Home Editor's Choice Gadget /Komputer Cara Flash Xiaomi Redmi 2 Tanpa PC

Cara Flash Xiaomi Redmi 2 Tanpa PC

0
Cara Flash Xiaomi Redmi 2 Tanpa PC

Bagi para pengguna smartphone tentunya istilah flash sudah tidak asing ditelinga. Fungsi dari flash pada smartphone juga banyak. Cara flash setiap merk HP tidak selalu sama. Biasanya untuk melakukan flash dibutuhkan PC. Namun, Kamu juga bisa melakukan flash smartphone tanpa PC. Salah satu merk HP yang banyak penggunanya adalah Xiaomi Redmi 2. Cara flash Xiaomi Redmi 2 tanpa PC akan dijelaskan pada uraian berikut ini.

Fungsi Flash pada Smartphone


Flash memang sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Namun apakah Kamu sudah mengetahui apa saja fungsi flash pada smartphone? Beberapa fungsi flash pada smartphone antara lain:

  • Mampu Menghilangkan Virus Akut

Untuk menghilangkan virus merupakan salah satu alasan mengapa flash pada smartphone dilakukan. Terdapat beberapa virus yang tidak bisa dihilangkan dengan menggunakan antivirus maupun factory reset. Jadi, flash virus yang ada di dalam smartphone dijadikan solusi agar smartphone menjadi bersih kembali.

  • Mengatasi Aplikasi yang Sering Terjadi Force Close

Fungsi lainnya yaitu supaya smartphone tidak mengalami force close secara tiba-tiba ketika Kamu sedang membuka suatu aplikasi. Force close tentu akan sangat menganggu dan menghambat Kamu ketika sedang membuka aplikasi yang sangat penting.

  • Meningkatkan Performa Smartphone

Smartphone akan menurun performanya pada saat dipakai dalam jangka waktu yang lama. Untuk mengatasi hal ini, beberapa orang memilih melakukan flash agar performa smartphone meningkat. Selain itu, flash juga bisa membantu untuk menambahkan berbagai macam fitur smartphone serta menghapus fitur yang tidak dipakai.

Cara Flash Xiaomi Redmi 2 Tanpa Menggunakan PCVia Recovery


Melakukan flash HP Xiaomi Redmi 2 bisa dilakukan tanpa PC dengan berbagai macam cara. Salah satunya yaitu via recovery. Langkah-langkahnya:

  • Download ROM Recovery Xiaomi Redmi 2.
  • Setelah itu copy paste ROM Recovery Xiaomi Redmi 2 ke bagian Internal Storage. Letakkan di luar folder. Kemudian rename file ROM diubah menjadi update.zip.
  • Jika sudah, menyalakan smartphone dengan cara menekan tombol bagian volume atas + power secara bersamaan. Tahanlah sampai muncul logo Mi selama beberapa saat, lalu lepaskan.Secara otomatis akan masuk ke menu factory mode. 
  • Pilihlah Recovery.Tunggu hingga masuk ke bagian recovery mode. Sesudah masuk ke recovery mode, pakai tombol volume atas atau bawah untuk memilih menu. Sedangkan bagian tombol power untuk OK. Pada menu recovery pilihlah tulisan Install update.zip to System. Jika sudah,untuk mengkonfirmasi tekanlah tombol power, lalu pilih yes.
  • Sekarang tunggulah proses update yang sedang berlangsung.
  • Selesainya proses update ditandai dengan adanya tulisan update complete yang berwarna hijau.
  • Selesai update pilihlah reboot system. Tunggulah proses booting yang memakan waktu cukup lama yaitu sekitar 10 hingga 20 menit.

Jika Kamu memakai ROM abal-abal atau Developer China, maka sebaiknya update saja memakai metode Fastboot, janganlah via Recovery.

Flashing Xiaomi Redmi 2 Via SD Cardatau Via TWRP


Proses flashing dilakukan untuk mengganti ROM yang telah ada dengan ROM yang baru. Pada proses ini seluruh data pada memori internal akan hilang. Jadi,sebaiknya Kamu terlebih dahulu melakukan backup data yang dianggap penting. Langkah-langkah flashing Xiaomi Redmi 2 via SD card atau via TWRP:

  • Backup data

Jika masalahnya bukan softbrick atau bootloop, maka lakukan backup data terlebih dahulu.

  • Download TWRP

Download dan install TWRP pada HP Xiaomi Redmi 2.Jika sudah terpasang, maka lanjut saja ke tahap yang selanjutnya.

  • Matikan HP

Matikanlah HP Xiaomi Redmi 2 Kamu.

  • Masuk Recovery

Setelah itu, masuk ke bagian recovery.Jika HP Kamu masih normal, untuk bisa masuk ke recovery bisa melalui updater. Caranya yaitu dengan memilih menu reboot to recovery mode atau menu mulai ulang ke mode pemulihan. Tetapi, jika HP Xiaomi Redmi 2 Kamu mengalami bootloop atau softbrick, tekan saja tombol kombinasi antara tombol power + volume atas. Tekan dan tahanlah hingga masuk ke bagian recovery. 

  • Wipe Data

Langkah berikutnya pilih wipe, lalu pilih swipe to factory reset.

  • Pilih File ROM

Jika sudah, carilah file ROM untuk flashing yang sudah di simpan di SD Card.

  • Install ROM

Kemudian klik tombol install image. Tunggulah hingga proses flashing selesai.

  • Reboot HP

Jika proses flashing sudah selesai, pilihlah menu reboot, lalu pilih menu system.

  • Restart

Sekarang HP Xiaomi Redmi 2 Kamu akan di restart serta masuk ke pengaturan awal seperti ketika Kamu membeli HP yang baru.

Itulah 2 cara flash Xiaomi Redmi 2 tanpa PC via recovery dan via SD Card atau via TWRP yang bisa Kamu coba lakukan. Pilih saja salah satu diantara kedua metode tersebut yang Kamu anggap lebih mudah dilakukan. Sebelum melakukan flashing, pastikan untuk memahami langkah-langkahnya dengan baik agar tidak kebingungan ketika proses flashing sudah berjalan.

BACA JUGA! HP XIAOMI BAGUS GAK SIH? INILAH KELEBIHAN DAN KEKURANGANNYA!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here