Cara Kalibrasi Touchscreen Smartphone yang Mencet Sendiri

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Layar Sentuh Smartphone Bermasalah? Ini Cara Mengatasinya Tekno Liputan6.com
Daftar Topik

Kalibrasi Touchscreen – Bagi para pengguna Android menggunakan bangunan touchscreen adalah hal yang paling utama untuk bisa mengoperasikan Smarphone. Sistem operasi Android telah dirancang secara khusus bagi perangkat yang menggunakan layar sentuh dalam operasinya, walaupun ada sebagian perangkat yang telah menggunakan tombol fisik, namun touchscreen juga menjadi hal yang sangat penting.

Namun kerap kali terdapat penurunan kinerja dari touchscreen sehingga touchscreen tersebut mempunyai respon yang sangat lambat ketika mendeteksi adanya sentuhan. Maka dari itu Anda juga harus bisa mengatasinya dengan menggunakan cara kalibrasi touchscreen.

Layar Sentuh Smartphone Bermasalah? Ini Cara Mengatasinya - Tekno Liputan6.com

Cara Menggunakan Kalibrasi Touchscreen di Ponsel

Sebetulnya secara default perangkat dari Android dilengkapi dengan adanya fasilitas yang bisa dipakai dalam kalibrasi touchscreen. itulah mengapa para pengguna juga perlu melakukan penginstalan untuk aplikasi tambahan yang sudah ada di Google play store.

Umumnya aplikasi ini dapat digunakan untuk mengkalibrasi dengan menggunakan cara mendeteksi jenis tumbuhan yang ada di area layar, contohnya seperti single tap, kemudian ada double tap, long press, pinch oalu ada swipe dan juga zooming.

Aplikasi touchscreen calibration ini bisa anda dapatkan di play store dengan gratis tampilannya pun juga cukup sederhana sehingga Anda akan sangat mudah ketika menggunakan aplikasi ini.

Berikut ini merupakan langkah-langkah yang harus anda ikuti dalam kalibrasi touchscreen pada ponsel Android:

  • Pertama-tama Anda harus membuka terlebih dahulu aplikasi tersebut, kelebihan Anda bisa menekan tulisan calibrate yang digunakan untuk memulai kalibrasi touchscreen.
  • Untuk langkah yang berikutnya Anda bisa melakukan beberapa jenis sentuhan layar yang telah sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh test pad yang telah disediakan, contohnya saja seperti ketukan tunggal, kemudian ada ketukan ganda, menggeser, melakukan sentuhan dalam jangka waktu lama dan masih banyak lagi.
  • Ketika melakukan pengujian tersebut aplikasi ini nantinya akan bisa menampilkan keakuratan dari setiap jenis sentuhan.
  • Dan apabila teks tersebut telah dilakukan maka nantinya akan muncul sebuah notifikasi calibration successfully, baru setelah itu Anda klik tulisan oke yang ada di notifikasi tersebut.
  • Baru setelah itu Anda harus memuat ulang atau melakukan restart pada ponsel Android Anda. Anda sudah bisa melihat hasilnya dan layar touchscreen pun sudah kembali seperti semula.

Baca Juga: 5 Tipe Smartphone Baterai Besar

1. Memperbaiki Touchscreen yang Kurang Sensitif Pada Ponsel Xiaomi

Agar bisa meningkatkan sensitifitas dari layar touchscreen untuk ponsel Android bermerek Xiaomi maka anda bisa melakukan kalibrasi layar. Xiaomi juga telah dilengkapi dengan adanya tool secara khusus yang digunakan untuk mengecek Apakah hardware pada ponsel masih berfungsi dengan baik atau tidak. Nah, berikut ini adalah cara untuk melakukan kalibrasi touchscreen ponsel Android:

  • Langkah yang pertama Anda harus masuk ke dalam aplikasi telepon.
  • Kemudian anda bisa mengetik ##6484##
  • Kemudian nantinya akan muncul notifikasi dari menu hardware test dan Anda bisa memilih opsi proximity tes.
  • Nah, kemudian setelah itu Anda bisa menutup area proximity sensor yang ada di bagian atas layar dengan menggunakan jari baru setelah itu Anda tekan tulisan calibrate.
  • Untuk langkah yang berikutnya Anda bisa menjauhkan jari yang menutupi proximity sensor sampai angka yang ada di bagian atas telah menampilkan angka. Umumnya setelah menunjukkan adanya angka 5.0 kemudian muncul pesan calibration passed.
  • Nah, setelah itu Anda bisa menekan tombol pass baru setelah itu klik tombol home untuk bisa kembali menuju home screen.

2. Melakukan Kalibrasi Touchscreen Untuk Ponsel Samsung

Bagi para pengguna HP Samsung tidak perlu cemas pada saat layar dari touchscreen mengalami masalah Sebab di dalam HP Samsung telah dilengkapi dengan adanya fitur setting kalibrasi.

Cara yang bisa dilakukan ialah Anda harus masuk terlebih dahulu ke display setting yang ada di ponsel Samsung. Kemudian Anda bisa melakukan pengaturan ulang untuk HP Android Samsung yang ada di dalam setting display, dengan cara klik tulisan horizontal calibration setelah itu Anda bisa mengaturnya menjadi alternatif dan Anda tidak boleh mengaktifkan fitur auto rotation.

3. Melakukan Kalibrasi Touchscreen Untuk Smartphone Oppo

Nah, bagi para pengguna Oppo bisa mendownload multi-touch tester. Dengan adanya multi-touch ini maka semua kalibrasi pun bisa dilakukan dengan mudah. Untuk bisa mendownload multi-touch tester Anda bisa membuka Google play store dan bisa mengunduhnya dengan gratis. Untuk menggunakan multi teks ini Anda bisa mencoba menempelkan seluruh jari dan apakah semua jari yang ada tempelkan terhitung semua atau tidak.

Itulah sekilas informasi yang bisa diberikan kepada Anda mengenai cara melakukan kalibrasi touchscreen untuk ponsel Android. Dengan adanya informasi diatas semoga saja bisa membantu Anda yang berjalan yang mengalami macet pada bagian touchscreen.

Beberapa Jenis Smartphone Murah dengan Kamera Terbaik

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP