Cara Memainkan Game Android di PC tanpa Emulator

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Memainkan game Android di PC tentu dibutuhkan yang namanya emulator. Namun, kehadiran emulator tak jarang membuat PC maupun laptop kita errors karena kapasitas ruang internal yang dipakai tidak sedikit. Kecuali jika perangkat yang kamu miliki berkapasitas tinggi atau khusus untuk gamers.

Lantas bagaimana caranya memainkan game android di PC atau laptop tanpa harus menginstal emulator terlebih dahulu? Nyatanya, ada loh cara mudah dan sederhananya. Cara ini tentuk tidak banyak orang yang mengetahui karena lagi-lagi saat akan memainkan game android melalui PC cara satu-satunya adalah dengan emulator.

Penggunaan Emulator yang Sulit

Bagi beberapa PC atau perangkat komputer lainnya seperti laptop dengan kapasitas kecil atau spesifikasi pas-pas an sudah tentu akan begitu menyulitkan. Masalah yang sering terjadi adalah perangkat akan bekerja sangat keras ketika menjalankan software emulator tersebut. Bahkan, jika hanya sekedar membuka emulator saja perangkat akan bekerja sangat lambat.

Faktor penyebab paling utama mengapa perangkat akan bekerja lebih keras adalah karena system pada emulator dan kernel host yang dimiliki PC maupun laptop berbeda. Makanya, perangkat akan sangat lemot karena diharuskan melakukan boot ulang tiap melakukan emulasi pada sistem Android.

Ditambah dengan size pada tiap emulator yang terbilang cukup besar. Emulator pun menggunakan memori atau space yang tidak sedikit. Mau bagaimana lagi, ingin rasanya memainkan game Android melalui PC namun juga dilema karena emulator yang harus digunakan cukup menyulitkan.

Solusinya sangat mudah, ternyata kita bisa loh memanfaatkan fitur yang tersedia melalui Chrome. Bagaimana caranya? Caranya mudah, kamu bisa memanfaatkan pluggin/addon/ekstensi yang terdapat pada Chrome. Langkah-langkahnya pun sangat mudah dan sederhana, kamu pun bisa langsung mempratikkannya.

Pertama-tama pastikan terlebih dahulu, perangkat kamu sudah terinstalasi Chrome atau belum. Terdapat 2 pluggin/addon/ekstensi pada Chrome yang dapat kamu gunakan untuk memainkan berbagai aplikasi game Android melalui perangkat kamu. Berikut pemaparannya:

Memainkan Aplikasi Android dengan Arc Welder

Cara pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan menggunakan ekstensi Arc Welder di Chrome. Salah satu kelebihan ekstensi ini adalah size yang cukup kecil hanya berkisar 10 MB saja. Cara pengaplikasiannya adalah:

  1. Buka web browser Chrome yang kamu miliki di PC atau Laptop
  2. Tuliskan atau cari link Arc Welder melalui search engine. Kemudian masuk langsung ke page instalasi ekstensi Welder. Opsi lainnya bisa dengan menuju menu setelan (setting) yang terletak di pojok kanan atas. Pilih more tools kemudian ekstensions lanjutkan mencari Arc Welder.
  3. Selanjutnya pilih add to chrome untuk melakukan instalasi.
  4. Setelah teristal, baru kemudian kamu bisa memilih dan mengunduh berbagai aplikasi Android yang ingin kamu mainkan termasuk game Android. Mengunduh aplikasi bisa kamu lakukan melalui google terlebih dahulu dengan kata kunci ‘download (nama game) apk’.
  5. Tahap selanjutnya buka Arc Welder dengan masuk ke chrome://apps. Selanjutnya klik Arc Welder dan pilih Choose. Kemudian pilih folder penyimpanan yang kamu inginkan untuk menyipan file ke filesystem.
  6. Pilih Add Your APK, tahapan ini adalah memilik aplikasi game Android yang telah kamu unduh sebelumnya.
  7. Jangan lupa untuk mengatur atau setting aplikasi sesuai keinginan kamu pada halaman Test Your App. Dan tahap terakhir, pilih Launch App yang berada di pojok kanan atas. Selain Launch App, kamu bisa langsung klik Test lalu masuk ke chrome://apps untuk kemudian membuka aplikasinya.

Menggunakan Archon Runtime

Berbeda dengan Arc Welder, yang mana tidak bisa mensuport semua aplikasi Android. Archon Runtime dapat menjalankan semua aplikasi Android di PC atau Laptop tanpa emulator. Namun, yang penting diperhatikan pengaplikasiannya tidak mudah. Tahapannya pun lebih kompleks dibanding Arc Welder. Cara menjalankannya sebagai berikut:

  1. Download terlebih dahulu Archon Runtime, cari dan pilih melalui pencarian di Chrome. Pilih yang sesuai dengan versi OS perangkat kamu dan ekstrak filenya.
  2. Tuju atau pilih setelan (setting) yang terletak di pojok kanan atas. Pilih more tools kemudian ekstensions. Kamu juga bisa mengetikkan chrome://ekstensions pada address bar kemudian enter.
  3. Tahap berikutnya search menu Developer mode. Biasanya terletak di pojok kanan atas. Kemudian klik atau centang yang menandakan aktivasi ekstensions.
  4. Setelahnya pilih Load unpacked kemuadian cari dimana folder kamu mengekstrak Archon Runtime sebelumnya. Tahap selanjutnya adalah melakukan konvert aplikasi ke format yang dapat dikenali google chrome. Jangan lewatkan juga untuk instalasi npm, NodeJS untuk Windows dan Ubuntu khusus Linux.
  5. Terakhir adalah menambahkan ke Chrome, buka chrome, klik titik tiga untuk kkemudian pilih More tools-extensions. Kemudian aktifkan Developer mode dengan mengklik Load unpacked. Muncul tabel pencarian folder aplikasi game, pilih yang kamu mau. Tunggu hingga muncul extensi baru kemudian klik Launch.

Itulah beberapa cara memainkan game Android di PC tanpa menggunakan emulator. Tidak hanya game Android aplikasi Android lainnya pun dapat  dijalankan dengan mudah.

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA