5 Cara Melestarikan Air yang Dapat Dilakukan di Rumah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
cara melestarikan air 1. menggunakan air dengan bijak
Daftar Topik

Cara Melestarikan Air. Air merupakan unsur penting yang perannya krusial dalam menjaga kelangsungan hidup dari segala makhluk hidup yang ada di bumi. Itulah sebabnya, sangat penting bagi manusia untuk menjaga kelestarian air sekaligus menjaga bumi yang menjadi tempat tinggal. Jika sumber air tercemar, maka banyak hal buruk yang dapat terjadi. Mulai dari semakin besarnya kemungkinan terjadi banjir dan tanah longsor, terlebih di daerah dengan kondisi geografis yang rawan, hingga berkurangnya jumlah sumber air dan bermunculannya sumber penyakit atau wabah.  Oleh karena itu, penting sekali adanya kesadaran bagi masyarakat untuk melakukan cara-cara demi menjaga air agar tetap bersih dan lestari. 

Cara Melestarikan Air

Untuk memulai kesadaran akan menjaga pasokan air bersih yang ada di bumi, maka sangat tepat untuk memulainya dari lingkup yang terkecil yakni keluarga dan rumah. Sebab, rumah dan keluarga merupakan tempat pertama dalam membentuk berbagai karakter baik, terutama soal menjaga lingkungan. Nah, bagi kamu yang tertarik untuk mulai menjaga kelestarian air tetapi bingung ingin memulai dari mana, berikut 5 cara melestarikan air yang dapat kamu lakukan di rumah. 

1. Menggunakan air dengan bijak dan hemat

cara melestarikan air 1. menggunakan air dengan bijak

Sudah sepatutnya kita bersyukur bila di rumah tempat kita tinggal, kita bisa mendapat pasokan air bersih yang berlimpah, tak seperti di beberapa tempat yang kesulitan air. Oleh sebab itu, kita harus menggunakan air yang tersedia secara bijak, dan juga hemat. Sebab bila terbentuk kebiasaan menggunakan air secara boros dan tak bertanggung jawab, maka bukan tidak mungkin bila suatu saat nanti kita mengalami kekeringan dan kesulitan akan air. Nah, kebiasaan apa saja yang dapat mengurangi jumlah air? Beberapa kebiasaan pemborosan air yang kerap dilakukan namun tak disadari ialah mandi terlalu lama sehingga menghabiskan banyak air, lupa mematikan keran hingga airnya meluap dan meluber sia-sia,  juga terlalu sering mencuci kendaraan. Ada baiknya bila hal-hal kecil seperti ini bisa disadari dan perlahan dikurangi demi menjaga kelestarian air di bumi. 

2. Tidak membuang sampah sembarangan

cara melestarikan air

Kebiasaan membuang sampah sembarangan rupanya tak hanya membuat lingkungan menjadi kotor, namun juga membawa dampak yang serius seperti mencemari air. Banyak orang kerap membuang sampah sembarangan di selokan atau saluran air hingga sampah menumpuk dan menyumbat aliran air sampai menyebabkan banjir. Selain itu, kontaminasi sampah pada sumber air tentunya akan membuat kualitasnya menurun hingga tak layak dikonsumsi atau digunakan untuk kegiatan rumah tangga. Pada akhirnya, kebiasaan buruk ini bisa mengganggu kelangsungan hidup dan juga lingkungan yang dihuni oleh banyak orang. Jadi, pastikan untuk selalu membuang sampah di tempatnya, ya. 

3. Mengurangi penggunaan bahan kimia

cara melestarikan air 3. mengurangi penggunaan bahan kimia

Di masa kini, memang rasanya sangat sulit untuk mengurangi penggunaan bahan kimia yang hampir selalu ada di berbagai produk, mulai dari makanan hingga keperluan rumah tangga seperti deterjen atau sabun mandi. Padahal, bahan kimia yang digunakan sehari-sehari di rumah melalui beragam produk ini merupakan salah satu alasan yang kuat mengapa kualitas air menurun dan mengandung banyak cemaran. Bahan kimia yang melarut dalam air dapat merusak kualitas air dan juga ekosistem air. Seperti misalnya, zat kimia dapat menghancurkan alga yang merupakan sumber makanan utama bagi plankton. Karena itu, sebisa mungkin mulailah untuk mengurangi penggunaan kimia demi menjaga kualitas air agar selalu baik. Kamu dapat beralih ke beberapa produk yang bersifat organik dan eco-friendly alias ramah lingkungan. Produk-produk ini sekarang tengah menjadi tren dan bisa didapatkan dengan mudah di berbagai marketplace, lho. 

4. Membuang bahan kimia dengan cara yang benar

Bila dirasa tak mungkin untuk mengurangi penggunaan produk-produk berbahan kimia, maka cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasinya adalah dengan menerapkan cara yang benar dalam membuang bahan kimia. Cara untuk membuang yang benar ini bisa sangat beragam bergantung pada zat yang dikandung dalam produk tersebut. Biasanya, pada label produk disebutkan bagaimana cara membuang sisa produk yang tak digunakan. Jika tidak ada, kamu bisa menghubungi pihak terkait ataupun berkonsultasi dengan laboratorium terdekat mengenai bagaimana cara membuangnya agar tak mencemari lingkungan sekitar. 

5. Daur ulang bahan bekas menjadi barang bermanfaat

Cara lain yang menyenangkan untuk menjaga kelestarian air adalah dengan mendaur ulang barang-barang di rumah yang sudah tak terpakai. Membuang begitu saja barang bekas secara sembarangan tentu akan membuat limbah tak terurai menumpuk, apalagi bila barang tersebut berbahan plastik. Nah, agar limbah bisa berkurang dan tak mencemari sumber air, alangkah baiknya bila barang-barang yang tak terpakai ini didaur ulang menjadi bentuk barang yang memiliki nilai guna. Contohnya, kamu dapat mendaur ulang kemasan air mineral plastik menjadi pot bunga gantung yang cantik dan menambah keasrian rumah. Atau bisa juga menggabungkan aneka kemasan pembungkus seperti kemasan deterjen ataupun snack menjadi tas yang dapat digunakan untuk membawa barang belanjaan ketika ke pasar sehingga tak perlu menggunakan kantong plastik. Seru banget kan?

Nah, itu dia 5 cara menjaga pasokan air bersih agar tetap terjaga dan secara tak langsung menjaga keberlangsungan beragam makhluk hidup di bumi ini. Selain mulai menerapkannya pada diri sendiri, kamu juga bisa lho melibatkan anggota keluarga lain ataupun teman-teman terdekat hingga tetanggamu untuk melakukan cara-cara diatas demi dampak yang lebih luas lagi. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya? 

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP