Cara Format Hardisk Eksternal yang Benar

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
211-harddisk eksternal 1
Daftar Topik

Apabila mendengar kata hardisk, tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga kamu. Hardisk merupakan komponen dalam PC dan sebagainya yang berfungsi untuk menyimpan berbagai jenis file. Umumnya, hardisk sudah ada pada PC sejak pembelian karena hardisk merupakan komponen yang penting yang harus ada pada PC. Namun, terkadang para pengguna masih kekurangan penyimpanan. Begitu banyak file, sehingga membuat hardisk penuh.

Bagi kamu yang mengalami hal tersebut, kamu tidak perlu pusing. Karena telah banyak hardisk eksternal yang bisa kamu beli dan bisa kamu gunakan untuk menyimpan berbagai file sama seperti hardisk yang ada PC kamu.

Hardisk eksternal memiliki banyak kelebihan, seperti kapasitas penyimpanan yang besar, kemudahan dalam penggunaanya dengan konektivitas menggunakan USB, mudah dibawa kemana-mana.

Umumnya, komponen-komponen yang terdapat pada PC seperti hardisk eksternal, pastinya rentan error atau rusak apabila tidak dirawat dengan baik. Salah satu yang menyebabkan hardisk eksternal error adalah file yang terdapat pada hardisk terlalu banyak sehingga menyebabkan hardisk penuh. Melambatnya kinerja hardisk eksternal dapat terjadi jika hardisk eksternal tidak ditangani dengan baik.

Ketika menggunakan hardisk eksternal, kamu harus memperhatikan tanda-tanda yang membuat harddisk perlu diformat agar tidak terjadi kerusakan. Pertama, ketika kamu mengakses komputer tiba-tiba muncul kode error yang disertai dengan perintah untuk merestart komputer atau PC.

Pemformatan Harddisk Eksternal


Cara yang paling ampuh yang dapat digunakan untuk memperbaiki hardisk eksternal agar tidak rusak adalah dengan memformatnya. Cara pemformatan hardisk yang tidak sesuai atau tidak benar malah bisa menyebabkan hardisk menjadi rusak dan tidak bisa dipakai. Buat kamu yang ingin melakukan pemformatan harddisk, berikut merupakan cara memformat hardisk eksternal yang benar dan bisa kamu coba.

  1. Pasang hardisk external pada PC atau komputer dengan menggunakan USB yang ada pada hardisk eksternal.
  2. Cadangkan file-file penting yang ingin kamu lindungi agar tidak hilang setelah pemformatan. Karena dengan format hardisk, akan menghapus seluruh file yang ada pada hardisk
  3. Buka my computer atau this pc yang terdapat pada jendela komputer atau PC atau lebih mudahnya anda bisa menekan tombol window pada keyboard bersamaan dengan tombol E pada keyboard atau win+E maka seluruh penyimpanan akan ditampilkan.
  4. Selanjutkan, kamu klik kanan pada hardisk yang ingin kamu format. Selanjutnya klik “format”.
  5. Pastikan kamu memilih hardisk yang benar-benar ingin kamu format, karena file atau data yang telah terformat akan hilang atau terhapus.
  6. Selanjutnya pasti akan muncul jendela format. Kamu bisa pilih sistem berkas, lalu pilih pilihan exFAT atau FAT32.
  7. Selanjutnya akan ada pemilihan tipe format yang ingin kamu lakukan. Pertama, quick format, yaitu memformat harddisk dengan cepat dan hanya sebatas memformat harddisk saja. Kedua, format standar. Kamu bisa menggunakannya apabila kamu curiga ada masalah lain dalam harddisk dan tidak akan hilang hanya dengan quick format.
  8. Untuk memulai proses format, kamu dapat meng-klik start lalu klik oke.

Proses format tersebut sangat mudah dilakukan, jadi kamu tidak perlu bingung atau takut bahkan ragu untuk melakukan pemformatan. Selain menggunakan cara tersebut, juga ada cara pemformatan harddisk dengan menggunakan cmd atau command prompt yang ada di windows kamu, caranya sebagai berikut.

  1. Pasang harddisk kamu pada komputer atau PC dan ingat nama perangkat yang ada di harddisk. Sebelum pemformatan harddisk, sebaiknya cadangkan file-file yang kamu anggap penting agar tidak ikut hilang atau terhapus.
  2. Buka command prompt dengan cara klik pada tombol start, lalu ketik cmd selanjutnya klik kanan di ikon tulisan cmd pada hasil pencarian lalu kamu pilih Run As Administrator. Maka jendela cmd akan terbuka.
  3. Ketik pada cmd, format g: /q (maka akan memformat drive G) jadi jangan sampai salah drive. Selanjutnya tekan tombol enter. Selesai. Maka harddisk yang ingin kamu format telah terformat.

Perawatan harddisk eksternal perlu dilakukan dengan baik, agar tidak mengalami error. Jangan membuat harddisk kamu terbanting, karena benturan yang keras dapat menyebabkan harddisk error.

Jauhkan harddisk kamu dari cairan, cairan yang membasahi harddisk atau masuk ke dalam harddisk sudah pasti membuat harddisk menjadi error bahkan sampai rusak. Jangan sering-sering mencabut pasang kabel USB yang terdapat pada harddisk. Jauhkan harddisk dari benda-benda yang dapat membuat gerakan paksa pada harddisk seperti benda-benda bermagnet.

Itulah cara pemformatan harddisk yang benar agar tidak terjadi kerusakan pada harddisk kamu setelah proses pemformatan. Karena, proses format yang salah bisa membuat harddisk menjadi rusak. Setelah selesai proses pemformatan, kamu harus merawat atau menggunakan hardisk eksternal kamu dengan baik, agar tidak mengalami error. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA! 5 MERK SSD TERBAIK HARGA MURAH

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP