Cara Edit Background Foto di Photoshop

0
21720 Background Photoshop Digital Photography School
Source: Digital Photography School

Cara Edit Background Foto di Photoshop – Dunia semakin canggih dengan keluarnya berbagai aplikasi yang mendukung perubahan dunia. Seperti halnya berbagai aplikasi yang bermunculan. Begitu pula dalam dunia fotografi, merubah atau mengedit foto menjadi semakin mudah. Kini telah tersedia aplikasi edit foto yang canggih bernama adobe photoshop. Dimana dengan aplikasi tersebut Anda bisa mengedit foto apapun agar menjadi lebih menarik, seperti merubah background foto di photoshop yang sudah banyak dilakukan.

Saat ini Anda tidak perlu lagi pergi jauh-jauh ke paris untuk bisa berfoto dengan latar belakang kamera Eiffel, Anda tidak perlu lagi pergi ke Mesir untuk bisa berfoto dengan piramida yang ada di sana. Pasalnya dengan satu aplikasi saja bisa memanipulasi background sesuai dengan yang Anda inginkan. Lalu bagaimana caranya? Tenang saja, mengedit background foto di photoshop tidaklah sulit.

Cara Edit Background Foto di Photoshop

Tutorial yang akan kami bagikan kali ini adalah seputar edit foto agar lebih menarik dan seolah nyata. Latar belakang foto nyatanya bisa diubah kapanpun sebebas-bebasnya ANda untuk berkreasi. Edit foto yang satu ini menggunakan edit photoshop, sehingga sebelum masuk ke tutorial alangkah baiknya Anda install aplikasi photoshop terlebih dahulu. Atau jika Anda sudah memiliki aplikasi tersebut segera buka aplikasinya dan kita belajar sambil mengaplikasikan secara  langsung.

1. Buka Aplikasi Photoshop


21720 Aplikasi Photoshop Nesabamedia
Source: Nesabamedia

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka aplikasi tersebut. setelah berhasil terbuka saatnya memilih foto yang akan kita ganti backgroundnya. Untuk memilih foto tekan menu file yang berada di atas layar pojok kiri. Setelah itu pilih Open – Pilih Foto. Setelah foto sudah berhasil dipilih tekan Open untuk mulai mengedit.

2. Mengubah Layer Background


21720 Layer Background WikiHow
Source: WikiHow

Langkah selanjutnya adalah mengubah layer dari background. Layer tersebut harus diubah menjadi 0. Anda bisa klik dua kali pada layer background untuk mengubahnya. Apabila setelah mengklik layer kemudian muncul jendela New Layer, maka tekan OK agar proses dapat dilanjutkan.

3. Seleksi Foto


21720 Lasso Tool Envira Gallery
Source: Envira Gallery

Seleksi foto adalah hal yang utama yang harus dilakukan saat Anda ingin mengubah latar belakang foto. Untuk melakukan seleksi foto pada toolbar Anda bisa memilih Lasso Tool atau menekan shortcut L pada keyboard. Tekan tombol tersebut sampai menu baru yaitu tiga pilihan Tool. Agar proses lebih mudah sebaiknya gunakan Magnetic Lasso Tool pada menu tersebut

4. Proses Seleksi Foto


21720 Lasso Tool Photoshop Essentials
Source: Photoshop Essentials

Untuk melakukan seleksi foto atau memilih gambar mana yang akan ditampilkan, maka tarik garis mengikuti batasan foto sampai dua titik kembali bertemu. Saat akan memilih gambar untuk diseleksi tekan dimana saja pada batasan foto tersebut sebagai patokan atau anchor point. Apabila saat proses menarik garis Anda melakukan kesalahan maka tekan tombol delete untuk menghapus.

5. Membalik Seleksi


21720 Lasso Tool Qerdus
Source: Qerdus

Apabila proses seleksi berhasil dilakukan maka selanjutnya akan muncul garis putus-putus. Setelah selesai di langkah keempat Anda harus membalik seleksi. Untuk melakukan ini Anda harus pilih menu select – Inverse – Delete. Maka dengan begitu latar belakang pada foto tersebut akan terhapus yang ada hanya foto hasil seleksi. Untuk menghapus garis yang ada di sekitar foto cukup tekan tombol shortcut Ctrl + D.

6. Memasukkan Background Baru


21720 Background Photoshop Digital Photography School
Source: Digital Photography School

Setelah foto berhasil di cut sesuai dengan keinginan maka langkah selanjutnya adalah memasukkan background yang Anda inginkan. Untuk melakukan proses ini buka terlebih dahulu tempat penyimpanan foto Anda. Setelah itu, klik untuk memindahkan foto tersebut ke aplikasi photoshop, semacam proses klik dan drag ke jendela aplikasi. Selanjutnya atur ukuran background foto sesuai dengan porsinya. Ana juga harus menekan tombol Shift + Alt saat proses klik dan drag pada ujung foto. Selanjutnya klik dua kali di atas foto untuk mematenkannya.

7. Klik dan Drag


21720 Background Photoshop Essential
Source: Photoshop Essential

Setelah ukuran background foto sudah disesuaikan, maka proses selanjutnya klik dan drag layer background agar berada di bawah layer foto yang Anda seleksi sebelumnya. Artinya posisi background pada layer berada di urutan kedua. Sesuaikan foto dengan background nya lalu simpan. Untuk menyimpan Anda bisa melalui menu File – Save As atau klik tombol shortcut Ctrl + Shift + S. Ubah type file menjadi JPEG sebelum klik save, ubah nama file bila perlu.

Cara edit foto di photoshop di atas tentu akan membuat foto Anda semakin keren. Apalagi jika latar belakang foto bisa dimanipulasi sesuai keinginan, tentu akan lebih seru. Bagi pemula, cara mengganti background mungkin akan sedikit rumit, namun jika terus berlatih bukan hal mustahil Anda akan menjadi orang yang handal dalam seni mengedit. Jangan lupa untuk memilih background foto yang bagus dan intinya teruslah berlatih.

BACA JUGA!

Cara Menghapus Tulisan di Photoshop Tanpa Menghapus Background