4 Cara Dual Boot Windows dan Linux

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Cara Dual Boot Windows dan Linux
Daftar Topik

Cara dual boot windows dan linux. Pada umumnya, dalam satu perangkat laptop ataupun PC memiliki satu operating system atau yang biasa dikenal sebagai OS. OS yang paling populer digunakan terutama di Indonesia tentu saja adalah Windows. Tapi, tahukah kamu bahwa bisa saja kamu menggunakan dua OS sekaligus pada satu perangkat laptop atau PC? Cara ini dikenal sebagai dual boot. Untuk menerapkan dual boot, kamu harus memperhatikan terlebih dahulu spesifikasi perangkat yang kamu gunakan agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Nah, bagi kamu yang penasaran bagaimana cara dual boot OS Windows dengan OS Linux yang tak kalah populer, berikut penjelasan detailnya. 

Pengertian Dual Boot

Dual boot memiliki definisi suatu PC atau komputer personal yang didalamnya memiliki dua sistem operasi, yang mana dapat digunakan secara bergantian. Pada dasarnya dalam booting sendiri tidak dibatasi jumlah sistem operasi yang dapat dipasang. Boleh saja lebih dari satu, bahkan tiga atau empat selama spesifikasi hardware yang kita miliki mampu mengakomodirnya. Kelebihan dual booting ini adalah bila salah satu sistem operasi terkena virus atau mengalami kerusakan, maka kita tak perlu khawatir kehilangan data-data karena masih terselamatkan melalui sistem operasi yang lain. Selain itu, ada lebih banyak ragam aplikasi yang dapat kita coba karena adanya dua sistem operasi yang berbeda ini. Dual boot juga memberikan sensasi layaknya memiliki dua perangkat komputer dengan hanya menggunakan satu komputer saja. Sementara kekurangannya adalah ruang penyimpanan dari perangkat yang kita miliki jadi berkurang drastis atau signifikan, karena untuk melakukan dual boot ini kita harus memiliki partisi kosong untuk menjalankan sistem operasi lain. Hal ini juga berkaitan dengan performa atau kinerja dari perangkat yang tentunya akan berbeda antara ketika dipasang sistem operasi satu dengan dua, yang mana ketika dipasang dua sistem operasi sekaligus tentu kinerjanya akan menurun. Oleh sebab itu, dual boot ini hanya disarankan sebagai cara untuk mempelajari aneka ragam sistem operasi serta menambah wawasan mengenai cara menggunakannya. 

Cara Dual Boot Windows dan Linux

Jika kamu berminat untuk memasang Windows dan Linux pada perangkatmu, berikut cara-cara mudahnya. 

1. Membuat Partisi di Windows

Cara Dual Boot Windows dan Linux

 

Untuk membuat partisi di Windows, caranya cukup mudah. Pertama, masuk ke sistem disk management, bisa dengan menggunakan shortcut Windows + R dan masukkan perintah diskmgmt.msc. Setelah masuk, lalu pilihlah partisi yang tersedia untuk dibagi, misalnya partisi C:. Klik kanan, lalu pilih menu Shrink Volume. Isi volume untuk partisi baru, pilih menu Shrink dan disarankan untuk partisi minimal berukuran 45 GB. Setelah cara ini dilakukan, maka akan terbuat partisi baru yang digunakan untuk menjalankan sistem operasi satunya. 

2. Membuat USB Bootable

1. Membuat USB Bootable

Pada langkah selanjutnya, sebelum memulai langkah ini terlebih dahulu siapkan flash drive berukuran minimal 6 GB yang dalam keadaan kosong dan sudah diformat. Install file .iso dari Linux, yang bisa di download melalui situs Kali.org. Untuk membuat USB Bootable ini dapat menggunakan aneka ragam software atau perangkat lunak seperti misalnya Rufus, Unetbootin, WiNToBootic, YUMI, LILI, WinSetup from USB, Universal USB Installer, hingga Windows Bootable Image Creator. Salah satu aplikasi yang direkomendasikan adalah YUMI. Untuk menggunakannya, pertama buka Aplikasi Yumi dan isilah kolom Step 1 dengan pilihan USB Flash Drive-mu, kolom Step 2 pilih distribusi Kali dan kolom Step 3, browse file .iso Kali Linux yang telah kamu download sebelumnya. Setelah semua kolom diisi, maka klik tombol Create dan YES. Kamu hanya perlu menunggu hingga prosesnya selesai, kurang lebih sekitar 10 hingga 15 menit. 

3. Menginstall Linux

2. Menginstall LInux

Langkah berikutnya setelah berhasil membuat USB Bootable adalah menginstall Linux. Caranya cukup mudah namun perlu ketelitian dan kecermatan dalam memahami langkah-langkahnya agar tidak berakibat fatal. Pertama, kamu perlu me-restart laptop ataupun personal computer-mu dalam keadaan flash drive sudah terpasang. Kemudian, langkah berikutnya adalah masuk ke tampilan DOS dengan menekan F12, hingga muncul tampilan sebagai berikut.

Selanjutnya, pilih menu USB HDD: USB Mass Storage Device. Nama ini bisa saja berbeda pada setiap perangkat namun tak perlu khawatir, yang terpenting adalah selalu ada nama dari USB-nya. Setelah itu, kamu akan masuk dalam tampilan dari instalasi Linux. Pilih menu Advance Option, lalu pilih Install in Graphical Mode. Jangan sampai salah pilih ya, karena di bagian ini terdapat beberapa pilihan tampilan instalasi seperti Text Mode dengan teks-teks perintah. Lalu, masuklah ke tampilan instalasi Linux dengan Mode Graphic. Pilih bahasa yang dapat dengan mudah kamu pahami. Lalu pilih Location di United State, klik continue dan pilih keyboard American English. Pada dialog Detect Network Hardware, pilih No dan continue. Selanjutnya, pada pilihan Configure The Network pilih Eth0, dan pilih Do Not Configure The Network at This Time, lalu continue. Kemudian kamu akan diminta untuk memasukkan hostname, isi sesuai keinginan lalu lanjut ke bagian Root Password. Masukkan password yang mudah untuk kamu ingat namun susah ditebak, dan jangan sampai lupa ya. Terakhir, pilih manual dan continue. 

4. Mengatur Partisi dalam Instalasi

Ini merupakan part yang cukup penting dalam proses instalasi dual boot. Dalam proses ini, yang penting untuk dibuat adalah partisi bootloader, partisi home yang berfungsi untuk penyimpanan aneka ragam data mulai dari dokumen hingga foto, serta partisi untuk swap. 

Berikut tadi informasi mengenai cara dual boot windows dan linux, semoga bisa bermanfaat. Selamat mencoba!

Baca juga:

Cara menghilangkan watermark Filmora

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP