7 Cara Melihat Aplikasi yang Sudah Dihapus di Android

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Daftar Topik

Cara melihat aplikasi yang sudah dihapus. Ada kalanya tiba-tiba memori penyimpanan smartphone menjadi penuh sehingga kinerjanya menjadi tersendat. Biasanya yang kita lakukan adalah menghapus fail-fail tidak berguna, namun tidak jarang juga beberapa aplikasi juga ikut terbuang. Hal ini menjadi pelik ketika di kemudian hari aplikasi yang dihapus tersebut justru dibutuhkan. Kamu pernah mengalami momen seperti ini? Tenang saja, riwayat aplikasi yang pernah dipasang pada Android sebenarnya bisa kita lihat kembali, lho. Kamu nggak perlu kebingungan lagi kalau mau mencari aplikasi yang sudah pernah dipasang pada perangkat Androidmu karena aplikasi tersebut dapat ditemukan dengan mudah. 

Kamu nggak perlu mengunduh aplikasi tertentu untuk dapat melihat aplikasi yang pernah terpasang dan dihapus pada perangkat Androidmu. Nampaknya pengembang sistem operasi Android sudah mengantisipasi dengan baik ketika kendala ini muncul. Sistem operasi Android sudah menyediakan fitur tersendiri untuk menemukan kembali aplikasi yang pernah dihapus oleh pengguna. Kamu nggak perlu khawatir soal kapasitas memori penyimpanan smartphone-mu untuk bisa menemukan aplikasi-aplikasi yang pernah dihapus. 

Cara Melihat Aplikasi yang Sudah Dihapus

Sekarang kita akan membahas cara melihat kembali aplikasi yang sudah terhapus di Android. Untuk melakukannya kita nggak butuh skill khusus, kok. Orang awam juga bisa melakukannya karena caranya sangat mudah sekali. Kamu hanya butuh akun Google, aplikasi Play Store dan tentu saja koneksi internet. Aplikasi Play Store ini tidak perlu diunduh lagi karena biasanya sudah menjadi aplikasi bawaan pada smartphone Android. Yuk, kita simak tujuh langkah mudah untuk melihat aplikasi yang sudah terhapus di Android! 

1. Buka Aplikasi Google Play Store

 1. Buka Aplikasi Google PlayStore - cara melihat aplikasi yang sudah dihapus

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan untuk melihat aplikasi yang sudah terhapus di smartphone Android adalah dengan membuka aplikasi Google Play Store. Apapun merk dan tipe smartphone Android, sudah pasti dibekali dengan aplikasi milik Google yang satu ini. Aplikasi Google Play Store memiliki logo berbentuk segitiga yang diisi dengan warna merah, kuning, hijau, dan biru. Fungsi utama dari Google Play Store adalah untuk menyediakan berbagai macam aplikasi yang kamu butuhkan agar smartphone Androidmu dapat digunakan dengan optimal. Oleh karena itu, pada aplikasi ini juga kamu bisa melihat kembali aplikasi yang pernah dipasang pada smartphone Androidmu. 

2. Login dengan Akun Google

2. Login Akun Google - cara melihat aplikasi yang sudah dihapus

Setelah membuka aplikasi Google Play Store, kamu perlu memeriksa apakah aplikasi tersebut sudah terhubung dengan akun Google atau belum. Jika belum terhubung dengan akun Google, kamu perlu masuk terlebih dahulu. Kalau kamu membuka aplikasi Google Play Store tanpa masuk menggunakan akun Google, maka aplikasi tersebut tidak dapat diakses. Ini merupakan salah satu sistem Google yang berfungsi untuk melindungi keamanan data dari para pengguna aplikasi Google Play Store. Jika kamu sudah masuk dengan akun Google, kamu akan melihat foto profilmu pada bagian sudut kanan atas halaman awal Aplikasi Google Play Store. 

