Cara Melakukan Passing Bawah Bola Voli yang Benar

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
16420-passing bawah volley
Daftar Topik

Permainan bola voli menjadi salah satu olahraga yang banyak digemari. Selain bisa dijadikan untuk mengisi waktu luang, permainan bola voli juga bisa menjadi solusi olahraga untuk memberikan tubuh yang sehat. Nah, dalam permainan bola voli terdapat banyak teknik, salah satu teknik yang wajib untuk dikuasai yaitu passing. Karena passing merupakan teknik dasar dalam permainan bola voli.  Dalam teknik passing ada dua jenis yaitu passing bawah dan passing atas. Bagi orang yang sudah menguasai passing pasti akan sangat mudah untuk melakukannya. Namun, bagi yang masih awam pastinya belum mengetahui cara melakukan passing bawah bola voli dengan benar.

Perlu diketahui bahwa passing yang benar yaitu bisa mengarahkan bola tepat kepada pemain yang dituju. Karena terkadang dengan teknik yang salah, passing yang dilakukan bisa melenceng sehingga tidak mengarah ke sasaran yang tepat. Maka dari itu, menguasai teknik passing bawah bola voli sangatlah penting agar bola bisa dikendalikan atau diarahkan. Nah, untuk mengetahui bagaimana cara melakukan passing bawah bola voli yang tepat, simak ulasannya berikut ini.

Jenis-Jenis Passing dalam Bola Voli


Seperti yang telah kita ketahui bahwa ada dua jenis passing yaitu passing atas dan passing bawah. Beda nama tentu saja teknik yang digunakan juga berbeda. Untuk passing bawah dilakukan dengan cara mengumpan bola bawah. Sedangkan untuk passing atas dilakukan dengan cara pukulan mengumpan bola atas. Sebenarnya tujuan dari dua jenis passing tersebut sama yaitu untuk mengumpan bola dari lawan.

Namun, terkadang dalam melakukan passing banyak sekali yang gagal, hal ini dikarenakan tidak menggunakan teknik yang tepat. Terkadang dengan teknik yang salah, passing yang dilakukan bisa melenceng sehingga tidak mengarah ke sasaran yang tepat. Maka dari itu, menguasai teknik passing bawah bola voli sangatlah penting agar bola bisa dikendalikan atau diarahkan.

Cara Melakukan Passing Bawah


Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa ada dua jenis passing yaitu passing bawah dan passing atas. Namun, saat ini yang akan dibahas lebih dalam yaitu passing bawah bola voli. Passing bawah merupakan salah satu jenis passing yang cukup mudah untuk dilakukan. Lebih tepatnya, passing ini dilakukan dengan cara memajukan kedua lengan agar bisa menjangkau bola dengan sempurna dan tentunya bisa mengumpan balik kepada lawan. Nah, kurang lebihnya berikut ini langkah-langkah melakukan passing bawah:

  • Langkah pertama ambil posisi berdiri dengan tegak dan kedua kaki dibuka selebar bahu. Setelahnya kedua lulus sedikit ditekuk agar posisi badan sedikit turun.
  • Selanjutnya condongkan tubuh sedikit ke depan, sedangkan posisi kedua lengan berada di depan atau di bawah dada.
  • Sedangkan punggung tangan kanan di atas telapak tangan kiri dan jari-jari tangan kiri memegang kuat jari-jari tangan kanan agar bisa mengumpan lebih kuat. Untuk posisi ibu jari berada pada posisi atas tangan.
  • Langkah selanjutnya yaitu meluruskan kedua lengan hingga bisa membentuk seperti garis lurus.
  • Setelah posisi tubuh dan tangan sudah siap, tinggal fokuskan pandangan mata ke arah datangnya bola.
  • Agar saat bola menyentuh lengan dan bisa mengembalikan bola kepada lawan, berikan sedikit dorongan. Nah, agar bisa membantu dorongan badan lutut ditekuk dan sedikit diangkat.
  • Langkah terakhir yaitu kedua kaki tetap menapak di lantai. Sedangkan posisi tumit agak dinaikkan dan jangan lupa untuk  jaga posisi keseimbangan.

Tahap Pelaksanaan Passing Bawah


Ada 3 tahap dalam melakukan  passing bawah bola voli yaitu tahap awal, tahap pelaksanaan, dan tahap akhir. Selengkapnya berikut ini penjelasan serta cara melakukan passing bawah dengan tahap-tahap tersebut.

1. Tahap Awal Passing Bawah

  • Langkah berdiri ambil posisi berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu.
  • Selanjutnya tekuk kedua lutut agar badan bisa bertumpu maksimal pada kedua kaki dan bisa seimbang, setelahnya rapatkan kedua lengan di depan badan.
  • Pandangan ke arah datangnya bola, agar bisa melakukan passing dengan sempurna.

2. Tahap Pelaksanaan Passing Bawah

  • Tahap pelaksanaan kedua lengan di dorong ke arah datangnya bola.
  • Pastikan tubuh berada di tengah-tengah arah datangnya bola.
  • Agar lebih mudah untuk mengumpan balik bola, perkenalan bola tepat pada pergelangang tangan.

3. Tahap Akhir Passing Bawah

  • Untuk tahap passing bawah yang terakhir yaitu angkat tumit dari lantai, sedangkan pinggul dan lutut naik dengan kedua lengan lurus.
  • Pandangan mengikuti arah gerakan bola, agar bola bisa mengumpan dengan baik.

Bagaimana, mudah sekali bukan cara melakukan passing bawah? Karena passing merupakan teknik dasar dalam permainan bola voli yang penting sekali untuk dikuasai. Selain melakukan passing bawah, masih ada teknik lain yang harus dikuasai jika melakukan permainan bola voli. Selamat mencoba.

BACA JUGA!

5 Teknik Dasar Bulutangkis

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP