Home Editor's Choice Gadget /Komputer Cara Melihat Password Wifi yang Sudah Terhubung

Cara Melihat Password Wifi yang Sudah Terhubung

0
Cara Melihat Password Wifi yang Sudah Terhubung

Berbicara mengenai internet, maka apabila kita ingin menggunakan internet tersebut secara cepat biasanya selain menggunakan jaringan data seluler kita juga bisa memanfaatkan koneksi wifi atau wireless fidelity. Dengan demikian, maka koneksi jaringannya akan lebih stabil. Sedangkan untuk mencari jaringan wifi, biasanya bisa kamu peroleh melalui fasilitas umum yang menyediakan akses wifi, seperti di restoran, mall, cafe atau melalui smartphone teman kamu jika darurat dengan cara tethering hotspot wifi.

Apabila kamu menggunakan jaringan wifi, maka biasanya kamu akan membutuhkan akses masuk agar bisa terhubung dengan cara memasukkan sebuah password atau kata sandi terlebih dahulu. Hal tersebut dikarenakan password atau kata sandi ini bersifat privasi, maka sebuah password tidak disebarkan secara umum. Sebagai contoh saat kamu makan di restoran, kemudian kamu ingin menggunakan wifi yang tersedia pada tempat tersebut, namun kamu sebagai pengguna saat ingin mencoba masuk wifi kamu minta passwordnya terlebih dahulu, dan hanya yang punya wifinya saja yang mau mengkoneksikannya.

Nah, jika hal tersebut seperti di atas berlaku saat kamu kembali lagi atau saat sedang bersama teman-teman kamu. Dan ketika ingin menggunakan perangkat wifi lagi, maka alangkah baiknya jika kamu sudah tahu passwordnya maka kamu pun tidak perlu lagi repot-repot menanyakannya kembali tentang password atau kata sandi-nya kepada yang punya.

Dan jika kamu sudah terhubung atau terkoneksi dengan sebuah jaringan wifi, maka kamu bisa melihat password tersebut kembali. Ada 2 cara yang bisa kamu lakukan untuk melihat password wifi yang sudah terhubung, yaitu melalui Android maupun PC. Berikut ini ulasannya.

Cara Melihat Password Wifi yang Terhubung Melalui Smartphone


Cara pertama untuk melihat password wifi yang sudah terhubung yaitu dengan melalui smartphone. Bagaimana cara untuk melihat password wifi yang sudah terhubung lewat smartphone ini? Ini dia langkah-langkahnya:

  • Pertama-tama yaitu silahkan kamu siapkan aplikasi “Pemindai QR” di smartphone kamu. Namun jika kamu belum mempunyai aplikasi tersebut, maka kamu bisa mengunduhnya terlebih dahulu di google playstore maupun App Store.
  • Jika sudah punya dan sudah mengunduh aplikasi “Pemindai QR”, maka silahkan kamu buka smartphone kamu, kemudian langsung menuju pada menu setting atau pengaturan dan dilanjutkan dengan memilih wifi.
  • Langkah selanjutnya yaitu silahkan kamu lanjutkan dengan mengklik nama wifi kamu yang sudah terhubung sebelumnya. Jika sudah kamu klik nama wifi tersebut, maka di sana akan muncul sebuah barcode. Nah, barcode tersebut kemudian kamu screenshoot terlebih dahulu dan setelah itu dahulu barulah klik oke.
  • Langkah selanjutnya untuk mengetahui password wifi melalui smartphone adalah kamu harus buka aplikasi yang sudah kamu install di awal tadi yaitu aplikasi “Pemindai QR”. Kemudian kamu click 3 titik yang terdapat di sudut kanan atas dan kemudian silakan kamu masukkan hasil screenshot gambar barcode tadi.
  • Kemudian jika sudah melakukan langkah di atas, maka secara otomatis akan muncul hasil scan barcode yang sudah kamu lakukan dan menjadi tampak pada gambar yang memperlihatkan hasil scan tersebut yaitu berisikan nama perangkat wifi yang terhubung dan juga disertai dengan kata sandi atau passwordnya.

Cara Melihat Password Wifi yang Terhubung Melalui PC atau Laptop


Nah, setelah kamu tahu bagaimana caranya untuk melihat password wifi yang sudah terhubung melalui smartphone, maka selanjutnya kamu bisa menggunakan PC atau laptop untuk mengetahui password wifi yang sudah terhubung juga. Namun bagaimana caranya untuk melihat password atau kata sandi wifi yang sudah terhubung melalui PC atau laptop? Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama untuk mengetahui password wifi yang sudah terhubung melalui PC atau laptop yaitu silahkan kamu buka control panel kemudian masuk pada network and internet.
  • Setelah itu kemudian pilihlah menu network and sharing center yang terdapat di PC atau laptop.
  • Jika sudah ke menu network and sharing center, maka kemudian silahkan kamu klik pada manage wireless network, maka akan muncul daftar jaringan wifi yang pernah kamu hubungkan atau gunakan.
  • Selanjutnya silahkan kamu double klik pada nama jaringan wifi yang sudah terhubung dan akan kamu lihat passwordnya.
  • Jika sudah di double klik, maka akan muncul informasi dari wifi ters, seperti nama, SSID, tipe network dan lainnya.
  • Kemudian silahkan kamu klik pada bagian security yang ada di sebelah menu connection dan password  akan terletak pada network security key dengan ceklis pada show characters.

Nah, jadi itulah tadi 2 cara mudah untuk mengetahui password wifi yang terhubung, baik itu melalui smartphone maupun PC atau laptop. Cukup mudah bukan? Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu dan jangan lupa share kepada teman kamu yang membutuhkan. Terimakasih dan selamat mencoba semoga berhasil.

BACA JUGA! CARA MENGGANTI PASSWORD WIFI INDIHOME

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here