3. Klik Foto Profilmu pada Bagian Sudut Kanan Atas

3. foto profil - cara melihat aplikasi yang sudah dihapus

Langkah selanjutnya untuk melihat aplikasi yang sudah dihapus adalah dengan menekan foto profil anda pada bagian sudut kanan atas. Setelah itu, kamu akan melihat beberapa daftar pilihan menu mulai dari kelola aplikasi dan perangkat sampai bantuan dan masukan. 

4. Pilih Menu “Kelola Aplikasi dan Perangkat”

4. PILIH MENU “KELOLA APLIKASI DAN PERANGKAT” - cara melihat aplikasi yang sudah dihapus

Dari delapan pilihan menu yang muncul, pilih menu pertama yaitu “kelola aplikasi dan perangkat” untuk melihat aplikasi apa saja yang pernah terhapus di smartphone Android kamu. Pada saat menu terbuka, maka kamu akan menemukan dua pilihan tab yaitu Ringkasan di sebelah kiri dan Kelola di sebelah kanan.

5. Buka Tab “Kelola” di Sebelah Kanan

5. BUKA TAB “KELOLA” DI SEBELAH KANAN - cara melihat aplikasi yang sudah dihapus

Setelah kamu memilih tab kelola yang berada di sebelah kanan, terdapat tiga pilihan tab di bawah tab kelola. Kamu akan melihat tab diinstal, update tersedia, dan game. Kalau kamu perhatikan, pada tab diinstall terdapat symbol segitiga kecil yang mengarah ke bawah, berarti pada tab tersebut ada pilihan lain.  

6. Pilih Tab “Diinstal”

6. PILIH TAB “DIINSTALL”

Nah, setelah kamu memilih tab diinstall akan muncul pilihan lain yaitu tidak diinstall. Maksudnya adalah tab diinstall berisi aplikasi-aplikasi yang sedang terpasang pada perangkat androidmu. Sementara tab tidak diinstall berisi aplikasi-aplikasi yang pernah kamu pasang sebelumnya namun saat ini sudah tidak terpasang lagi atau sudah terhapus. 

7. Memasang Kembali Aplikasi yang Sudah Terhapus

7. MEMASANG KEMBALI APLIKASI YANG SUDAH TERHAPUS

Pada tab tidak diinstall ini kamu akan menemukan semua aplikasi yang sebelumnya pernah terpasang di smartphone Androidmu namun sudah terhapus. Untuk mempermudah kamu menemukan aplikasi yang dicari, Google menyediakan fitur penyusunan di sebelah kanan judul “Aplikasi”. Kamu dapat mengurutkan aplikasi-aplikasi tersebut sesuai dengan abjad atau waktu pemasangan aplikasi. Selain bisa memasang kembali aplikasi yang sudah terhapus ke smartphone, kamu juga bisa menghapus salah satu atau beberapa aplikasi yang sudah terhapus di Android tersebut dari daftar riwayat.

Dari semua aplikasi yang pernah kamu hapus, mungkin saja ada aplikasi yang sudah jelas tidak akan kamu butuhkan lagi ke depannya sehingga perlu dihapus dari riwayat. Caranya adalah kamu tinggal mencentang aplikasi mana saja yang ingin dihapus, lalu klik logo x pada sudut kanan atas. Dengan begitu, aplikasi yang tidak kamu kehendaki akan hilang dari daftar riwayat sehingga di kemudian hari kamu akan lebih mudah menemukan aplikasi yang ingin kamu pasang kembali. 

Itulah tujuh langkah mudah mengenai cara melihat aplikasi yang sudah terhapus di Android. Jika kamu pernah berganti smartphone, kamu juga bisa melihat aplikasi yang pernah terpasang di smartphone-mu yang terdahulu asalkan kamu masuk ke aplikasi Google Play Store dengan akun Google yang sama. Google Play Store akan selalu menyimpan riwayat aplikasi yang dipasang melalui akun Google yang kamu gunakan untuk masuk ke aplikasi tersebut 

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP