Cara Format Kartu SD di Ponsel Android

0

Media penyimpanan eksternal pada smartphone yang biasa disebut juga dengan kartu SD tentu suatu saat akan mengalami masa jenuhnya. Dengan kata lain, kartu SD yang digunakan sudah mencapai keadaan full memory atau tidak dapat menampung file lagi. Agar dapat melonggarkan kembali ruang penyimpanan di dalamnya maka harus dilakukan pengosongan kembali.

Proses tersebut dalam bahasa komputer disebut juga dengan format. Bagi sebagian orang, setelah memindahkan file-file penting didalamnya mungkin akan bingung dalam melakukan format pada kartu SD. Dalam hal ini, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memformat kartu SD diantaranya dapat dilihat pada penjelasan berikut.

Memformat Kartu SD Melalui Perangkat Android


Pada dasarnya memformat kartu SD pada ponsel merupakan hal yang sangat mudah. Hal ini bahkan dapat dilakukan melalui perangkat Android terkait yang sedang digunakan. Cara ini akan dapat dilakukan jika kartu SD telah terpasang dengan benar tentunya. Dengan demikian, kartu SD akan dapat terdeteksi pada smartphone Android dan lebih lanjut cara untuk memformatnya dapat dilakukan.

Dalam hal ini langkah pertama yang dilakukan adalah membuka setting pada perangkat Android. Biasanya menu ini hadir dengan ikon berbentuk gir pada bagian App Drawer perangkat Android. Setelah itu, cari dan klik menu Storage dan dilanjutkan dengan memilih Device maintenance jika menggunakan smartphone Samsung. Kemudian ketuk nama kartu micro SD yang biasanya terletak dibawah heading “Portable storage”.

Selanjutnya cari dan ketuk &# 8942 yang terletak di bagian sudut kanan atas. Pada bawah terdapat menu drop down, pilih menu tersebut untuk menuju ke Storage Settings. Langkah selanjutnya adalah mengetuk menu Format apabila hanya ingin memformat kartu SD. Selain itu juga dapat memilih Format as internal apabila ingin mengatur kartu SD sebagai tempat penyimpanan internal.

Apabila menggunakan perangkat Samsung, maka sebelumnya pilih menu Storage yang biasanya terletak di bagian bawah tampilan layar. Selanjutnya pilih Erase & Format yang juga terletak pada bagian bawah tampilan layar. Setelah itu, secara otomatis kartu SD yang dipasang pada perangkat ponsel Android akan mulai diproses. Tunggu selama beberapa detik maka kartu SD kamu sudah dalam keadaan seperti baru atau kosong sepenuhnya.

Memformat Kartu SD Melalui Komputer Windows


Langkah pertama dalam memformat kartu SD dengan cara ini adalah menghubungi kartu SD ke komputer Windows. Hal tersebut dapat dilakukan secara langsung dengan memasukkan kartu SD ke slot kecil pada komputer. Akan tetapi jika tidak memungkinkan, maka dapat dilakukan dengan menggunakan alat yang biasa dikenal sebagai adaptor SD ke USB.

Langkah selanjutnya adalah mengklik start yang ditandai dengan logo windows biasanya terletak di sudut kiri bawah. Langkah ini juga dapat dilakukan dengan menekan tombol Win yang disediakan pada keyboard. Langkah selanjutnya adalah membuka File Explorer yang disediakan di sebelah kiri tampilan jendela start.

Kemudian klik My Computer yang ditandai dengan ikon bergambar monitor pada sebelah kiri tampilan jendela File Explorer. Setelah itu, klik nama kartu SD yang ditampilkan di bawah heading “Devices and drives”. Letak dari menu tersebut berada di bagian tengah jendela This PC.

Dalam hal ini, pada nama kartu SD biasanya terdapat keterangan dengan tulisan “SDHC”. Selanjutnya klik tab Manage yang merupakan item menu terletak pada bagian sisi kiri atas tampilan This PC. Kemudian klik Format yang terletak pada bagian kiri atas jendela dan ditampilkan dalam bentuk kadar flash drive.

Pilihan tersebut juga ditandai dengan gambar anak panah melingkar yang berwarna merah pada bagian atasnya. Selanjutnya kamu akan diarahkan menuju jendela Format dan lanjutkan dengan mengklik kotak yang berada di bawah heading File System. Menu tersebut terletak pada bagian atas halaman yang ditampilkan.

Setelah itu klik menu buka bawah kemudian akan ditampilkan berbagai macam opsi yaitu terdiri dari NTFS, FAT32, dan exFAT. Dalam hal ini, NTFS adalah pilihan menu yang menunjukkan format default pada sistem operasi Windows dan khususkan untuk komputer. Sementara itu, FAT32 merupakan format paling kompatibel yang dapat digunakan baik pada komputer Mac maupun Windows dengan batas penyimpanan 32 GB.

Sedangkan opsi terakhir merupakan yang paling direkomendasikan dalam hal ini yaitu exFAT karena tidak memiliki batas penyimpanan. Klik format yang diinginkan sebagai jenis format untuk kartu SD kamu. Selain itu, apabila kartu SD sudah pernah diformat sebelumnya maka centang kotak Quick Format.

Setelah itu klik Start dilanjutkan dengan keterangan OK maka kartu SD akan mulai dilakukan proses format oleh Windows. Pada proses format tersebut seluruh file dihapus secara permanen dan akan muncul suatu tampilan. Klik OK pada tampilan tersebut, dengan demikian kartu SD telah diubah untuk dapat mendukung format yang dapat dipilih.

Itulah cara yang dapat dilakukan untuk dapat memformat kartu SD di ponsel Android. Kamu dapat memilih salah satu dari cara diatas yang menurutmu paling mudah untuk dilakukan.

BACA JUGA! 

Ini Dia Cara Memindah Aplikasi Ke Sd Card dengan Cepat dan Mudah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here