Cara Membandingkan Data di Excel dengan Vlookup

0
21920 Vlookup WallStreetMojo
Source: WallStreetMojo

Cara Membandingkan Data di Excel dengan Vlookup – Excel merupakan aplikasi yang biasa digunakan dalam proses membandingkan data ataupun statistik. Selain itu ada fungsi dalam excel yang bertugas untuk mencocokkan atau mengkomparasi data yang ada. Tentunya jika kita berbicara tentang membandingkan data, akan selalu berhubungan dengan jumlah data tersebut.

Sebenarnya, apa fungsi dari membandingkan data tersebut? Yaitu untuk mengecek apakah semua data berhasil terekam. Nah untuk itu kali ini kita akan mencoba membandingkan data di excel dengan vlookup. Konsep kerja vlookup ini adalah membandingkan dua data dengan kata kunci sebagai penghubung.

Kita akan menggunakan fungsi rumus VLOOKUP() yang mana berfungsi untuk mengambil data dengan nilai kata kunci. Sedangkan apabila tidak ditemukan data yang sesuai dengan kata kunci tersebut akan muncul sebuah pemberitahuan seperti #N/A (not available)

Lalu, bagaimana cara menggunakan fungsi vlookup untuk membandingkan data tersebut. Kami akan memberikan langkah-langkah yang harus Anda lakukan sebagai berikut:

Membandingkan Data dengan Vlookup

Pada umumnya untuk menggunakan fungsi vlookup terdapat kegiatan inti yaitu membandingkan, sedangkan lainnya merupakan pendukung.

  • Buka dokumen pertama, selanjutnya tentukan kata kunci yang akan digunakan untuk membandingkan atau menghubungkan, Anda bisa menggunakan nomor register sebagai penghubung
  • Bukalah dokumen yang kedua dan salin data yang paling penting, terutama yang memuat kata kunci
  • Setelah kedua data berhasil dibuka, saat inilah fungsi VLOOKUP bisa dijalankan

Untuk memudahkan, letakkan hasil salinan dokumen pertama dan kedua ke dalam satu excel namun beda sheet.

1. Buka Dokumen Utama dan Pembanding


21920 ExcelDokumen utama merupakan sumber yang akan kita cari hasilnya, dan disinilah kunci data berasal. Sedangkan untuk dokumen pembanding hanya akan dibaca secara berulang oleh excel, sebanyak dokumen atau data utama

Sehingga untuk membandingkan data tersebut letakkan dokumen pada sheet yang berbeda. Anda juga bisa memberi nama sheet secara berbeda, misalnya dengan nama “data utama” untuk dokumen pertama, dan nama “pembanding” untuk data table. Pada fase ini dokumen utama merupakan patokan

2. Perintah VLOOKUP


21920 Vlookup WallStreetMojo
Source: WallStreetMojo

Beri [perintah VLOOKUP untuk data utama agar dapat diketahui manakah data yang belum terekam. Untuk format asli Vlookup adalah

=VLOOKUP(lookup-value; table_array;col_index_num; [range_lookup]

Sedangkan untuk format hasil adaptasi adalah

=VLOOKUP(cel-kata-kunci;range-data-tabel; betul-nilai-kolom;salah)

Kata kunci yang digunakan adalah NOREG atau baris pertama pada data utama, ini akan menjadi nila yang akan di vlookup. Proses yang satu akan diterapkan pada data yang ada dalam setiap baris menggunakan fungsi copas.

Table array yang terletak pada sheets dengan nama “pembanding” akan dibuat sebagai pembanding. Sehingga semua data yang ada pada sheet tersebut akan dibaca secara keseluruhan oleh excel dengan fungsi vlookup ini.

Pada format VLOOKUP di atas terdapat format Col_index_num, nah format tersebut akan saya ganti menjadi “betul_nilai_kolom, yang dimaksudkan untuk mengambil isi yang ditemukan. Perhitungan ini akan dimulai urut 1, 2, 3, dst.

Saya akan membuat data dengan 3 kolom yang ada dalam sheet pembanding, yaitu kolom B diisi dengan NOREG, kolom kedua berisi nama, dan kolom ketiga atau C berisi status. Selanjutnya kata kunci dari data tersebut adalah kolom B, oleh sebab itu data yang masuk ke dalam kolom B akan dibandingkan dengan Noreg yang ada dalam sheet data utama.

Untuk langkah secara rinci adalah sebagai berikut

  • Masuk ke data utama dan klik pada kolom yang ada di data pertama atau yang akan kita bandingkan
  • Tuliskan pada kolom tersebut =VLOOKUP
  • Setelah itu berikan tanda kurung buka (
  • Bawa kursor menuju data nama peserta yang ada di baris pertama, sejajar dengan tulisan vlookup tersebut
  • Lanjutkan dengan mengetik tanda semicolon (;)
  • Masuklah ke sheet pembanding dan arahkan kursor pada data pertama noreg
  • Tekan pada keyboard Anda tombol Shift dan blok sampai pada kolom status, lalu tekan End (proses ini dilakukan untuk membuat range_table
  • Kembali ke sheet data utama, ketik tanda semicolon (;) kemudian tulis 3, lalu semicolon lagi
  • Selanjutnya pada format range_lookup isi dengan FALSE
  • Tutup kurung

Setelah itu Anda bisa menekan tombol Enter dan hasil yang Anda inginkan akan keluar. Apabila ada data yang terlewat atau tidak berhasil ditemukan, maka akan muncul tulisan #NA

Bagaimana? Untuk lebih memahaminya Anda memerlukan praktek secara langsung, karena apabila hanya melihat tanpa praktek akan sulit untuk memahaminya. Membandingkan data di excel menggunakan VLOOKUP memang sedikit rumit bagi mereka yang baru mengetahui fungsi ini.

Excel adalah aplikasi yang memiliki banyak kegunaan, beberapa diantaranya adalah membandingkan data, menghitung nominal angka, menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan matematika, dan sebagainya. Anda bisa mengetahui banyak fungsi excel lainnya dengan banyak membaca.

BACA JUGA!

Contoh dan Cara Menggunakan Rumus Excel IF