Cara Flash Oppo R1001 Tanpa PC

0

Oppo Joy R1001 merupakan salah satu merek smartphone yang cukup lama. Oleh karena itu tidak heran jika pengguna handphone ini terkadang menemukan keganjalan. Misalkan saja yaitu handphone yang tidak mau hidup serta hanya berhenti pada bagian logonya saja. Kondisi tersebut biasa dikenal dengan istilah bootloop yang membuat penggunanya tidak bisa masuk ke menu home Android.

Adapun penyebab dari kondisi tersebut dapat bermacam-macam. Salah satunya yaitu karena salah dalam memodif aplikasi, selain itu juga dapat disebabkan karena menghapus aplikasi bawaan android. Meskipun demikian tidak perlu khawatir karena terdapat cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah.

Tersebut cara yang dapat ditempuh dalam hal ini yaitu dengan melakukan flashing. Adapun cara untuk dapat mengatasi hal tersebut lebih lanjut akan dijelaskan pada beberapa ulasan di bawah ini.

Cara Flash Oppo R1001 Tanpa PC


Salah satu kelebihan dari Oppo Joy R1001 ini adalah pada proses flashing dapat dilakukan tanpa menggunakan PC. Hal tersebut dapat terjadi karena pada ponsel ini terdapat fitur install from SD. Lebih lanjut fitur tersebut nantinya akan dapat digunakan untuk menginstal file firmware resmi yang disediakan oleh Oppo.

Adapun langkah pertama yang harus dilakukan dalam melakukan flashing tanpa pc yaitu pastikan bahwa perangkat ponsel sudah memiliki stock rom Oppo Joy. Fitur tersebut dapat didownload dan dicari melalui mesin pencarian di internet. Setelah berhasil didownload maka copy file stock rom tersebut ke ke kartu sd atau memori eksternal ponsel.

Pada langkah ini dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan alat yaitu card reader untuk menyalinnya dari pc komputer. Biasanya file tersebut hadir dalam bentuk zip dan biarkan demikian serta jangan diletakkan didalam folder. Langkah selanjutnya adalah mematikan perangkat ponsel kemudian masuk ke menu recovery.

Langkah tersebut dapat dilakukan dengan menekan tombol volume down dan power secara bersamaan. Tunggu hingga muncul logo Oppo lalu lepaskan jika berhasil. Maka tampilan awal akan terdapat beberapa opsi bahasa. Dalam hal ini pilih english dengan langsung menekannya. Setelah itu pilih opsi wipe data and cache kemudian lanjutkan dengan menekan yes.

Setelah itu pilih menu install from sd dan cari file berbentuk zip yang sudah dicopykan melalui komputer sebelumnya. Kemudian proses instalasi atau flashing akan mulai berjalan dan tunggu untuk beberapa waktu. Jika proses sudah selesai, maka Oppo R1001 dapat menyala kembali dan dapat digunakan seperti sedia kala.

Cara Flashing Oppo Joy R1001 Menggunakan PC


Melakukan flashing Oppo R1001 tanpa pc dapat dilakukan dengan sangat mudah dan lebih cepat. Akan tetapi biasanya cara tersebut terkadang masih tidak mempan untuk dapat menyalakan kembali ponsel seperti sedia kala. Jika demikian, maka mau tidak mau langkah terakhir yang harus dilakukan adalah dengan melakukan flashing menggunakan pc.

Dalam hal ini flashing dilakukan dengan menggunakan aplikasi sp flash tool. Selain itu juga dibutuhkan perangkat lainnya yaitu driver Oppo Joy R1001 dan rom Oppo Joy R1001. Sebelum memulai hal yang perlu dilakukan adalah menginstal driver Oppo Joy R1001 kemudian jalankan sp flash tool dan secara otomatis akan meload file Oppo Joy R1001 yang telah didownload dan diekstrak pada komputer.

Langkah selanjutnya yaitu mengklik tombol download untuk memulai proses flashing Oppo Joy R1001 dan pada ponsel tekan tombol volume up. Sambungkan Oppo Joy R1001 ke perangkat komputer dengan kabel usb dan proses flashing sedang berlangsung, tunggu selama beberapa menit.

Jika sudah selesai maka pada komputer akan muncul kotak dialog download dan cukup tekan oke. Dengan demikian proses flashing Oppo Joy R1001 menggunakan sp flash tool telah selesai dilakukan.

Pada cara ini juga biasanya akan dihadapkan pada beberapa permasalahan. Hal tersebut menjadi suatu kendala sehingga proses flashing tidak berjalan dengan lancar. Dalam hal ini kesalahan yang sering muncul adalah terjadi ketika menekan tombol download.

Pada saat tersebut biasanya akan muncul pesan error serta proses flashing gagal. Untuk dilakukan adapun penanganan dari masalah tersebut adalah dilakukan dengan mengisi file uboot dengan uboot.bin serta user data yang ditulis dengan userdata_nvram_only.ext4.

Lebih lanjut apabila proses flashing masih belum berjalan ketika pengisian file tersebut sudah dilakukan. Maka solusi yang dapat dilakukan adalah dengan mengganti pilihan pada kolom download only menjadi firmware update. Langkah tersebut juga dapat dilakukan dengan format all + download yang dilanjutkan dengan mengklik tombol download.

Setelah itu proses flashing akan dapat berlanjut. Dalam hal ini pada saat menyalakan smartphone maka akan muncul suatu informasi berupa encryption unsuccessful. Hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah mengklik tombol reset phone dan tunggu proses riset hingga selesai. Dengan demikian sistem dari Oppo Joy R1001 sudah dapat digunakan kembali seperti baru.

Itulah cara flash Oppo Joy R1001 baik menggunakan pc maupun tanpa pc saat terjadi bootloop. Melalui cara-cara diatas maka ponsel genggam akan dapat digunakan kembali.

BACA JUGA!

Cara Flash Oppo R831K Tanpa PC