Cara Flash Oppo R831K Tanpa PC

0

HP Oppo merupakan salah satu pabrikan smartphone Android yang ada di Indonesia yang saat ini sedang populer. HP Oppo ini lahir dengan menggunakan tag line phone camera yang mana memiliki arti sebuah ponsel yang punya teknologi kamera tinggi bagaikan kamera DSLR. Nah, untuk kamu yang suka dan kembar dengan fotografi, maka sangat cocok sekali memiliki HP varian Oppo ini.

Bukan hanya dari segi kualitas saja, HP Oppo ini juga tak perlu diragukan lagi dari segi yang lainnya. saat menggunakan HP Oppo kamu akan merasakan nyaman untuk kegiatan sehari-hari. Akan tetapi sebagus apapun smartphone yang kamu miliki, yang namanya teknologi tentunya bisa mengalami beragam masalah secara umum.

Misalnya seperti beberapa masalah yang umum dihadapi oleh pengguna Oppo Neo yaitu hanya mengeluarkan tulisan Oppo saja atau disebut dengan bootloop. Selain itu juga seperti mengalami lupa pola kunci atau password, Oppo Neo dipaksa untuk berhenti saat membuka aplikasi dan lain sebagainya. Hal tersebut tentunya akan membuat kamu tidak bisa memakai HP Oppo kesayangan kamu untuk melakukan berbagai kegiatan seperti chattingan maupun upload story. Nah, Supaya masalah-masalah tersebut bisa diatasi, maka biasanya kamu lebih sering akan membawanya ke tukang service handphone bukan?

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa Oppo Neo terdiri dari beberapa tipe yakni Oppo Neo, Oppo Neo 3, Oppo Neo 5 dan juga Oppo Neo 7. Nah, sedangkan jika HP Oppo Neo 3 R831K kamu sedang mengalami bootloop, maka yang harus kamu lakukan yakni perlu melakukan flashing.

Cara melakukan flashing atau instal ulang Oppo Neo 3 R831K ini sebenarnya sangat mudah. Akan tetapi, flash HP Oppo juga sebenarnya punya risiko yakni semua data di HP kamu ya ini di memori internal akan hilang. Maka dari itu, pastikanlah bahwa kamu sudah melakukan back up pada data-data yang ada di memori internal hp kamu sebelum kamu melakukan flash Oppo R831K.

Bahan yang Diperlukan

Dalam melakukan flash Oppo R831K tanpa PC yaitu dengan menggunakan alat kartu SD. Tanya bukan berupa kartu SD saja, mainkan kamu juga harus mendownload firmware Oppo Neo 3 R831K.

Persiapan Sebelum Flash Oppo R831K Tanpa PC

Sebelum kamu mulai flash Oppo Neo 3 R831K, maka kamu harus mengunduh file firmware Oppo Neo 3 R831K terlebih dahulu. Setelah itu barulah kamu pindahkan file tersebut ke dalam SD card dan jangan diletakkan di dalam folder.

Langkah Flashing Oppo Neo 3 via SD Card

Di bawah ini cara flash Oppo R831K tanpa PC yakni dengan menggunakan SD card:

  • Pertama-tama matikanlah HP Oppo Neo 3 R831K milikmu. Apabila HP Oppo milikmu dalam keadaan bootloop, maka kamu diharuskan untuk mencopot baterai HP Oppo tersebut kemudian pasang kembali
  • Selanjutnya yaitu masuk ke dalam recovery mode. Caranya yaitu dengan menekan tombol volume down beserta tombol power secara bersamaan hingga muncul logo Oppo yang bertuliskan “recovery mode” yang berada di bawah pojok kiri.
  • Setelah berhasil masuk ke recovery mode, maka pilihlah bahasa yang ingin kamu pakai dan untuk memudahkannya pilih bahasa Inggris.

sebagai catatan sebaiknya kamu memilih dengan menggunakan layar sentuh karena fitur recovery mode Oppo ini sudah bisa mendukung touchscreen. Akan tetapi untuk beberapa kasus, touchscreen ini tidak dapat dipakai untuk mode recovery dan solusinya yaitu dengan menggunakan tombol volume atas atau bawah untuk dipakai navigasi serta tombol power untuk dipakai memilih.

  • Jika kamu sudah memilih bahasa yang ingin dipakai, lalu pilihlah “Wipe data and Cache“.
  • Kemudian akan muncul sebuah peringatan bertuliskan “Your cache and data will be wiped, this operation cannot be restored“, dan selanjutnya tekan “Yes“. Tunggulah proses wipe data tersebut sampai selesai. Hal tersebut bertujuan untuk membersihkan seluruh data beserta cache supaya proses flashing dapat berjalan lancar.
  • Selanjutnya pilihlah “Install from SD“.
  • Kemudian cari file yang sudah kamu download dan sudah kamu letakkan di kartu SD kemudian tekan “Yes”
  • Saat inilah proses flash Oppo Neo 3 R831K sedang berjalan dan tunggulah hingga beberapa menit sampai proses instal ulangnya berhasil.
  • Jika proses flash Oppo Neo 3 R831K telah selesai, maka tekan “reboot” guna melakukan booting di Oppo Neo 3 R831K milikmu
  • Kemudian tunggulah hingga proses booting tersebut selesai dan biasanya membutuhkan waktu hingga beberapa menit
  • Proses selesai dan kini Oppo Neo 3 R831K milikmu sudah bisa kamu pakai kembali

Nah, itulah tadi cara flash Oppo R831K tanpa PC yang dijamin 100% berhasil tanpa gagal. semoga artikel di atas bisa membantu kamu untuk mengatasi permasalahan pada Oppo Neo 3 R831K milikmu. Selamat mencoba.