Cara Masuk Safe Mode Windows 10 Paling Mudah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Cara-Masuk-Safe-Mode-Windows-10-Paling-Mudah[1]
Daftar Topik

Safe mode merupakan salah satu kondisi yang dapat dijalankan pada komputer. Adapun fungsi dari safe mode ini adalah untuk memudahkan pengoperasian komputer disaat terjadi troubleshooting pada sistem operasi windows. Dalam hal ini, safe mode dapat digunakan saat sistem operasi sedang error diakibatkan oleh hal tertentu seperti aplikasi 3D party.

Selain itu, safe mode juga berguna di saat sistem operasi terasa lambat untuk mencari tahu apakah penyebabnya dikarenakan virus atau source yang kurang. Penggunaan safe mode yang sangat berguna tersebut terkadang masih belum diketahui oleh pengguna windows terbaru.

Berdasarkan hal ini, banyak di kalangan masyarakat yang awam akan komputer tidak mengetahui cara masuk safe mode windows 10. Adapun cara yang dapat dilakukan untuk mengaktifkan safe mode pada windows 10 terdiri dari tiga cara. Cara tersebut yaitu dengan menekan tombol Shift + Restart, menekan tombol F8 saat terjadi booting, dan menggunakan sistem configuration tool. Dari ketiga cara ini bisa dilakukan sesuai keinginan pilih saja mana yang paling termudah.

Menekan Tombol Shift + Restart

Merupakan cara mudah yang dapat diterapkan untuk mengaktifkan safe mode pada windows 10. Cara ini dapat dipilih baik untuk pemula maupun advanced user. Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan yaitu sebagai berikut:

  1. Membuka windows settings, dapat dilakukan dengan cara menekan tombol windows + I secara bersamaan atau juga bisa dengan menggunakan start menu.
  2. Pilih icon gear.
  3. Pilih update and security.
  4. Setelah itu, carilah bagian advanced startup dan jika sudah ketemu pilih restart now.
  5. Jika dilakukan melalui recovery, klik recovery di sebelah kiri dalam update and security, kemudian pilih restart now.
  6. Jika dilakukan melalui advanced options, pilih troubleshooting dan cari bagian advanced option, kemudian pilih startup setting dan restart sekali lagi.
  7. Pastikan menekan tombol shift terlebih dahulu sebelum menekan restart, dalam hal ini jangan menekan kedua tombol secara bersamaan.
  8. Jika menjalankan safe mode maka tekan 4 atau F4.
  9. Jika ingin menyalakan safe mode with networking maka tekan 5 atau F5.
  10. Menunggu beberapa saat untuk dapat masuk pada safe mode.

Menekan Tombol F8 Ketika Booting

Jika merasa cara diatas sangat ribet, maka dapat menggunakan opsi yang kedua ini. Adapun langkah yang dilakukan dapat dilihat pada nomor-nomor di bawah ini.

  1. Lakukanlah restart terlebih dahulu, saat komputer dalam keadaan booting, tekan tombol shift + F8 atau F8 saja.
  2. Setelah itu advanced boot option akan ditampilkan.
  3. Terdapat dua pilihan yang dapat diklik yaitu safe mode saja dan safe mode with networking, pilih salah satu diantaranya.
  4. Komputer akan mengalami proses dalam menjalankan perintah dan beberapa saat akan masuk ke dalam safe mode.

Perlu diketahui bahwa meskipun lebih mudah dan simpel cara ini merupakan langkah yang tidak diizinkan. Dalam hal ini, beberapa versi windows 10 seperti enterprise edition mungkin tidak akan berhasil dengan cara ini. Jika terjadi demikian, maka hal yang dapat dilakukan adalah kembali mengaktifkan advanced boot option. Hal ini dapat dilakukan melalui fitur yang terdapat pada repair windows yaitu command prompt.

Menggunakan System Configuration Tool

Cara untuk melakukan pengaktifan safe mode ini juga dikenal dengan istilah msconfig yang mungkin sudah diketahui sebagian orang. Adapun langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengaktifkan safe mofe cara ini yaitu terdiri dari sebagai berikut:

  1. Menekan tombol windows pada keyboard ysitu terletak disamping alt dan tombol R.
  2. Pada kolom pencarian, ketikan msconfig
  3. Bisa juga dengan mengklik pilihan run dan mengetik msconfig
  4. Setelah itu, pilih tab boot yang muncul pada dialog system configuration
  5. Setelah muncul boot options maka klik hingga muncul tanda checklist pada pilihan safe mode
  6. Setelah itu, klik pilihan Apply kemudian lakukan restart pada komputer maka sistem operasi akan berjalan pada keadaan safe mode

Pada penggunaan cara System Configuration dalam hal ini juga dapat melakukan pengecekan beberapa services. Tidak hanya itu saja tetapi juga aplikasi startup yang sedang berjalan ketika sistem operasi baru memasuki desktop komputer. Dalam hal ini, menonaktifkan beberapa startup atau services yang sedang berjalan mampu memberikan peningkatan terhadap kinerja windows.

Nah, itulah tiga cara masuk safe mode windows 10 yang dapat dilakukan dengan mudah. Pilihlah cara yang paling mudah dan aman untuk dilakukan sehingga safe mode dapat diaktifkan sesuai dengan harapan. Dengan demikian, komputer akan dapat berjalan dengan lebih baik jika berhasil mengaktifkan safe mode ini.

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP