cara menggunakan bahan ini adalah dengan mencampurkan sedikit pasta gigi menggunakan air dan memasukkan cincin atau perhiasan emas putih ke dalam mangkok.

  1. Menggunakan Tempelan

Cara terakhir membersihkan emas putih agar lebih kinclong adalah dengan melakukan tempelan. aksud dari tempelan adalah dengan mengelem kembali bagian permata yang digunakan. Pada dasarnya, perhiasan yang memiliki batu permata menggunakan lem untuk menempelkan batu tersebut.

Cara Merawat Emas Putih

Karena harga emas yang semakin hari semakin mahal membuat pemiliknya menjadi selalu berjaga-jaga dan melakukan perawatan ekstra supaya emas tersebut tetap kinclong. Sebenarnya ada banyak sekali cara yang dilakukan supaya emas tetap kinclong tanpa harus melakukan treatment khusus. Contohnya adalah dengan mengusapkan sebagian dari emas secara rutin.

Pada emas asli, warna yang dihasilkan tidak akan pudar meskipun telah digosok berkali-kali. Nah, berikut ini ada beberapa tips untuk merawat emas putih supaya terlihat selalu kinclong.

  1. Menggunakan Kain Khusus untuk Menggosok Bagian Emas

Tips merawat emas putih yang pertama adalah dengan menggosok bagian emas pada kain khusus secara rutin. Beberapa orang menggunakan bahan abrasif untuk membersihkan emas, namun lebih mudah lagi apabila menggunakan kain cotton atau kapas supaya lebih mudah.

  1. Menyimpan Emas pada Silica Gel

Cara merawat emas selanjutnya adalah dengan menyimpannya pada silica gel. Biasanya, silica gel mudah ditemukan pada supermarket dan minimarket. Menyimpan emas pada silica gel bisa menjaga kehalusan dari emas itu sendiri.

  1. Melakukan Service secara Berkala

Tidak jarang banyak sekali masyarakat terutama ibu-ibu yang suka melakukan penyepuhan emas. Penyepuhan emas adalah sebuah treatment untuk menjaga kekinclongan emas itu sendiri. Apabila emas sudah tergores, maka kamu harus langsung membawanya ke tukang service atau tukang sepuh emas supaya tidak susut.

Kelebihan Emas Putih

Jenis emas pada umumnya terdapat dua macam, yaitu emas putih dan emas kuning. Kedua jenis emas tersebut pada dasarnya sama karena terbuat dari emas. Namun masing-masing dari dua barang tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan. Nah, berikut ini adalah kelebihan dari emas putih yang harus kamu ketahui.

  1. Emas putih memiliki kadar logam yang lebih kuat dibandingkan dengan emas kuning. Karena hal tersebutlah menjadikan emas putih lebih tahan lama atau awet dibandingkan dengan emas kuning.
  2. Emas putih memiliki berbagai bentuk yang menarik dan lebih variatif. Hal tersebut dikarenakan emas putih memiliki tekstur yang lebih ringan dan mudah dibentuk.
  3. Dari segi harga, emas putih jauh lebih murah dibandingkan dengan emas kuning.
  4. Emas putih lebih banyak digunakan pada perhiasan berlian karena bisa mendukung berlian supaya terlihat lebih bersinar.
  5. Emas putih bisa dibilang emas modern yang biasa digunakan oleh ibu-ibu sosialita karena bentuknya sangat kekinian.

Begitulah sedikit informasi mengenai cara membersihkan emas putih agar lebih kinclong lengkap dengan kelebihan dan cara perawatannya. Jadi, kamu sudah tidak bingung lagi bukan ketika akan membeli emas?

BACA JUGA! APA PERBEDAAN MAHAR DAN MAS KAWIN? INI PENJELASAN LENGKAPNYA!

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA