Cara Membagi Bandwidth Indihome Tanpa Mikrotik

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
1810-indihome1
Daftar Topik

Pada ulasan artikel kali ini akan dibahas mengenai cara membagi bandwidth indihome tanpa mikrotik. Untuk membagi bandwidth indihome tanpa mikrotik ini bisa menggunakan aplikasi pembagi bandwidth alternatif mikrotik. Nah, pada ulasan kali ini software manajemen bandwidth yang akan dibahas sanggup untuk dimanfaatkan membagi bandwidth hotspot WiFi. Dengan beberapa software ini, sanggup dimanfaatkan untuk mengatur bandwidth berbasis jaenteng LAN seperti, Warnet, Game Online, ataupun jaenteng internet yang lain. Pastinya dengan cara setting bandwidth yang lebih simpel dan sederhana untuk dilakukan. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai cara membagi bandwidth indihome tanpa mikrotik, simak ulasannya berikut ini.

Sekilas Mengenai Bandwith

Sebelum membahas mengenai cara-cara membagi bandwidth indihome tanpa mikrotik, alangkah baiknya jika kamu mengetahui apa itu bandwidth. Bandwidth merupakan nilai konsumsi transfer data yang dihitung dalam bit atau detik antara server  dan client dalam waktu tertentu, dengan kata lain disebut dengan bit per second atau BPS. Bandwidth juga didefinisikan sebagai lebar cakupan frekuensi. Jika disimpulkan bandwidth ini akan mensugesti tingkat kecepatan lalu lintas data atau kecepatan saluran internet yang diterima.

Tentu saja dalam sebuah jaenteng internet,  sangat identik dengan duduk masalah yang berafiliasi dengan bandwidth. Yang mana besar kecilnya ukuran bandwidth ini sangat berpengaruh terhadap tingkat kecepatan serta lintas transfer data. Bagi pengguna internet personal mungkin urusan bandwidth ini tidak terlalu dipermasalahkan, apalagi hingga berpikir untuk membagi bandwidth pada yang lain. Namun bagi seseorang yang menggunakan bandwidth untuk Sharing koneksi internet atau bandwidth yang digunakan pengguna internet secara bantu -membantu seperti warnet, cafe, kantor dan lain sebagainya pasti kamu bisa membayangkan betapa lambatnya kecepatan internet yang digunakan untuk bersama-sama.

Yang menjadi permasalahan yang cukup serius yaitu jika share sebuah koneksi internet tanpa adanya manajemen bandwidth yang benar. Maka dari itu sangat diperlukan pengaturan bandwidth agar share koneksi internet ini bisa tetap stabil dan bisa digunakan oleh banyak orang dalam waktu yang bersamaan dengan lancar.

Teknik Membagi Bandwidth Tanpa Software

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membagi Bandwidth, salah satu cara yang bisa kamu lakukan yaitu mengatur bandwidth dengan menggunakan mikrotik atau mengatur bandwidth menggunakan squid proxy. Kamu juga bisa menggunakan software pembagi bandwidth, namun kamu juga perlu membatasi bandwidth wifi pada jaenteng Komputer LAN. Caranya sangat mudah yaitu membagi bandwidth tanpa software. Dengan memanfaatkan akomodasi limit bandwidth yang ada pada sistem operasi Windows, sehingga sangat mudah untuk dilakukan.

Langsung saja berikut ini cara mengatasi permasalahan dalam pengaturan Bandwidth melalui beberapa software pembagi bandwidth, sebagai pengganti mikrotik.

  • P2POver – Mengatur Bandwidth Wifi / LAN

P2pover merupakan software yang bisa kamu gunakan untuk membagi bandwidth secara gratis 100%. Software ini tidak hanya bisa kamu gunakan untuk membagi bandwidth LAN. Namun software ini juga bisa kamu gunakan untuk mengatur bandwidth WiFi.

Dari sekian banyak software yang bisa kamu gunakan untuk membagi bandwidth internet gratis, software p2pover ini merupakan aplikasi terbaik yang bisa mengatur bandwidth WiFi hotspot ataupun warnet.

  • SoftPerfect Bandwidth Manager – Membatasi Bandwidth Internet

Software Softperfect bandwidth Manager ini  merupakan software yang bisa kamu gunakan untuk membagi bandwidth Powerful. Cara mengatur software ini sangatlah mudah yaitu dengan menginstal pada komputer server.

Namun untuk menggunakan software ini, kamu harus menggunakan 2 LAN chord yang terpasang yang pada komputer server yang kamu gunakan.

  • NetLimiter – Control & Pantau Bandwidth Internet

Software lain yang bisa kamu gunakan untuk membagi bandwidth sebagai pengganti alternatif mikrotik yaitu NeyLimiter. Dengan software ini kamu bisa mengatasi duduk permasalahan pengaturan pada Bandwidth pada jaenteng internet.

Dengan software ini kamu juga bisa membatasi pembagian bandwidth netlimiter dengan mempersembahkan dua pilihan. Yang pertama membatasi bandwidth setiap komputer, yang mana software yang sanggup bangkit sendiri dalam membatasi Bandwidth.

  • Selfish NET – Membagi Badwidth Wifi / LAN

Selfish NET ialah salah satu dari sekian banyak aplikasi yang sanggup dipakai untuk membagi ataupun membatasi bandwidth internet, selain itu software ini juga bisa kamu gunakan untuk membagi bandwidth WiFi lain yaitu selfishnet. Yang mana software ini sanggup digunakan untuk membagi atau membatasi bandwidth internet. Selain itu software ini juga bisa kamu gunakan untuk mengatur bandwidth warnet dan game online. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk membatasi bandwidth layanan free WiFi hotspot.

Itulah ulasan mengenai cara membagi bandwidth indihome tanpa mikrotik. Dengan menggunakan beberapa software tersebut kamu akan lebih mudah dalam membagi bandwidth serta membatasinya. Dari keempat software tersebut kamu bisa memilih mana yang sekiranya paling mudah untuk digunakan.

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA