Cara Install Windows di Macbook Tanpa Bootcamp

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
311-windows mac 1
Daftar Topik

Berbeda dengan PC atau laptop yang sudah dilengkapi dengan sistem operasi di dalamnya. Macbook tidak dilengkapi dengan windows. Sehingga kamu harus menginstall sendiri windows pada macbook. Kamu bisa menginstall sendiri windows ke macbook. Window 7.7 ataupun 10.

Kamu bisa melakukan dual boot antara windows dan mac. Sehingga antara keduanya, mac dan windows bisa berjalan sendiri-sendiri. Tetapi terdapat kelemahan dalam hal ini, yaitu kamu tidak bisa beralih dengan cepat dari windows beralih ke mac. Kamu harus men-shutdown atau mematikan windows kamu untuk beralih ke mac, dan apabila kamu ingin beralih dari mac ke windows, kamu juga harus mematikan mac terlebih dahulu.

Tentu saja hal tersebut membuat kita menjadi ribet dan kesulitan serta membutuhkan proses yang lama. Tapi, ada solusi untuk hal tersebut, jadi kamu tidak perlu lagi bersusah-susah. Kamu bisa menginstall windows pada macbook tanpa boot. Tetapi menggunakan parallels. Sekarang sudah terdapat versi terbaru dari parallels, yaitu parallel versi 12.

Parallels ini sudah populer dan terkenal di kalangan pengguna macbook pada hal melakukan virtualisasi  windows untuk mac. Bagi kamu para pengguna macbook, parallels ini bisa menjadikan parallels untuk melakukan penginstalan windows pada macbook.

Cara Penggunaan Parallels dalam Menginstall Windows di Macbook


  1. Kamu dapat melakukan penginstalan parallel desktop for mac. Caranya yaitu, kamu harus mendownload parallels melalui situs resmi parallels. Hal tersebut tentunya gratis atau tidak berbayar. Apabila sudah terdownload, selanjutnya kamu bisa menginstall parallels desktop for mac pada macbook kamu.
  2. Menyiapkan file ISO windows yang kamu ingin install pada macbook kamu, semisal kamu bisa menyiapkan ISO windows 10. Cara mendapatkannya, yaitu kamu bisa mendownloadnya pada situs resmi microsoft. Apabila sudah terdownload, kamu bisa meletakkan file tersebut pada direktori yang menurut kamu bisa dengan mudah kamu ambil atau kamu jangkau.
  3. Setelah keduanya selesai, yaitu penginstalan parallels dan juga kamu sudah memiliki file ISO, selanjutnya kamu langsung bisa membuka parallels.
  4. Apabila kamu belum pernah sama sekali menggunakan parallels, maka kamu akan dibawa masuk masuk pada tampilan Parallels wizard.
  5. Setelah masuk ke menu tersebut, akan terdapat dua pilihan yaitu, install windows or another OS from a dvd or image files dan Transfer windows from a pc. Kemudian kamu bisa memilih, install windows or another OS from a dvd or image files. Karena kamu kan melakukan penginstalan windows ke macbook melalui dvd atau file.
  6. Kamu harus mengingat tempat kamu meletakkan file ISO yang sudah kamu download. Karena pada tahap selanjutnya yaitu, kamu harus memilih file ISO yang akan kamu install.
  7. Apabila kamu sudah memilih file ISO yang kamu ingin install, selanjutnya kamu bisa memasukkan serial key atau bisa disebut dengan password. Nah, untuk password ini, kamu bisa membelinya langsung di microsoft. Tentunya hal tersebut berbayar.
  8. Apabila kamu sudah memasukkan, serial key selanjutnya kamu bisa meng klik continue.
  9. Selanjutnya kamu bisa memilih pengaturan otomatis windows. Pilihlah pengaturan sesuai dengan kebutuhan yang akan kamu gunakan. Tapi kamu tetap bisa menggantinya, meskipun di kemudian hari, terdapat pengaturan yang lain yang belum kamu pilih, tetapi kamu membutuhkannya.
  10. Apabila sudah selesai, selanjutnya kamu bisa memilih direktori mana yang kena kamu gunakan untuk menyimpan mesin virtual parallels. Apabila telah terpilih, kamu bisa melanjutkan dengan meng klik continue.
  11. Lalu akan terjadi proses penginstalan. Kamu bisa menunggu proses penginstalan hingga selesai yaitu dimulainya dengan kemunculan kotak dialog pada install windows 10.
  12. Kemudian akan terdapat langkah-langkah yang bisa kamu ikuti. Ikuti langkah-langkah tersebut. Setelah selesai, kamu akan langsung masuk ke tampilan dekstop dari windows 10.
  13. Apabila kamu sudah masuk ke tampilan dekstop dari windows 10. Kamu akan melihat kotak dialog yang berisikan instalasi yang kamu tidak tahu, yang perlu kamu tahu, kotak dialog tersebut, merupakan instalasi driver beserta komponen dari parallels supaya windows dapat bekerja menggunakan semua hardware dari macbook.
  14. Apabila telah selesai, kamu bisa langsung mengaktifkan windows pada menu setting kemudian pilih update dan security selanjutnya kamu bisa pilih activation. Tentunya hal tersebut memerlukan koneksi internet. Kemudian kamu bisa menunggu proses aktivasi hingga selesai.
  15. Selesai. Windows 10 sudah terinstall di macbook.

Itulah cara install windows 10 pada macbook tanpa menggunakan bootcamp. Cara tersebut, akan mudah dilakukan apabila kamu benar-benar mengikuti langkah-langkah yang telah disebutkan di atas. Mengenai tentang versi windows yang digunakan, sebenarnya kamu bisa menggunakan windows versi berapapun. Tapi lebih baik kamu menggunakan windows versi 10 atau windows yang terbaru.

BACA JUGA! TIPE LAPTOP TERBAIK UNTUK PARA PELAJAR

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP