Cara Install Playstore di STB Indihome Tanpa Root

0

STB indihome merupakan suatu alat yang bisa digunakan untuk menerima sinyal IP TV dari perangkat modem indihome yang kemudian akan mengkonversinya untuk menjadi sebuah sinyal video yang selanjutnya akan ditampilkan pada layar TV monitor. Dari indihome STB tersebut sudah otomatis terinstal dengan aplikasi default Usee TV bawaan dari indihome itu sendiri. dengan demikian akan memudahkan bagi para penggunanya saat sekali menyalakan alat tersebut untuk langsung ke tampilan TV kabel.

Nah, dalam artikel kali ini kami akan membahas tentang cara instal playstore di STB indihome tanpa root yang di sini kami ambil contoh untuk keperluan CCTV. Aka di sini juga kami akan memakai STTB dengan merk fiberhome bawaan dari indihome itu sendiri.

Di dalam proses ini sendiri kamu harus membutuhkan aplikasi tambahan untuk kemudian di install di dalam STB indihomenya. Aplikasi tersebut yakni aptoide yang dapat kamu unduh terlebih dahulu. Apikasi aptoide tersebut merupakan suatu aplikasi yang serupa dengan play Store yang terdapat di Android. Di dalam aplikasi aptoide tersebut kamu bisa menginstal aplikasi apapun yang bisa kamu gunakan untuk berbagai keperluan CCTV. Langsung saja kita melangkah ke cara-caranya di bawah ini.

Fungsi STB Indihome

Pada dasarnya fungsi utama dari STB indihome yaitu untuk menerima sinyal IP TV dan kemudian mengkonversinya ke dalam sinyal video untuk bisa ditampilkan kepada pemirsa televisi. sebagai tambahan nya STB juga telah menyediakan user interface yang bisa memungkinkan kamu untuk memilih sendiri program video yang ingin kamu lihat.

Sedangkan dalam melakukan tugas tersebut, maka STB sendiri harus berisikan elemen yang mana fungsinya adalah sebagai berikut:

  • Interface network yang digunakan sebagai penerima sinyal televisi dan kemudian mentransmisikan ke user
  • output video dan audio yang berfungsi untuk dikoneksikan ke display video dan kemudian sistem speaker-nya di user
  • User interface yang terdapat di panel depan STB tersebut yang digunakan sebagai interface ke screen display dan juga remote control

Sedangkan STP sendiri juga dilengkapi dengan beberapa fitur berupa Conditional akses hardware/software yang mana akan mendukung security untuk konten hard disk drive dan juga untuk recording video program.

Cara Instal Aplikasi Android di STB Indihome

Cara untuk menginstal aplikasi Android di STB indihome yang harus kamu lakukan yaitu dengan mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Langkah pertama yaitu dengan mendownload aplikasi aptoide dan kemudian filenya disimpan di dalam flash disk
  • Langkah berikutnya setelah kamu menyimpan aplikasi aptoide tersebut di dalam flashdisk, maka colokkan flashdisk tersebut ke port USB yang berada di STB indihomenya. Selanjutnya kamu bisa menyalakan STB indihome tersebut dan ketika STB booting untuk masuk ke Usee TV maka silakan untuk menekan tombol home yang ada di remote STB dan kemudian kamu sudah masuk ke menu
  • Setelah berhasil masuk ke menu home kemudian arahkan kursor nya ke menu media center yaitu dengan memakai remote STB. Setelah itu arahkan lagi kursornya ke atas yakni ke menu pencarian dan ketikan “APK” kemudian tekan enter dan Klik tombol search dengan menggunakan mouse
  • Setelah kamu menemukan file aplikasinya, maka install aptoide tersebut dan tunggulah hingga proses menginstal selesai
  • Jika proses menginstalnya sudah selesai, maka kembalilah ke menu home atau bisa dengan menekan bak yang terdapat di remote STB atau bisa mengklik kanan dengan menggunakan mouse dan masuk lah ke menu my app
  • Selanjutnya carilah dan buka aplikasi aptoide nya yang sudah berhasil diinstal di My App
  • Sebelum kamu membuka aplikasi aptoide maka pastikan terlebih dahulu bahwa STB nya sudah terkoneksi ke jaringan internet dengan menggunakan kabel LAN. Apabila kamu sudah membuka aplikasi aptoide maka di kolom pencarian yang terletak di bawah kamu ketikkan aplikasi CCTV yang akan kamu install dan dipakai untuk streaming pada monitor TV
  • Cara menginstal sudah selesai

Sebenarnya pada setiap tipe STP sendiri kemungkinan akan memakai cara yang berbeda satu sama lain. akan tetapi pada dasarnya intinya sama saja yaitu untuk menginstal aplikasi Android nya. Nah, sedangkan pada tutorial di atas kami memang menggunakan STB fiberhome yang merupakan bawaan dari indihome itu sendiri.

Nah, mungkin cukup itu dulu ulasan tentang cara instal playstore di STB indihome tanpa root yang sudah kami jelaskan dan sudah kami rangkum untuk bisa kamu pelajari. Apabila ternyata masih banyak kekurangan dari informasi yang kami sediakan di atas, maka kamu bisa memberikan kritik serta saran yang membangun guna perbaikan artikel kami. Semoga bermanfaat dan bisa kamu jadikan sebagai referensi saat akan mencari tahu cara install PlayStore di STB indihome.