Cara Meditasi yang Benar untuk Pemula

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
1311-meditasi4
Daftar Topik

Setiap orang pasti ingin memiliki sikap yang baik dan bermanfaat untuk semua orang. Salah satu metode yang bisa dilakukan untuk melatih diri agar memiliki sifat tersebut yaitu meditasi. Bagi orang yang melakukan meditasi, banyak sikap yang dijadikan cita-cita. Adapun cita-cita tersebut yaitu keadaan jiwa yang lebih santai dan rileks. Selain itu, dengan melakukan meditasi ini tidak mudah tegang dalam menghadapi berbagai situasi.

Nah, agar bisa menciptakan suasana batin sesuai dengan apa yang diharapkan, lakukan meditasi secara berulang-ulang. Bagi kamu yang ingin melakukan meditasi, simak ulasan berikut ini. Karena akan dibahas mengenai cara meditasi yang benar untuk pemula beserta manfaat yang didapatkan pada tubuh. Langsung saja berikut ini ulasannya.

Manfaat Meditasi Bagi Tubuh


Jika kita melakukan meditasi secara konsisten, banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan. Salah satu manfaat yang bisa kamu dapatkan dari meditasi yaitu kesembuhan jika kita menderita sakit. Bahkan dengan melakukan meditasi ini bisa membuat detak jantung lebih normal, tekanan darah menjadi normal dan tingkat hormon stres menurun.

Meditasi ini cocok bagi kamu yang sedang mengalami stress. Ketika stres, denyut jantung dan tekanan darah akan meningkat, karena kelenjar adrenalin memompa hormon-hormon stres. Jika kamu melakukan meditasi secara rutin, lama-kelamaan kamu akan terbiasa dan lebih mudah mendengar denyut jantung.

Secara rincinya, berikut ini beberapa manfaat meditasi bagi tubuh:

  • Meditasi yang dilakukan secara rutin bisa berpengaruh terhadap organ-organ tubuh dan sel tubuh. Sehingga bisa memiliki keadaan yang lebih baik dan bisa bekerja lebih teratur.
  • Meditasi bisa meningkatkan konsentrasi berpikir.
  • Meditasi bisa membuang ingatan buruk
  • Meditasi bisa membantu kita lebih mengerti orang lain.
  • Meditasi bisa mendorong kita untuk menjalankan hidup lebih baik.
  • Meditasi bisa meningkatkan kebijaksanaan.
  • Meditasi bisa membantu kita untuk menerima permasalahan hidup dengan baik.

Tempat Bermeditasi yang Tepat


Agar proses meditasi bisa berjalan lebih maksimal, kita perlu memilih tempat yang bersih, udara alami dan jauh dari lalu lalang kendaraan atau keramaian orang lain. Namun jika kamu sudah terlatih, gangguan-gangguan tersebut tidak akan menjadi masalah lagi.

Waktu yang Tepat Untuk Meditasi


Sebenarnya tidak ada waktu khusus untuk melakukan meditasi. Dengan kata lain meditasi ini bisa dilakukan kapan saja. Namun bagi pemula, waktu yang tepat untuk melakukan meditasi itu di pagi hari sebelum sibuk dengan aktifitas. Selain itu kamu juga bisa melakukannya malam hari sebelum tidur.

Agar proses meditasi bisa maksimal, usahakan dalam keadaan biasa saja. Dengan kata lain tidak lapar dan tidak kenyang. Sangat disarankan dalam melakukan meditasi ini 1 jam setelah makan.

Persiapan Sebelum Bermeditasi


Sebelum melakukan meditasi, ada beberapa persiapan yang harus kamu siapkan tentunya. Adapun berikut ini beberapa hal yang harus disiapkan sebelum bermeditasi:

  • Gunakan Alas Duduk Selama Bermeditasi

Selama bermeditasi, kamu harus menggunakan alas duduk yang disebut dengan zafu. Namun jika kamu tidak memiliki alat duduk ini, kamu bisa menggunakan bantal sofa atau bantal yang lainnya. Dengan kata lain, pastikan kedua lutut kaki tidak menyentuh lantai. Kegunaan bantal  ini agar tubuh tidak terasa pegal.

  • Gunakan Pakaian yang Nyaman

Persiapan selanjutnya yaitu gunakan pakaian olahraga atau pakaian longgar lainnya. Dalam memilih pakaian ini, pastikan kamu merasa nyaman karena dalam melakukan meditasi ini jangan biarkan apa pun mengganggu pikiran.

  • Siapkan Timer di Dekat Kita

Untuk mengetahui waktu meditasi yang benar, tanpa mengganggu konsentrasi dengan harus mengecek waktu terlebih dahulu. Siapkan timer di dekatmu dan atur timer sesuai dengan waktu yang kamu inginkan.

  • Pilihlah Posisi Duduk

Persiapan yang terakhir yaitu pilihlah posisi duduk yang tepat. Namun jika kamu sudah terbiasa melakukan meditasi, bisa dilakukan dengan duduk, berdiri berbaring atau berjalan. Namun untuk pemula sangat disarankan melakukan posisi duduk.

Cara Meditasi yang Baik dan Benar


Setelah mengetahui beberapa persiapan dalam melakukan meditasi, masuk ke pokok pembahasan yaitu cara meditasi yang baik dan benar. Adapun berikut ini cara-caranya:

  • Duduklah di alas yang telah disiapkan dengan rileks dan sesuai posisi duduk yang dipilih.
  • Cara kedua yaitu berdoalah sesuai dengan keyakinan masing-masing.
  • Ucapkan dalam hati “semoga semua hidup berbahagia” sebanyak 3 kali dan mulailah rasakan pada dada.
  • Hitung 1 sampai 10 untuk merasakan nafas masuk dan keluar, lakukan hal ini secara bertahap mulai dari 10 menit sampai 1.
  • Cara yang terakhir yaitu tutup pelatihan mediasi dengan mengucapkan “semoga semua hidup berbahagia”.

Itulah cara mudah dalam melakukan meditasi serta manfaat yang bisa kamu dapatkan pada tubuh. Dengan melakukan meditasi ini, kamu akan hidup lebih tenang dalam menghadapi berbagai masalah yang ada. Semoga ulasan ini bermanfaat.

BACA JUGA! GERAKAN YOGA UNTUK MENGECILKAN PERUT 

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP