Cara Memainkan Alat Musik Kecapi

0
81020 Kecapi 3

Musik adalah salah satu media untuk mengungkapkan suatu kesenian yang mencerminkan dari kebudayaan masyarakat. Berbicara tentang musik, mungkin hampir semua orang menyukainya. Karena dengan mendengarkan musik, terkadang bisa menenangkan suatu pikiran. Bahkan  bermain musik atau sekedar mendengarkan saja itu bisa menjadi hobi dari mereka yang memang suka dengan musik.

Musik sendiri terdapat banyak jenisnya,  mulai dari musik tradisional hingga modern. Dan cara memainkan musik  tersebut pun sangat beragam mulai dari dipetik, dipukul, ditiup dan masih banyak lagi. Kali ini, kami akan membahas  salah satu  jenis alat music yang dipetik yaitu kecapi.

3 Teknik Memainkan Alat Musik Kecapi

Alat musik kecapi merupakan suatu alat musik tradisional yang asalnya dari daerah Sunda, Jawa Barat. Jenis alat musik kordofon yang pertama adalah kecapi. Kecapi sendiri merupakan suatu alat musik yang cara memainkannya adalah dipetik. Alat musik kecapi ini berasal dari provinsi Jawa Barat.  Biasanya alat musik kecapi ini digunakan sebagai pelengkap alat musik lainnya yaitu seperti pada alat musik suling.  Bahkan sampai saat inipun alat musik kecapi ini menjadi salah satu alat musik untuk sebuah kesenian  yang dilestarikan di daerah sunda.  Dan alat musik ini sangat bernilai tinggi di kalangan masyarakat yang merupakan penduduk asli Jawa Barat.

Alat musik ini dibuat dari bahan dasar kayu kenanga yang diolah sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah kecapi. Dan alat musik ini dilengkapi dengan senar (dawai). Dimana dari senar inilah nantinya bunyi yang akan dihasilkan.  Alat musik kecapi ini dimainkan dengan cara dipetik dengan jari-jari tangan  di bagian senar tersebut . Namun, untuk bisa memainkan alat musik ini bukan hanya sekedar dipetik saja, melainkan  ada teknik khusus agar suara yang dihasilkan terdengar dengan baik dan juga berkualitas. Adapun teknik memainkan alat musik ini adalah sebagai berikut.

1. Teknik Dijambret


81020 Kecapi 2

Dalam memainkan alat musik yang pertama adalah dengan menggunakan teknik dijambret. Teknik yang pertama ini sangatlah unik, mungkin jika orang yang belum mengetahui ini akan berpikir negatif yaitu mengarah ke sebuah kejahatan. Tapi jangan khawatir, karena ini hanya sebuah teknik dalam memainkan saja buka untuk melakukan sebuah tindakan kriminal. Teknik jambret ini bisa dilakukan yaitu dengan cara jari jari tangan itu digerakkan. Adapun jari-jari yang digerakkan ada jari telunjuk, jari jempol dan juga jari tengah  pada bagian tangan kanan. Ketiga jari tersebut digerakkan di bagian atas 3 senar nada, dimana dalam memetik itu dilakukan secara bersama- sama.

Dan untuk tangan bagian kiri, caranya yaitu hanya menggunakan 2 jari saja, jari jempol dan juga jari telunjuk. Caranya sama yaitu dengan memetik tali senar yang digunakan untuk menghasilkan sebuah nada yang bebas. Mengapa teknik ini disebut dengan teknik jambret? Hal ini karena posisi dari pemain alat musik ini terlihat seperti posisi orang yang akan melakukan aksi jambret.

Untuk teknik yang pertama ini biasa digunakan ketika mengiringi sebuah tembang ataupun lagu yang memiliki tempo cepat. Dan dengan teknik ini untuk memainkannya pun harus sangat hati- hati karena jika terdapat kesalahan maka bunyi nadanya akan berbeda.

2. Teknik Sintreuk Toel


81020 Kecapi 1Teknik kedua ini untuk memainkannya yaitu dengan cara memetik tali senar dimana dengan menjentikkan jari tangan ke senar tersebut. dan yang digunakan adalah ujung jari telunjuk pada tangan bagian kanan dan juga tangan bagian kiri. Cara ini akan terlihat seperti kita akan menoel atau juga mencolek seseorang.

Untuk tangan bagian kanan dan juga kiri perannya itu haruslah signifikan. Karena keduanya haruslah menyelaraskan yaitu diantara kecepatan serta ketetapan dari nada lagu ataupun tembang ketika dimainkan dengan kedua jari tersebut pada tangan masing-masing.

Untuk teknik kedua ini, posisi dari jari telunjuk haruslah melengkung di bagian senar bawah. Dan kemudian jari telunjuk tersebut tinggal di jentikkan atau di toel ke senar kecapi sampai menghasilkan sebuah nada yang diinginkan.

3. Teknik Dijeungkalan


81020 Kecapi 3Pada teknik yang ketiga dalam memainkan alat musik kecapi ini lebih ke bagian posisi badan. Artinya posisi badan yang memainkan harus condong ke arah depan dan untuk posisi jari yang akan digunakan untuk memetik senar sama dengan posisi jari di teknik yang pertama dan kedua. Namun, ada sedikit perbedaan yaitu di bagian posisi dari pemainnya. Untuk jari dibagian tangan kanan itu memainkan dengan menggunakan senar nada sebanyak 3 dengan bersamaan. Dan untuk tangan bagian kiri jarinya memetik senar dan bisa memainkan dengan nada yang bebas.

Nah, itulah sedikit informasi tentang cara memainkan alat musik kecapi yang bisa kami bagikan. Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan serta ilmu pengetahuan tentang bagaimana cara yang mudah untuk memainkan alat musik kecapi.

BACA JUGA!

Alat Musik Jawa Barat yang Wajib Diketahui

Update Terbaru elevenia:

Kenalan sama eMart: